• al-Ulum: Jurnal Pendidikan, Penelitian dan Pemikiran Keislaman
    Vol 11 No 2 (2024)

    Jurnal al- Ulum dengan nomer ISSN. 2355-0104 e-ISSN. 2549-3833 adalah Jurnal pendidikan, dan pemikiran keislaman yang diterbitkan oleh Universitas Islam Madura dengan durasi tebitan 4 kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan Februari, Mei dan Juli dan September. Pada periode Mei tahun 2024 Vol. 11. No. 2 merupakan terbitan yang memfokuskan kepada pendidikan Islam dan beberapa persoalan kemasayarakatan dan keIslaman, bahasan tersebut diantaranya adalah: tulisan yang Pertama tentang MODERATISME ISLAM MELALUI KURIKULUM PENDIDIKAN PESANTREN (Studi Perbandingan Pada Implementasi Kurikulum Pendidikan Pondok Pesantren Fadlillah dan Pondok Pesantren Jawaahirul Hikmah dalam Membentuk Sikap Moderat Beragama Santri) yang ditulis oleh Abid Rohman, Munir Mansyur, Imam Ibn Hajar. Tulisan yang kedua adalah tentang PENGARUH APLIKASI ZOOM MEET PADA MATA PELAJARAN PAI BERBASIS E-LEARNING PADA MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 KARAWANG BARAT yang ditulis oleh Evi Meida, Achmad Junaedi Sitika, Ceceng Syarief. Tulisan yang ketiga adalah tentang PEMBIASAAN SHALAT BERJAMA’AH DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA YANG KOMUNIKATIF DAN BERTANGGUNG JAWAB DI SMA MUHAMMADIYAH 4 PORONG SIDOARJO yang ditulis oleh Iin Inayatus Aviyah, Rahmad Salahuddin. Tulisan yang ke empat adalah tentang PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MADRASAH ALIYAH DARUSSALAM CIKARANG TIMUR yang ditulis oleh Indah Hamidah, Ajat Rukajat, Yayat Herdiana. Tulisan yang kelima adalah tentang INOVASI PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 PROBOLINGGO yang ditulis oleh Mamluk Nurul Wada’ah, Moh Tohet. Tulisan yang ke enam adalah tentang PSIKOLOGI PENDIDIKAN MENGGUNAKAN TEORI KOGNITIF DI MADRASAH IBTIDAIYAH TARBIYATUSSIBYAN KABUPATEN KARAWANG JAWA BARAT yang ditulis oleh Mia musyarofah, Iwan Hermawan, Kasja Eki Waluyo. Tulisan yang ke tujuh adalah tentang LANDASAN PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM UPAYA MEMAJUKAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM: Kajian Kurikulum Pendidikan Madrasah dan Pesantren yang ditulis oleh Muhammad Alfian Syach, Oyoh Bariyah, M. Makbul. Tulisan yang ke delapan adalah tentang REVITALISASI NILAI RELIGIUSITAS MAHASISWA MELALUI PEMBELAJARAN AL ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN DI STAI MUHAMMADIYAH PROBOLINGGO yang ditulis oleh Muhammad Jadid Khadavi, Akhmad Syahri, Nuryami, Supandi. Tulisan yang ke Sembilan adalah tentang ANALYSIS OF THE MATERIALS OF ISLAMIC RELIGION EDUCATION THROUGH THEOLOGICAL APPROACHES: STUDY OF THE ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION AND CHARACTER TEXTBOOK FOR GRADE 1 OF ELEMENTARY SCHOOL yang ditulis oleh Muji Agus Sofiyandi, Tobroni, Faridi. Sedangkan tulisan yang ke sepuluh adalah tentang PERKAWINAN BEDA AGAMA PASCA SEMA NO.2 TAHUN 2023 (Analisa Yuridis Sosiologis Perkawinan Beda Agama di Indonesia) yang ditulis oleh Siti Ropiah.

  • Jurnal Al-Ulum: Jurnal Pendidikan, Penelitian dan pemikiran ke Islaman
    Vol 11 No 1 (2024)

    Jurnal al- Ulum dengan nomer ISSN. 2355-0104 e-ISSN. 2549-3833 adalah Jurnal pendidikan, dan pemikiran keislaman yang diterbitkan oleh Universitas Islam Madura dengan durasi tebitan 4 kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan Februari, Mei dan Juli dan September. Pada periode Februari tahun 2024 Vol. 11. No. 1 merupakan terbitan yang memfokuskan kepada pendidikan Islam dan beberapa persoalan kemasayarakatan dan keIslaman, bahasan tersebut diantaranya adalah: tulisan yang Pertama tentang PEMANFAATAN APLIKASI KAHOOT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PAI SISWA KELAS VIII PADA MASA PANDEMI DI SMP NEGERI 3 KARANG BAHAGIA BEKASI yang ditulis oleh Diah Dewi Permata, Ajat Rukajat, Yayat Herdiana. Tulisan yang kedua adalah tentang PEMAHAMAN MASYARAKAT TENTANG HUKUM NIKAH KARENA TELAH MELAKUKAN PERZINAHAN yang ditulis oleh Ima Naziroh, Iwan Hermawan, Kasja Eki Waluyo. Tulisan yang ketiga adalah tentang PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI KIPIN SCHOOL TERHADAP HASIL BELAJAR JARAK JAUH MATA PELAJARAN PAI DI KELAS V-A SDN KEDUNG WARINGIN 02 BOGOR PADA MASA PANDEMI COVID-19 yang ditulis oleh Deby Rahmawati, Acep Nurlaeli, Sayan Suryana. Tulisan yang ke empat adalah tentang STRATEGI PENGGUNAAN MULTIMEDIA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TINGKAT SEKOLAH DASAR yang ditulis oleh Esti Sulistiawati, Jaenal Abidin. Tulisan yang kelima adalah tentang KONSEP ADAB MENURUT SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS yang ditulis oleh Ahmad Nurjali, Undang Ruslan W, Jaenal Abidin. Tulisan yang ke enam adalah tentang DAMPAK DRAMA KOREA TERHADAP PENDIDIKAN AKHLAK REMAJA DI PERUM TAMAN SINGAPERBANGSA TELUKJAMBE TIMUR KARAWANG yang ditulis oleh Dinda Rahmasari, Masykur, Abdul Kosim. Tulisan yang ke tujuh adalah tentang NILAI-NILAI BUDAYA SEKOLAH DI PONDOK PESANTREN TARUNA AL-QUR’AN SLEMAN YOGYAKARTA yang ditulis oleh Fatimah Nur Rahma, Sutarman, Arrum Kharisma, Juliastuti Purwanti. Tulisan yang kr delapan adalah tentang REFLEKSI MAHASISWA MAGISTER PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PEMBELAJARAN DARING DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA yang ditulis oleh Idil Saptaputra, Ferdi Hasan, Muhammad Hani Yusuf. Tulisan yang ke Sembilan adalah tentang DIMENSI KEISLAMAN MASYARAKAT BANTEN PADA PRAKTIK TAREKAT QADIRIYAH NAQSYABANDIYAH yang ditulis oleh Wawan Abdullah, Ilzamudin Ma’mur, Agus Gunawan, Ahmad Bazari Syam. Sedangkan tulisan yang ke sepuluh adalah tentang EKSISTENSI PENDIDIKAN PESANTREN DALAM SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL BERDASARKAN UNDANG-UNDANG PESANTREN yang ditulis oleh Muhammad Zibbat, Achmad Hariri.

