Current Issue

Vol 11 No 2 (2024): al-Ulum: Jurnal Pendidikan, Penelitian dan Pemikiran Keislaman

Jurnal al- Ulum dengan nomer ISSN. 2355-0104 e-ISSN. 2549-3833 adalah Jurnal pendidikan, dan pemikiran keislaman yang diterbitkan oleh Universitas Islam Madura dengan durasi tebitan 4 kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan Februari, Mei dan Juli dan September. Pada periode Mei tahun 2024 Vol. 11. No. 2 merupakan terbitan yang memfokuskan kepada pendidikan Islam dan beberapa persoalan kemasayarakatan dan keIslaman, bahasan tersebut diantaranya adalah: tulisan yang Pertama tentang MODERATISME ISLAM MELALUI KURIKULUM PENDIDIKAN PESANTREN (Studi Perbandingan Pada Implementasi Kurikulum Pendidikan Pondok Pesantren Fadlillah dan Pondok Pesantren Jawaahirul Hikmah dalam Membentuk Sikap Moderat Beragama Santri) yang ditulis oleh Abid Rohman, Munir Mansyur, Imam Ibn Hajar. Tulisan yang kedua adalah tentang PENGARUH APLIKASI ZOOM MEET PADA MATA PELAJARAN PAI BERBASIS E-LEARNING PADA MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 KARAWANG BARAT yang ditulis oleh Evi Meida, Achmad Junaedi Sitika, Ceceng Syarief. Tulisan yang ketiga adalah tentang PEMBIASAAN SHALAT BERJAMA’AH DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA YANG KOMUNIKATIF DAN BERTANGGUNG JAWAB DI SMA MUHAMMADIYAH 4 PORONG SIDOARJO yang ditulis oleh Iin Inayatus Aviyah, Rahmad Salahuddin. Tulisan yang ke empat adalah tentang PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MADRASAH ALIYAH DARUSSALAM CIKARANG TIMUR yang ditulis oleh Indah Hamidah, Ajat Rukajat, Yayat Herdiana. Tulisan yang kelima adalah tentang INOVASI PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 PROBOLINGGO yang ditulis oleh Mamluk Nurul Wada’ah, Moh Tohet. Tulisan yang ke enam adalah tentang PSIKOLOGI PENDIDIKAN MENGGUNAKAN TEORI KOGNITIF DI MADRASAH IBTIDAIYAH TARBIYATUSSIBYAN KABUPATEN KARAWANG JAWA BARAT yang ditulis oleh Mia musyarofah, Iwan Hermawan, Kasja Eki Waluyo. Tulisan yang ke tujuh adalah tentang LANDASAN PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM UPAYA MEMAJUKAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM: Kajian Kurikulum Pendidikan Madrasah dan Pesantren yang ditulis oleh Muhammad Alfian Syach, Oyoh Bariyah, M. Makbul. Tulisan yang ke delapan adalah tentang REVITALISASI NILAI RELIGIUSITAS MAHASISWA MELALUI PEMBELAJARAN AL ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN DI STAI MUHAMMADIYAH PROBOLINGGO yang ditulis oleh Muhammad Jadid Khadavi, Akhmad Syahri, Nuryami, Supandi. Tulisan yang