  • al- Ulum: Jurnal pemikiran dan penelitian ke Islaman
    Vol 7 No 2 (2020)
    al- Ulum (Jurnal Pendidikan, Penelitian dan pemikiran ke Islaman) dengan nomer ISSN. 2355-0104 e-ISSN. 2549-3833 merupakan jurnal yang memfokuskan kepada kajian hasil penelitian dan pemikiran keislaman yang terbit 2 kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan Februari dan Juli setiap tahunnya. pada terbitan Volume 7 Nomer 2 bulan Juli tahun 2020 ini, jurnal al-Ulum memuat beberapa tulisan yang diantaranya adalah tulisan yang bertemakan  dinamika pesantran dan logica yang di tulis oleh Abdul Munib dan Atnawi, kemudian tulisan selanjutnya adalah tentang geneologi pesantren dan kemerdekaan republik Indonesia, tulisan ini adalah karya dari Moh. Subhan dan Moh. Shoheh, sedangkan tulisan yang ketiga adalah tentang evolusi nilai dan orientasi lembaga pendidikan Islam yang ditulis oleh Supandi, Ahmadi, M. Sahibudin, sedangkan tulisan selanjutnya, yaitu tulisan keempat adalah tulisan tentang metode bercerita untuk wanita karir dalam memberikan pendidikan islam untuk anak yang ditulis oleh Dinar Nurul Azizah, Kamila Izzati, Inne Sukma Afrillya, adapun tlisan kelima adalah tentang pengembangan kurikulum pendidikan islam moderat di madrasah yang di tulis oleh Heni Listiana dan Supandi. Dan tulisan selanjutnya adalah tentang pandangan kafir dalam konsep jihad yang di gagas oleh Imamul Arifin, Nurhidayah, Evita Dwi Octaviani Putri. Adapun tulisan ke tujuh adalah tentang dinamika pesantren (konstruksi bahasa tulis dan lisan dalam keilmuan pendidikan islam) yang ditulis oleh Khoirul Umam, Abd Haris. Dan yang kedelapan adalah tentang sistem pendidikan al-Qur’an pada anak usia dini (study komparasi penggunaan metode tartila dan at-tanzil di RA ash-shiddiqi dan RA tarbiyatus sholihin Kowel Pamekasan yang ditulis oleh Kurratul Aini, sedangkan tulisan yang kesembilan adalah tentang mengatasi limbah industri plastik menurut pandangan islam yang ditulis oleh oleh Mochammad Berliano, Mirza Ghulam, Imamul Arifin, dan terakhir adalah Prilaku Sosial Keagamaan Jamaah Tabligh di bumi Gerbang Salam yang ditulis oleh Supandi dan Mujiburrohman.
  • al-Ulum: Jurnal Pendidikan, Penelitian dan Pemikiran Keislaman
    Vol 10 No 4 (2023)

    Jurnal al- Ulum dengan nomer ISSN. 2355-0104 e-ISSN. 2549-3833 adalah Jurnal pendidikan, dan pemikiran keislaman yang diterbitkan oleh Universitas Islam Madura dengan durasi tebitan 4 kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan Februari, Mei dan Juli dan September. Pada periode September tahun 2023 Vol. 10. No. 4 merupakan terbitan yang memfokuskan kepada pendidikan Islam dan beberapa persoalan kemasayarakatan dan keIslaman, bahasan tersebut diantaranya adalah: tulisan yang Pertama tentang PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN EDMODO DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 KARAWANG BARAT yang ditulis oleh Alvian Muhamad Fadhilah, Abu Bakar, Ilham Fahmi. Kedua tentang EFEKTIVITAS KEGIATAN PENGAJIAN DALAM PEMBINAAN AKHLAK GENERASI MUDA DI PONDOK PESANTREN AL-BAROKAH DESA KUTANEGARA KECAMATAN CIAMPEL KABUPATEN KARAWANG yang ditulis oleh Wulan Handayani, Acep Nurlaili, Sayan Suryana. Ketiga tentang EFL TEACHERS’ INSTRUCTIONAL DESIGN IN TEACHING DESCRIPTIVE WRITING THROUGH ASYNCHRONOUS LEARNING AT JUNIOR HIGH SCHOOL yang ditulis oleh Putri Fatimatuzzahro, Dadang Danugiri, Maya Rahmawati. Keempat tentang PENGGUNAAN E-LEARNING SEBAGAI SEBUAH INOVASI PENDIDIKAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PAI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 TEMPURAN KERAWANG yang ditulis oleh Afwa Tamama A’fiah, Ferianto. Kelima tentang PELAKSANAAN PENGELOLAAN IKLIM SEKOLAH DALAM RANGKA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI DUREN IV KARAWANG yang ditulis oleh Ahmad Muhajir, Ferianto. Keenam tentang IMPLEMENTASI KEGIATAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN ABAD 21 DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA AL-FALAH DELTASARI SIDOARJO yang ditulis oleh Zakiyatul Nisa’, Alfiatus Sholiha, Irma Soraya, Asep Saepul. Ketujuh tentang DESAIN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MULTIKULTURAL DI PONDOK PESANTREN ZIYADATUT TAQWA PAMEKASAN yang ditulis oleh Moh. Afiful Hair, S Wahyuni. Kedelapan tentang PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI PROGAM BACA TULIS AL-QUR’AN (BTQ)DI SEKOLAH MENENGAH ATAS SURYA BUANA MALANG yang ditulis oleh Beta Alviana Febrianti, M Nurul Humaidi, Ianatut Thoifah. Kesembilan tentang UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA KEDISIPLINAN BERIBADAH SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 KUTAWALUYA KARAWANG yang ditulis oleh Ihsan Ismail Syarif, Iwan Hermawan, Nur Aini Farida. Kesepuluh tentang PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF IKHWANUS SHAFA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER yang ditulis oleh Huswatul Hasanah.

  • al-Ulum: Jurnal Pendidikan, Penelitian dan Pemikiran Keislaman
    Vol 10 No 3 (2023)

    Jurnal al- Ulum dengan nomer ISSN. 2355-0104 e-ISSN. 2549-3833 adalah Jurnal pendidikan, dan pemikiran keislaman yang diterbitkan oleh Universitas Islam Madura dengan durasi tebitan 4 kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan Februari, Mei dan Juli dan September. Pada periode Juli tahun 2023 Vol. 10. No. 3 merupakan terbitan yang memfokuskan kepada pendidikan Islam dan beberapa persoalan kemasayarakatan dan keIslaman, bahasan tersebut diantaranya adalah: Pertama tentang PENERAPAN PEMBELAJARAN STUDYSASTER PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR NEGERI SUKAJAYA 04 CIBITUNG yang ditulis oleh Irfan Syahrudi, Iwan Hermawan, Kasja Eki Waluyo. Tulisan Kedua tentang IMPLEMENTASI STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 CIKARANG BARAT yang ditulis oleh Ahmad Hafizh, Iwan Hermawan, Kasja Eki Waluyo. Ketiga tentang IMPLEMENTASI MANAJEMEN PERENCANAAN DALAM MENINGKATKAN SIKAP PROSOSIAL DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ILMU TEKNOLOGI DARUL FALAH PACET yang ditulis oleh Adi Rosadi, Muchammad Erihadiana, Muhibinsyah. Keempat tentang KINERJA  PENGAWAS DALAM MELAKSANAKAN SUPERVISI PENDIDIKAN DI MADRASAH (Studi Evaluasi pendidikan Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Indramayu) yang ditulis oleh Fiqih Amrullah, Mohamad Erihadiana, Muhibbin Syah. Kelima tentang MANAGEMEN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN ISLAM DALAM MENUMBUHKAN MODERASI BERAGAMA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 20 BANDUNG yang ditulis oleh Bayu Bambang Nurfauji, Mohamad Erihadiana, Muhibbin Syah. Keenam tentang IMPLEMENTASI METODE MIND MAPPING BERBASIS SOFTWARE GITMIND PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 8 SURABAYA yang ditulis oleh Ifni Hirnayatul Perada Lema, Asrori, Rusman. Ketujuh tentang REVITALISASI MADRASAH TSANAWIYAH BERBASIS PESANTREN SEBAGAI PENGUATAN RELIGIUSITAS SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 3 KOTA SURABAYA yang ditulis oleh Khusmila Ilmamuna, M. Arfan Mu’ammar, M. Fazlurrahman Hadi. Kedelapan tentang STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL)MATA PELAJARAN FIQIH DALAM MENANAMKAN SIKAP DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB BERIBADAH SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH RAUDLATUL MUTA’ALLIMIN BRINGIN KABUPATEN SEMARANG yang ditulis oleh Muhamad Rois, Rifqi Aulia Erlangga. Kesembilan tentang NILAI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DALAM PEMBIASAAN SHADAQAH SENTRA BALAI REHABILITASI SOSIAL MARSUDI PUTRA ANTASENA SALAMAN KABUPATEN MAGELANG yang ditulis oleh Umi Sa’adatul Maulidiyah, Fatchurrahman. Kesepuluh tentang LANDASAN FILOSOFIS TERHADAP PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM yang ditulis oleh Nur Faizi, Rahmadin Munauwarah, Nuril Fathiha.

  • al-Ulum: Jurnal pendidikan, penelitian dan pemikiran keislaman
    Vol 10 No 2 (2023)

    Jurnal al- Ulum dengan nomer ISSN. 2355-0104 e-ISSN. 2549-3833 adalah Jurnal pendidikan, dan pemikiran keislaman yang diterbitkan oleh Universitas Islam Madura dengan durasi tebitan 4 kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan Februari, Mei dan Juli dan September. Pada periode Mei tahun 2023 Vol. 10. No. 2 merupakan terbitan yang memfokuskan kepada pendidikan Islam dan beberapa persoalan kemasayarakatan dan keIslaman, bahasan tersebut diantaranya adalah: Pertama tentang PERAN PESANTREN DALAM MENGEMBANGKAN LITERASI DIGITAL SANTRI DI FORUM LINGKAR PENA (FLP) DARUL ULUM BANYUANYAR ditulis oleh Ach. Sya’roni, Dewi Chairun Nisa, Kedua tentang IMPLEMENTASI MANAJEMEN PESERTA DIDIK DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA ditulis oleh Adah Aliyah, Muchammad Erihadiana, Muhibinsyah, Ketiga tentang MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 PANGANDARAN ditulis oleh Ani Ramayanti, Muchammad Erihadiana, Muhibinsyah. Keempat tentang CRITICAL INCIDENT STRATEGY: IMPROVING MOTIVATION AND LEARNING OUTCOMES OF ISLAMIC EDUCATION STUDENTS IN PATTANAKARNSUKSA SCHOOL SONGKHLA THAILAND ditulis oleh Fareezee Rattanayium, Asrori, Rusman, Kelima tentang PEMBELAJARAN INTEGRATIF MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER CINTA DAMAI DAN TANAH AIR SISWA KELAS IX MADRASAH TSANAWIYAH TARBIYATUL MUBTADIIN WILALUNG GAJAH DEMAK ditulis oleh Muslikin, Achmad Maimun, Keenam tentang IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN DALAM MENANAMKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS XII MADRASAH ALIYAH NU HASYIM ASY’ARI 2 KUDUS ditulis oleh Niswatul Arifah, Mukh.Nursikhin,Ulfa Nurul Masruroh, ketujuh tentang PELAKSANAAN PROGRAM UNGGULAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DALAM PENANAMAN KARAKTER DISIPLIN DAN ADVERSITY QUOTIENT SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 KUDUS ditulis oleh Nurul Faizautur Rohmah, Mukh.Nursikhin, Kedelapan tentang IMPLEMENTASI NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER: Studi Kasus di Sekolah Dasar Negeri Wanasari 1 Telukjambe Barat Karawang ditulis oleh Tri Mega Utami, Astuti Darmiyanti, Ferianto, Kesembilan tentang IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL MELALUI RASA TOLERANSI BERAGAMA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 CIKAMPEK SELATAN JAKARTA ditulis oleh Yayah Maemunah1, Astuti Darmiyanti, Ferianto, Kesepuluh tentang PENANAMAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ASY-SYARIFIYAH PURWASARI KARAWANG ditulis oleh Yoga Muhammad Vicri Riyanto.

  • al-Ulum: Jurnal pendidikan, penelitian dan pemikiran keislaman
    Vol 10 No 1 (2023)

    Jurnal al- Ulum dengan nomer ISSN. 2355-0104 e-ISSN. 2549-3833 adalah Jurnal pendidikan, penelitian dan pemikiran keislaman yang diterbitkan oleh Universitas Islam Madura dengan durasi tebitan 4 kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan Februari, Mei dan bulan Juli, September. Pada periode Februari tahun 2023 Vol. 10. No. 1 merupakan terbitan yang memfokuskan kepada pengembangan pendidikan Islam dan beberapa persoalan kemasayarakatan dan keislaman, bahasan tersebut diantaranya adalah: Pertama PERAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM DINAMIKA SOSIOKULTURAL DI ERA DIGITAL, yang ditulis oleh Fadhilah Putri Nur Holidah, Masykur H. Mansyur, Neng Ulya. Kedua, IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMEBACA AL-QUR’AN  DI SDIT INSAN HARAPAN KARAWANG, yang ditulis oleh Isti Aminatul Khotimah. Ketiga, KONSEP EVALUASI PEMBELAJARAN DALAM PENDIDIKAN ISLAM MENURUT AL-GHAZALI, yang ditulis oleh Arpani1, Dina Hermina, Nuril Huda. Keempat, ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION VALUES ​​IN THE ANIMATED FILM RIKO SEASON 3, yang ditulis oleh Dhiya Farhana Ridwan, Akil, Jaenal Abidin. Kelima, PERAN ORGANISASI REMAS DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI KEGIATAN KEAGAMAAN DI MASYARAKAT: Study di Masjid Baiturrahman Kampung Peundeuy Desa Cicinde Kecamatan Banyusari Kabupaten Karawang, yang ditulis oleh Iqbal Mahendra, Tajuddin Nur, Yayat Herdiana. Keenam, TANGGUNG JAWAB HUKUM LABELISASI HALAL PELAKU UMKM PANGAN OLAHAN KEMASAN DI BANGKALAN, yang ditulis oleh Galuh Widitya Qomaro. Ketujuh, MEDIA PEMBELAJARAN INFOGRAFIS DALAM MEMBENTUK MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAQ DI MADRASAH ALIYAH RAUDHATUL BANATH DI SIDOARJO, Leily yang ditulis oleh Indah Faizah, Amar M’ruf, Evi Fatimatur Rusydiyah. Kedelapan, IMPLEMENTASI SUPERVISI KLINIS DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH ALIYAH TARBIYATUL MUBTADIIN WILALUNG GAJAH DEMAK, yang ditulis oleh Junadatul Munawaroh, Ruwandi. Kesembilan, INTERNALISASI NILAI NASIONALISME MELALUI PEMBELAJARAN KE-NU-AN PADA SISWA KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH TARBIYATUL MUBTADIIN WILALUNG DEMAK TAHUN 2022, yang ditulis oleh Siti Zulfah, Ruwandi. Kesepuluh, PENANAMAN KARAKTER RELIGIUS DAN TOLERANSI MELALUI PEMBELAJARAN FIQIH PADA SISWA KELAS IX DI MADRASAH TSANAWIYAH TARBIYATUL MUBTADIIN WILALUNG DEMAK, yang ditulis oleh Purwanto, Mukh Nursikin.

  • al-Ulum: Jurnal Pendidikan, Penelitian dan Pemikiran Keislaman
    Vol 9 No 4 (2022)

    Jurnal al- Ulum dengan nomer ISSN. 2355-0104 e-ISSN. 2549-3833 adalah Jurnal pendidikan, penelitian dan pemikiran keislaman yang diterbitkan oleh Universitas Islam Madura dengan durasi tebitan 4 kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan Februari, Mei dan bulan Juli, September. Pada periode September tahun 2022 Vol. 9. No. 4 merupakan terbitan yang memfokuskan kepada pengembangan pendidikan Islam dan beberapa persoalan kemasayarakatan dan keislaman, bahasan tersebut diantaranya adalah: Pertama PERSEPSI MASYARAKAT KARAWANG TIMUR TENTANG NIKAH SIRI DAN DAMPAK DARI NIKAH SIRI ditulis oleh Diana Yuni Lestari, Hinggil Permana, Kedua, PENGARUH APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP MINAT BELAJAR AL-QUR’AN HADITS SISWA KELAS 4 DI MI AL-UMM KARAWANG ditulis oleh Eka Syifa Nurfadillah, Tajuddin Nur, Neng Ulya, Ketiga PENGARUH BIDANG KEAGAMAAN DALAM ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SMK PROKLAMASI KARAWANG, ditulis oleh siti Aisyah, Akil, Muhamad Taufik Bintang Kejora, Keempat ILMU BERMANFAAT: DALAM PERSPEKTIF IMAM BURHANUL ISLAM AZ-ZARNUJI ditulis oleh Abdul Manan, Oyoh Baria, Khlid Ramadhan, Kelima IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KITAB TA’LIMUL MUTA’ALLIM DALAM MENINGKATKAN PERILAKU RELEGIUS REMAJA MASJID WARINGINJAYA BEKASI ditulis oleh Madsari Edrian Annur, Ajat Rukajat, Yayat Herdiana,  Keenam THOMAS LUCKMANN: KONTRIBUSI SOSIOLOGI PENGETAHUAN DALAM STUDI ISLAM ditulis oleh Lathifah Munawaroh, Ketujuh PEMBERDAYAAN MASJID KAMPUS UNIVERSITAS MADURA (UNIRA) DALAM PENGEMBANGAN BUDAYA ISLAM RAHMATAN LIL-ALAMIN ditulis oleh Syaiful Anam, Marsum, Kedelapan PENGEMBANGAN MODUL PENGELOLAAN ARSIP AKTIF DAN INAKTIF PADA BIMBINGAN TEKNIS KEARSIPAN DI LINGKUNGAN PERANGKAT DAERAH OLEH DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN PROVINSI JAWA TIMUR ditulis oleh Tino Joosetha D.A1, Retno Danu Rusmawati, Nunung Nurjati, Kesembilan KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN POTENSI BERORGANISASI PESERTA DIDIK DI MTS NIHAYATUL AMAL PURWASARI ditulis oleh Aulia Putri, Slamet Sholeh, Khalid Ramdhani, Kesepuluh PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DI PESANTREN PERSPEKTIF PSIKOLOGI ISLAM ditulis oleh Amar iMa’ruf, Abdul Muhid.

  • al-Ulum: Jurnal pendidikan, penelitian dan pemikiran keislaman
    Vol 9 No 3 (2022)

    Jurnal al- Ulum dengan nomer ISSN. 2355-0104 e-ISSN. 2549-3833 adalah Jurnal pendidikan, penelitian dan pemikiran keislaman yang diterbitkan oleh Universitas Islam Madura dengan durasi tebitan 4 kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan Februari, Mei dan bulan Juli, September. Pada periode Juli tahun 2022 Vol. 9. No. 3 merupakan terbitan yang memfokuskan kepada pengembangan pendidikan Islam dan beberapa persoalan kemasayarakatan dan keislaman, bahasan tersebut diantaranya adalah: Pertama HUBUNGAN PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN yang ditulis oleh Irwan Setia Budi, Nurul Yakin, Supandi. Tulisan Kedua PERAN GURU DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI AKHLAQ PADA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PADA SISWA KELAS VII DI SMPIT AT-TAUBAH KARAWANG yang ditulis oleh Rosita Rahman, Sya’roni Ma’shum, Hinggil Pratama. Tulisan Ketiga PERSEPSI DAN PEMAHAMAN MASYARAKAT KABUPATEN KARAWANG TERHADAP PERNIKAHAN BEDA AGAMA DAN AKIBATNYA yang ditulis oleh Ika Nurjanah, Oyoh Bariah, Acep Nurlaili, Sayan Suryana. Tulisan Keempat STRATEGI COPING STRES UNTUK ANAK BROKEN HOME PASCA PERCERAIAN KEDUA ORANG TUANYA DI DAERAH KABUPATEN KARAWANG yang ditulis oleh Gita Febrianti, Amirudin, Iqbal Amar Muzaki. Tulisan Kelima KONSEP HIDUP BAHAGIA BERDASARKAN 3 PRINSIP YANG TERDAPAT DI DALAM ILMU TAUHID yang ditulis oleh Darell Adrista Dwi Putra, Ilham Fahmi, Abu Bakar Umar. Tulisan Keenam PENGGUNAAN METODE TANYA JAWAB BERBASIS MEDIA WHATSAPP DALAM MATA PELAJARAN PAI DI MASA PANDEMI COVID 19 DI SDN 01 TELAJUNG BEKASI yang ditulis oleh Farhah Azizah, Masykur Mansyur, Abdul Kosim. Tulisan Ketujuh NILAI UKHUWAH ISLAMIYAH DALAM FILM NEGERI 5 MENARA yang ditulis oleh R Mega Kusumawati, Undang Ruslan Wahyudin, Jaenal Abidin. Tulisan Kedelapan EVALUASI MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI KAJIAN KITAB KUNING DAN TAHFIZ AL-QUR’AN DI SMAN 1 MARABAHAN yang ditulis oleh Rasyidi, Nuril Huda, Dina Hermina. Tulisan Kesembilan MOTIVASI BELAJAR MAHASANTRI MELALUI PENDEKATAN BEHAVIORAL MODEL OPERANT CONDITIONING (Studi Kasus di Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan) yang ditulis oleh Irawan Hidayat, Totok Agus Suryanto. Tulisan Kesepuluh PENGARUH FEE BASED INCOME (FBI) TERHADAP TINGKAT RETURN ON ASSET (ROA) DI PT. BANK SYARIAH MANDIRI yang ditulis oleh Iqbal Rafiqi, Nor Lailina Ulfa.

  • al-Ulum: Jurnal pendidikan, penelitian dan pemikiran keislaman
    Vol 9 No 2 (2022)

    Jurnal al- Ulum dengan nomer ISSN. 2355-0104 e-ISSN. 2549-3833 adalah Jurnal pendidikan, penelitian dan pemikiran keislaman yang diterbitkan oleh Universitas Islam Madura dengan durasi tebitan 4 kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan Februari, Mei dan bulan Juli, September. Pada periode Mei tahun 2022 Vol. 9. No. 2 merupakan terbitan yang memfokuskan kepada pengembangan pendidikan Islam dan beberapa persoalan kemasayarakatan dan keislaman, bahasan tersebut diantaranya adalah: KERJASAMA GURU DENGAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING DI SMK BOEDI LUHUR BEKASI yang ditulis oleh Zyntia Alfira Geo Halim, Zaenal Arifin, N. Fathurrohman. Artikel selanjutnya adalah METODE PENGAJARAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN AL-FATHIMIYAH KECAMATAN TELUKJAMBE TIMUR KABUPATEN KARAWANG yang ditulis oleh Tri Mega Utami, Amirudin, Iqbal Amar Muzaki. Artikel selanjutnya adalah tentang PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 DI MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH AWALIYAH (MDTA) MIFTAHUSSA’ADAH III DEWISARI RENGASDENGKLOK KARAWANG yang ditulis oleh Nida Nur Afifah, Masykur Mansyur, Abdul Kosim. Artikel selanjutnya adalah tentang KONSEP PEMBELAJARAN ILMU TAJWID DALAM KITAB HIDAYATUS SHIBYAN yang ditulis oleh Novandi Abdurroozzaq, Jaenal Abidin. Artikel tantang DAMPAK PEMBELAJARAN SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM (SPI) BERBASIS E-LEARNING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA DI UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG yang ditulis oleh Fuzi Agustia Lestari, Undang Ruslan Wahyudin, Jaenal Abidin. Sedangkan PERSEPSI MASYARAKAT MENGENAI PERNIKAHAN SIRI ONLINE yang ditulis oleh Muhammad Fadlu Rahman R, Iwan Hermawan, artikel tentang PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE FORM SEBAGAI MEDIA EVALUASI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS IX DI MTS AL-I’ANAH KOSAMBI KABUPATEN KARAWANG yang ditulis oleh Siti Hanifah, Iwan Hermawan, Kasja Eki Waluyo. SARANA DAN PRASARANA: Kajian konseptual bimbingan dan konseling dalam Pendidikan Islam yang ditulis oleh Arianto, Nuril Huda, Dina Hermina. Sedangkan PERSEPSI GURU AL-AMIEN PRENDUAN TENTANG AKAD MUDARABAH DI BSI SUMENEP: Studi Kasus di TMI PP. Al-Amien Prenduan Sumenep yang ditulis oleh Sudianto, Ning Kholishotul Ilmi. Dan artikel yang tekhir adalah tentang KLAN KEPEMIMPINAN PESANTREN DAN PATNERNALISTIK SEBAGAI MODAL SOSIAL UNTUK PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM DI KARAWANG yang ditulis oleh Romadhon, Sutarjo, Slamet Sholeh.

  • al-Ulum: Jurnal pendidikan, penelitian dan pemikiran keislaman
    Vol 9 No 1 (2022)

    Jurnal al- Ulum dengan nomer P-ISSN. 2355-0104 E-ISSN. 2549-3833 adalah Jurnal pendidikan, penelitian dan pemikiran keislaman yang diterbitkan oleh Universitas Islam Madura dengan durasi tebitan 2 kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan februari dan bulan juli. Pada periode Juli tahun 2021 Vol. 9. No. 1 merupakan terbitan yang memfokuskan kepada pengembangan pendidikan Islam dan beberapa persoalan kemasayarakatan dan keislaman, bahasan tersebut diantaranya adalah tentang PROGRAM PENINGKATAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 1 KARAWANG TIMUR yang ditulis oleh Muhammad Ali dan Mimin Maryati. Selanjutnya bahasan tentang PENGARUH SUMBER DAYA MANUSIA DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP KUALITAS PELAPORAN LAPORAN KEUANGAN DESA yang ditulis oleh Irfan Miftahul Khoer dan Atnawi. Selanjutnya bahasan tentang KOMUNITAS PECINTA SHOLAWAT SEBAGAI TREN MUSLIM MILENIAL (Studi Manajemen Organisasi pada Syubban Lovers Koorda Pamekasan di Kabupaten Pamekasan) yang ditulis oleh Muhammad Nurul Yaqin. Selanjutnya bahasan tentang TRADISI PEMBELAJARAN KITAB KUNING PADA PONDOK PESANTREN DI ERA DIGITAL (KAJIAN DINAMIKA PERKEMBANGAN AKADEMIK PESANTREN DI INDONESIA) yang ditulis oleh Muhammad Syaiful, Dina Hermina dan Nuril Huda. Selanjutnya bahasan tentang PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP HUKUM PERNIKAHAN DINI DAN DAMPAKNYA DI KECAMATAN TELUKJAMBE TIMUR KARAWANG yang ditulis oleh Nadya Aulia Syifa, Tajuddin Noor dan Taufik Mustofa. Selanjutnya bahasan tentang PROBLEMATIKA MONEY-POLITIC DALAM PEMILU DAN SOLUSINYA DALAM PERSPEKTIF ISLAM: Studi Kasus Di Karawang yang ditulis oleh Nurfitriyani, Oyoh Bariah dan Kholid Ramdhani. Selanjutnya bahasan tentang ROLE MODEL GURU SEBAGAI ASAS PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DI ERA SOCIETY 5.0 yang ditulis oleh Nurul Yaqin, Sutarjo dan Slamet Sholeh. Selanjutnya bahasan tentang PENGEMBANGAN PARISWISATA HALAL (STUDI TINJAUAN ASPEK SPRITUAL DI KAWASAN WISATA PANTAI DI KABUPATEN PAMEKASAN) yang ditulis oleh Rudi Hermawan dan Adiyono. Selanjutnya bahasan tentang KURIKULUM DAN METODE PEMBELAJARAN PONDOK PESANTREN DARUL AMAL KERTAHARJA PEDES KABUPATEN KARAWANG yang ditulis oleh Siti Monica Khoirunnisa, Amirudin dan Iqbal Amar Muzaki. Tulisan selanjutnya bahasan tentang IMPLEMENTASI KARAKTER MORAL DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH BAGI PESERTA DIDIK SDN TEGALSARI II CILAMAYA WETAN KARAWANG yang ditulis oleh Zakaria dan M. Sahibudin.

  • al- Ulum (Jurnal Pendidikan, Penelitian dan pemikiran ke Islaman)
    Vol 8 No 2 (2021)

    Jurnal al- Ulum dengan nomer ISSN. 2355-0104 e-ISSN. 2549-3833 adalah Jurnal pendidikan, penelitian dan pemikiran keislaman yang diterbitkan oleh Universitas Islam Madura dengan durasi tebitan 2 kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan februari dan bulan juli. Pada periode Juli tahun 2021 Vol. 8. No. 2 merupakan terbitan yang memfokuskan kepada pengembangan pendidikan Islam dan beberapa persoalan kemasayarakatan dan keislaman, bahasan tersebut diantaranya adalah Urgensi pendidikan akal untuk perkembangan anak usia dini yang ditulis oleh Iqbal Amar Muzaki, Taufik Mustofa, Supandi, tulisan yang kedua adalah tentang Implementasi pendidikan sebaya dalam pembelajaran kelompok minat di TMI Al-Amien Prenduan yang ditulis oleh Amar Ma’ruf, Ach. Nurholis Majid, Abd Haris, Abdul Munib. Tulisan ketiga adalah Madrasah sebagai alternatif pelaksanaan pendidikan islam dalam persepsi masyarakat (studi kasus di dta sirojul falah II, Telukjambe Barat Karawang) yang ditulis oleh Wina Khaerunisa, Amirudin, Iqbal Amar Muzaki, Moh. Subhan. Keempat adalah tentang Feedback siswa sebagai refleksi untuk meningkatkan profesionalisme guru di madrasah yang ditulis oleh Halimatus Sa’diyah, Masykurotin Azizah, Evi fatimatur Rusydiyah, Atnawi. Kelima Urgensi pencatatan pernikahan dalam presfektif hukum islam dan hukum positif di Indonesia yang ditulis oleh Shofiatul Jannah, Ahmad Subekti. Keenam Status kewarisan anak hasil perjanjian surogasi dalam prespektif hukum islam yang ditulis oleh Reni Novita Anggriani Sitompul. Ketujuh Menelisik autentisitas sebuah hadis: studi atas kaidah keshahihan hadis ditilik dari sanad dan matan yang ditulis oleh Suhaimi,  Syukron Mahbub. Kedelapan dale’s theory dan bruner’s theory (analisis media dalam pentas wayang santri ki enthus susmono) yang ditulis oleh Muhammad Nasurllah, Hamdan Adib, Syafrawi, M. Sahibudin. Kesembilan Implementasi pembiayaan musyarakah pada peningkatan pendapatan pedagang kaki lima di kspps-bmt nu cabang pragaan (studi kasus pedagang kaki lima di pasar pragaan) yang ditulis oleh Supriyadi, Jordan Razemi Rafsanjani. Kesepuluh Pemahaman mahasiswa terhadap perbankan syariah (studi kasus pada mahasiswa intensif putra idia prenduan) yang ditulis oleh Egoy.

  • al- Ulum (Jurnal Pendidikan, Penelitian dan pemikiran ke Islaman)
    Vol 8 No 1 (2021)

    al- Ulum (Jurnal Pendidikan, Penelitian dan pemikiran ke Islaman) dengan nomer ISSN. 2355-0104 e-ISSN. 2549-3833 merupakan jurnal yang memfokuskan kepada kajian hasil penelitian dan pemikiran keislaman yang terbit 2 kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan Februari dan Juli setiap tahunnya. pada terbitan Volume 8 Nomer 1 bulan Februari tahun 2021 ini, jurnal al-Ulum memuat beberapa tulisan yang diantaranya adalah tulisan yang bertemakan “PENDIDIKAN DAN DERADIKALISASI AGAMA DALAM DUNIA PENDIDIKAN ISLAM” yang ditulis oleh Atnawi, Abdul Munib dan Abd Haris. Artikel yang ke dua adalah tentang “PESANTREN: Tantangan dan peluang pendidikan Islam masa kini (Studi Ponpes An-Najah I Karduluk)” yang ditulis oleh Iqbal Amar Marzuki, Ahmadi, Sahibudin, Moh. Subhan. Artikel yang ketiga adalah tentang “IMPLEMENTASI ELEKTRONIFIKASI PEMBAYARAN DI TMI PONDOK PESANTREN AL-AMIEN PRENDUAN SUMENEP MADURA 2021” yang di tulis oleh Sudianto, Anisatur Rahmah, Supandi. Artikel yang ke empat adalah tentang “KONTRIBUSI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMPERKUAT KARAKTER ETIKA LINGKUNGAN SISWA yang di tulis oleh Dewi Anggita Islami, Ruslan, Syafrawi. Kemudian artikel yang ke lima adalah “KARAKTER IDEAL KONSELOR DALAM BUDAYA NGERENG DHABU DI MADURA: Kajian Deskriptif Kualitatif” yang di tulis oleh Fadlilah, Syaifatul Jannah. Artikel selanjutnya adalah tentang “PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS AL-QUR’AN MELALUI HAFALAN JUZ ‘AMMA DI SDIT ABFA PAMEKASAN yang ditulis oleh Ahmad Fawaid, Khairul Bariyah, Muhammad Kholil. Sedangkan artikel yang tujuh adalah tentang “PENERAPAN METODE TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN PAI yang ditulis oleh Taufik Mustofa, Iqbal Amar Muzaki, Hinggil Permana. Artikel selanjutnya adalah “STRATEGI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MULTIKULTURAL BERBASIS EDU-EKOWISATA DALAM MENGEMBANGKAN PAGUYUBAN NELAYAN PAKULIMA DI KAWASAN PESISIR BESUKI SITUBONDO yang di tulis oleh Maskuri, Hambali, Agus Sulthoni Imami. Sedangkan artikel yang ke sembilah adalah tentang KOSMARA: Konsep Pengembangan Ekonomi Pesantren dan Pengendalian Pola Perilaku Konsumtif Santri di Pondok Pesantren Nurul Jadid yang di tulis oleh Moh. Idil Ghufron, Kholid Ishomuddin. Artikel yang terakhir adalah tentang “UPAYA MENANAMKAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI DI ERA MILENIAL yang di tulis oleh Moh Rofiqi Azis, Ruslan.

  • Jurnal al- Ulum: Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke-Islaman
    Vol 7 No 1 (2020)

    Jurnal al- Ulum: Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke-Islaman dengan nomer ISSN. 2355-0104 e-ISSN. 2549-3833 merupakan jurnal yang memfokuskan kepada kajian hasil penelitian dan pemikiran keislaman yang terbit 2 kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan Februari dan Juli setiap tahunnya. pada terbitan Volume 7 Nomer 1 bulan februari tahun 2020 ini, jurnal al-Ulum memuat beberapa tulisan yang diantaranya adalah tulisan Achmad Baidhawi & Muhammad Kholil dengan judul Tanbih Dalam Kehidupan Bermasyarakat(Studi di Pondok Pesantren al-Kautsar Pademawu Pamekasan), tulisan yang ke dua adalah Ahmadi & M. Sahibudin dengan judul Ustadz dan Pembentuk Karakter Santri di Pesantren (Studi di Pondok Pesantren Nurus Sholah Akkor Palengaan Pamekasan), yang ketiga adalah tulisannya Abdul Munib & Syafrawi dengan judul Analisis Komparatif Antara Teori Belajar dalam Perspektif Barat dan Islam,  sedangkan tulisan yang ke empat adalah tulisannya Abd.Haris & Ahmad dengan judul Aplikasi Metode Iqro’ Dilembaga Pendidikan RA Ash-Shiddiqi Kowel Pamekasan, sedangkan yang ke lima adalah tulisan saudara Atnawi & Supandi, dengan judul Signifikansi Metode Tanya Jawab Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran PAI di SMK Al-Faqih Toronan Pamekasan, sedangkan mahrus menempati urutan yang ke enam dengan judul Evolusi Nilai dan Orientasi Pesantren: Upaya Menghidupkan Kembali Hakikat Tujuan Pesantren, dan tulisan yang ke tujuh adalah tulisannya saudara Moh Subhan dengan judul Kepemimpinan Perguruan Tinggi Berbasis Pondok Pesantren, dan tulisan yang ke delapan adalah tulisannya Ahmad Mahfudz dengan judul Pesantren Dan Pembentukan Spirit Toleransi (Studi Kasus Keteladanan KH. Ahmad Ghazali Salim di Pondok Pesantren Darul Lughah Wa al-Dirasah Islamiyah, Pamekasan), dan tulisan yang ke Sembilan adalah tulisannya Muhlishy dengan judul Studi Agama Tentang Ketuhanan Kristen dan Islam,  sedangkan yang terkahir merupakan tulisan yang ke sepuluh adalah tulisannya saudara Khairul Uman dengan judul Urgensi Metodologi Pembelajaran Kitab Kuning: Studi Atas Metode al-Fâtih dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Kitab Kuning di Madrasah Aliyah 1 Annuqayah.

  • Jurnal al- Ulum: Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke-Islaman
    Vol 6 No 2 (2019)

    Jurnal al- Ulum: Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke-Islaman dengan nomer ISSN. 2355-0104 e-ISSN. 2549-3833 adalah Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ke Islaman yang diterbitkan oleh Universitas Islam Madura dengan durasi tebitan 2 kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan februari dan bulan juli. Pada periode Februari tahun 2018 Vol. 6. No.2 merupakan terbitan yang memfokuskan kepada penelitian dan pemikiran keislaman yang diantaranya adalah Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Tingkat Prestasi Belajar Siswa di SDN Murtajih Pamekasan yang ditulis oleh Atnawi, kemudian Kontribusi Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Kepribadian Siswa di SMK Az-Zubaer Larangan Tokol Pamekasan yang ditulis oleh Abdul Munib, dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Melakukan Inovasi Manajemen Pendidikan di MAS Bustanul Mubtadi’in Proppo Pamekasan yang ditulis oleh Sahibudin, Kemampuan Siswa Membaca Al-Qur’an dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 7 Pamekasan yang ditulis oleh H. Abd. Haris, dan Upaya Guru Agama dalam Menanggulangi Kenakalan Remaja/Siswa di SMP Wachid Hasyim Pamekasan yang ditulis oleh Muhammad Kholil, serta Modernisasi Kelembagaan Pesantren dalam Perspektif Azyumardi Azra yang ditulis oleh Syafrawi, serta Reformasi: Politik Islam di Era Reformasi di Indonesia yang ditulis oleh Supandi, dan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Mengimplementasikan Model Pembelajaran Fikih di MAN II Pamekasan yang ditulis oleh Sunu, dan Implementasi Pendidikan Akhlak Untuk Membentuk Karakter Siswa dalam Perspektif Pemikiran Ibnu Sina yang ditulis oleh Ummu Kulsum, dan Polemik Perbup Nomor 27 Tahun 2019 tentang Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Tahun 2019 di Kabuaten Sumenep yang ditulis oleh Mukhlishi.

  • Jurnal al- Ulum: Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke-Islaman
    Vol 6 No 1 (2019)

    Jurnal al- Ulum: Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke-Islaman dengan nomer ISSN. 2355-0104 e-ISSN. 2549-3833 adalah Jurnal penelitian dan pemikiran keislaman yang diterbitkan oleh Universitas Islam Madura dengan durasi tebitan 2 kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan februari dan bulan juli. Pada periode Februari tahun 2019 Vol. 6. No.1 merupakan terbitan yang memfokuskan kepada penelitian dan pemikiran keislam yang diantaranya adalah: Pendidikan Agama, antara kesejahteraan duniawi dan kebahagiaan ukhrawi yang ditulis oleh Abdul Mukid, kemudian Menakar Efektifitas Pemilu Serentak di Tengah Demokrasi Elektoral yang ditulis oleh Sihabudin, dan Efektifitas Puasa Dalam Meningkatkan Disiplin Beribadah Bagi Masyarakat Desa Karduluk Sumenep yang ditulis oleh Abdul Munib, Peran Dan Fungsi Lembaga Bp4 Kecamatan Kalianget Kabupaten Sumenep Dapat Dirasakan Oleh Masyarakat yang ditulis oleh Muhammad Kholil, dan Hubungan Penguasaan Materi Mengajar Guru dengan Prestasi Belajar Siswa di MTsN Kadur Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan Tahun 2018 yang ditulis oleh Abdul Haris, serta Kerjasama Orang Tua Dengan Guru dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa MTs Nurul Asrar Panggung Pakamban Daya Sumenep yang ditulis oleh M. Sahibudin, serta Perenan Pendidikan Orang Tua Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Anak di Madrasah Tsanawiyah Nasyrul Ulum Pamekasan yang ditulis oleh Supandi, dan Peranan Guru sebagai Supervisor Kelas terhadap Kelancaran Proses Belajar Mengajar yang ditulis oleh Syafrawi, dan Pengtingnya Partisipasi Wali Murid dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa yang ditulis oleh Atnawi, kemudian Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal dalam Membentuk Karakter Lulusan Siswa Sma 2 Darul Ulum Rejoso Jombang yang ditulis oleh Syukriyanto.

  • Jurnal al- Ulum: Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke-Islaman
    Vol 5 No 2 (2018)

    Jurnal al- Ulum: Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke-Islaman dengan nomer ISSN. 2355-0104 e-ISSN. 2549-3833 adalah Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ke Islaman yang diterbitkan oleh Universitas Islam Madura dengan durasi tebitan 2 kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan februari dan bulan juli. Pada periode Juli  tahun 2018 Vol. 5. No.2 merupakan terbitan yang memfokuskan kepada pengembangan pendidikan Islam yang diantaranya adalah Rekontruksi peran guru melalui nilai-nilai Al-qur’an di era modern yang ditulis oleh Ahmad Fawaid, kemudian Kebijakan Politik Pendidikan Dalam Pembangunan Moral Sosial yang ditulis oleh Moh. Afiful Hair, kemudian Problematika Guru Dalam Memberikan Penguatan (Reinforcement) Mata Pelajaran Pai Di Mts Al-Anwar Sanah Tengah Waru Pamekasan yang ditulis oleh Supandi, dan Strategi Guru Pai Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Mi Mambaul Ulum Xvii Sanah Laok Waru Pamekasan yang ditulis oleh Abd Haris, selanjutnya Pengembangan Supervisi Pendidikan di SMK. Mambaul Ulum Bata-Bata Pamekasan(analisis implementatif terhadap program pembelajaran PAI) yang ditulis oleh Thola'al Badruh dan Abdul Munib, tulisan selanutnya Supervisi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam Di Mts Darul Ulum Xvii Sanah Laok Waru Pamekasan yang ditulis oleh Syafrawi, tulisan yang ketujuh Pelaksanaan kewajiban suami terhadap istri dalam masa iddah menurut hukum islam di desa batu bintang kec. Batu mar-mar kab. Pamekasan yang dituls oleh Muhammad Kholil, kemudian Pandangan Fuqha’ terhadap Tajdid An-Nikah (sebuah Ekplorasi terhadap Fenomena Tajdid An-Nikah di Desa Toket kec. Proppo kab. Pamekasan) yang ditulis oleh M Sahibudin, Manusia Berkualitas Dalam Pandangan Al-Qur’an yang ditulis oleh Mujiburrohman, dan Kebijakan Pemerintah Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Agama Islam (Telaah Peningkatan Kualitas PAI di Kabupaten Pamekasan) yang ditulis oleh Atnawi

  • Jurnal al- Ulum: Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke-Islaman
    Vol 5 No 1 (2018)

    Jurnal al- Ulum: Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke-Islaman dengan nomer ISSN. 2355-0104 e-ISSN. 2549-3833 adalah Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ke Islaman yang diterbitkan oleh Universitas Islam Madura dengan durasi tebitan 2 kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan februari dan bulan juli. Pada periode Februari tahun 2018 Vol. 5. No.1 merupakan terbitan yang memfokuskan kepada pengembangan pendidikan Islam yang diantaranya adalah Restorasi Peran Pendidikan Islam Dalam Tatanan Kehiupan Sosial yang ditulis oleh Moh. Afiful Hair, kemudian Internalisasi pendidikan Karakter Islami Kepada Anak Sekolah Dasar di SD Plus Nurul Hikmah Pamekasan yang ditulis oleh Halimatus Sa’diyah, kemudian Relasi Agama dan Politik (Kajian relasi Islam dan politik dalam berbagai dimensi) yang ditulis oleh Atnawi, dan Analisis Syistem Metodologi Dan Filsafat Hukum Islam (Analisis Terhadap Pemikiran Jasser Auda) yang ditulis oleh Muhammad Kholil, BASRA Ulama and Medina Porch of Madura; Portrait of religious freedom in Madura yang ditulis oleh Mukhlishi & Surya Fajar Rasyid, dan Kajian Kisah-Kisah dalam Al-Qur’an (tinjauan historis dalam memahami al-Qur’an) yang ditulis oleh Abdul Haris, serta Hukum Islam dan Muamalah (Asas-asas hukum Islam dalam bidang muamalah) yang ditulis oleh Abdul Munib, serta Peningkatan Mutu Pendidikan Islam melalui Peningkatan Kreatifitas Pendidikan yang ditulis oleh M Sahibudin dan Paradigman Pendidikan Tradisional Sebagai Modal Pendidikan Transformasional yang ditulis oleh Syafrawi, dan Problematika Pendidikan Islam di Era Globalisasi yang ditulis oleh Syamsul Rijal, kemudian Hak Asasi Manusia Perspektif Agama Kristen yang ditulis oleh Jamiliya Susantin, kemudian Analisis Kritis Makna “Al-Syabab” Dan “Istitha’ah” Pada Hadits Anjuran Menikah yang ditulis oleh Akhmad Farid Mawardi Sufyan.

  • Jurnal al- Ulum: Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke-Islaman
    Vol 4 No 2 (2017)

    Jurnal al- Ulum: Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke-Islaman dengan nomer ISSN. 2355-0104 e-ISSN. 2549-3833 adalah Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ke Islaman yang diterbitkan oleh Universitas Islam Madura dengan durasi tebitan 2 kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan februari dan bulan juli. Pada periode Juli tahun 2017 Vol. 4. No.2 merupakan terbitan yang memfokuskan kepada dunia pendidikan, teknologi dan pesantren, yang diantaranya adalah tentang Filologi dan Ilmu-Ilmu Keislaman Sebagai Modal Menggapai Islam yang Kaffah yang ditulis oleh Muhammad Kholil, kemudian Teknologi dan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang ditulis oleh Moh Soheh, Moh Subhan kemudian Inovasi dan Urgensinya dalam Dunia Pendidikan Islam yang ditulis oleh Atnawi. Interaksi Negara dengan Dunia Pendidikan Islam dari Masa Ke Masa yang ditulis oleh Supandi. Pendidikan Al-Qur’an Sebagai Modal Pembentukan Karakter Siswa di Madrasah Diniyah yang ditulis oleh Abd Haris. Pendekatan Saintifik dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam yang ditulis oleh Abdul Munib. Pembelajaran Berbasis Lingkungan dalam Perspektif Lingkungan Belajar yang ditulis oleh Mukhlishi. Pesantren dan Pendidikan Tinggi yang ditulis oleh M Sahibudin. Marketing Pendidikan Islam dalam Konteks Industrialisasi yang ditulis oleh Syafrawi. Relasi politik dengan implementasi pendidikan islam yang ditulis oleh Ahmad, analisis kritis makna “AL-SYABAB” dan “ ISTHA’AH ” pada hadis anjuran menikah yang ditulis oleh Akhmad Farid Mawardi Sufyan.

  • Jurnal al- Ulum: Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke-Islaman
    Vol 4 No 1 (2017)

    Jurnal al- Ulum: Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke-Islaman dengan nomer ISSN. 2355-0104 e-ISSN. 2549-3833 adalah Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ke Islaman yang diterbitkan oleh Universitas Islam Madura dengan durasi tebitan 2 kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan februari dan bulan juli. Pada periode Februari tahun 2017 Vol. 4. No.1 merupakan terbitan yang memfokuskan kepada pengembangan pendidikan Islam yang diantaranya adalah Peranan pondok pesantren rehabilitasi mental dalam pembinaan korban narkoba (StudiKasus di Pesantren Ash-Shiddiqi Kowel Pamekasan) yang di tulis oleh saudara Moh. Subhan, kemudian tulisan yang kedua adalah Sistem Pendidikan Di Pondok Pesantren Mansyaul Ulum Congkop Nagasari Tlambah Kecamatan Karang Penangkabupaten Sampang yang ditulis oleh Abd. Haris, dan yang ketiga adalah Peranan Pondok Pesantren Azzubir dalam Pembinaan Akhlaq Masyarakat Desa Talesah Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan yang di tulis oleh Abdul Munib, kemudian tulisan selanjutnya adalah Kiprah pondok Pesantren Miftahul Ulum Bettet Pamekasan dalam Mewujudkan Pamekasan Sebagai Kota Pendidikan yang di tulis oleh Atnawi, dan tulisan selanjutnya adalah tentang Modernisasi Pendidikan Pesantrendalam Perspektif Azyumardi Azra yang ditulis oleh Muhammad Kholil, serta Pendidikan Pesantren Sebagai Transformasi Sosial di Lembaga Pendidikan Islam Maktab Nubdzatul Bayan (Maktuba) Al-Majidiyah Pamekasan, yang ditulis oleh Syafrawi, serta tulisan selanjutnya adalah tentang Relevansi Sistem Pendidikan Pesantren Tradisional Dalam Era Modernisasi (Studi Kasus Ponpes Mamba'ul Hikam Mantenan, Udanawu, Blitar) yang ditulis oleh Sahibudin, serta Dinamika Sosio-Kultural Keagamaan Masyarakat Madura (Kiprah dan Eksistensi Khodam DalamPesantren di Madura) yang ditulis oleh saudara Supandi, kemudian terkait dengan Desain Sistem Pesantren dalam Meningkatkan Performa Pendidikan Islam di PP Al-Husen Bangkes Kadur Pamekasan yang ditulis oleh Abd.Khalik, dan penerpan fisikologi pada madrasah dan pondok pesantren yang ditulis oleh Mukhlishi, dan yang terakhir integrasi keilmuan umum dan agama yang ditulis oleh Syamsul Rijal.

  • Jurnal al- Ulum: Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke-Islaman
    Vol 3 No 1 (2016)

    Jurnal al- Ulum: Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke-Islaman dengan nomer ISSN. 2355-0104 e-ISSN. 2549-3833 adalah Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ke Islaman yang diterbitkan oleh Universitas Islam Madura dengan durasi tebitan 2 kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan februari dan bulan juli. Pada periode Februari tahun 2016 Vol. 3. No.1 merupakan terbitan yang memfokuskan kepada dinamika pendidikan islam yang diantaranya adalah tulisan tentang practical strategies for teaching english to young learners yang ditulis oleh Zainol, Islamic Education Of Children(Raising Children in Islam – How to raise children into responsible Muslim adults?) tulisan Fitrah Yuliawati, dan Pendekatan Teknologisdalam Melakukan Rekayasa Pengembangan Institusi Perguruan Tinggi Islam, tulisannya saudara Moh. Subhan, kemudian Pendekatan Teknologis dalam Peningkatan Kualitas dan Mutu Pendidikan Tinggi Islam Melalui Rekayasa Institusi yang ditulis oleh saudara Supandi, dan Pendekatan Teknologidalam Perencanaan Desain Pembelajaran, yang oleh saudara Atnawi, serta tranmisi keilmuan pendidikan di Indonesia (PerspektifKurikulumKompetensiBerbasisKarakter) oleh Ummu kulsum, dan Karakteristik Inovasi Pendidikan Di Perguan Tinggi Keagamaan Islam oleh Abdul Munib, dan Sinergitas Negara dan problem pendidikan islam dalam perspektif globalisasi yang di tulis oleh Syafrawi, serta Eksistensi Pendidikan tradisional dalam Pelaksanaan Tugas dan Layanan Kependidikan di Era Modern yang di tulis oleh Abd Haris, kemudian Desain Pembelajaran dengan Menggunakan Situs Bersejarah dalam PAI yang ditulis oleh Abdurahman Abbas, serta Feminisme Dan Tinjauan Kritis Terhadap Konsep Gender dalam Study Islam yang di tulis oleh Mohammad Kholil.

  • Jurnal al- Ulum: Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke-Islaman
    Vol 2 No 1 (2015)

    Jurnal al- Ulum: Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke-Islaman dengan nomer ISSN. 2355-0104 e-ISSN. 2549-3833 adalah Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ke Islaman yang diterbitkan oleh Universitas Islam Madura dengan durasi tebitan 2 kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan februari dan bulan juli. Pada periode Februari tahun 2015 Vol. 2. No.1 merupakan terbitan yang memfokuskan kepada pemikiran keislaman, diantaranya adalah Muslim Progresif (TelaahPemikiranOmid Safi tentangKeadilan, Gender danPluralisme) yang ditulis oleh HeniListiana, kemudian Hermeneutika al-qur’an dan studi al-qur’an  dalam konteks keindonesiaan yang ditulis oleh Zen Amrullah, dan Interpretasi Kenabian (Peran GandaNabi Muhammad Sebagai Manusia Biasa dan Rasul) yang ditulis oleh Moh Wardi, kemudian tulisan lainnya adalah Konsep Islam Dan Modernitas Mohammed Arkoun- Telaah Pemikiran Islam sebagai komparasi konsep Islam dan modernitas Nurcholis Madjid yang di tulis oleh Ummu Kulsum, Moh. Subhan dan Kritik Ibnu Taimiyah Terhadap Tarekat yang di tulis oleh Syamsul Rijal, dan Titik Temu Pemahaman Antara Jihad Dan Terorisme yang di tulis oleh Mukhlishi, kemudian oksidentalisme yang ditulis oleh Yolies Yongky Nata, dan kemudian Konsepsi Islam dalam Merumuskan pemimpin dan Kepemimpinan yang ditulis oleh Ahmad, dan Otentisitas Hadits Cara Sujud Tangan Dahulu yang di tulis oleh Zainuddin, MZ, kemudian      islamisasi ilmu pengetahuan (telaah kritis pemikiran Ismail Raji al-Faruqi) yang ditulis oleh Suhaimi dan terakhir adalah Perlindungan Anak dalam Perspektif Hukum Islam yang di tulis oleh Akhmad Farid Mawardi Sufyan.

  • Jurnal al- Ulum: Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke-Islaman
    Vol 1 No 1 (2014)

    Jurnal al- Ulum: Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke-Islaman dengan nomer ISSN. 2355-0104 e-ISSN. 2549-3833 adalah Jurnal pendidikan, penelitian dan pemikiran keislaman yang diterbitkan oleh Universitas Islam Madura dengan durasi tebitan 2 kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan februari dan bulan juli. Pada periode Februari tahun 2014 Vol. 1. No.1 merupakan terbitan pertama yang memfokuskan kepada pemikiran keislaman sebagaimana yang ditulis oleh M Sahibuddin, Moh. Subhan dengan tema pendekatan dalam pengkajian islam (konsep dasar dalam memahami ilmu ke-islaman perspektif Charles J Adam), kemudian tulisan Mukhlishi dengan tema tulisannya adalah konsep maqashid al-shariah sebagai teori pembentukan hukum islam tak pernah tuntas perspektif jasser auda, tulisan yang ketiga adalah tulisan sauda Moh Wardi dengan tema tulisannya adalah hermeneutika khaled abou el fadl; sebuah kontribusi pemikiran dalam studi islam. Tulisan selanjutnya adalah tulisan Supandi dengan tema global salafism (perspektif pemikiran Roel Meijer). Tulisan yang kelima adalah Abd Haris dengan tema harmoni pendidikan agama islam (PAI) di lingkungan perguruan tinggi PTU dan PTAI, dan selanjutnya adalah Ahmad Asir dengan tema tulisannya adalah agama dan fungsinya dalam kehidupan umat manusia, selanjutnya Mujiburrahman dengan tulisan qiyam al-lail dalam perspektif Rasulullah, tulisan yang ke delapan adalah Dedy Haryono dengan judul tulisan gagasan uji teori empiris melalui falsifikasi, dilanjutkan pada tulisan yang selanjutnya adalah Syafrawi dengan tema penelitiannya adalah kontestasi pendidikan tradisional (pesantren) dalam peningkatan pemahaman ke-islaman. Tulisan yang lainnya adalah Abdul Munib dengan tema menumbuhkan nilai-nilai social intelligence sebagai wujud humanisme pendidikan, kemudian diakhiri oleh Ummu Kulsum dengan pendidikan gender dalam perspektif islam.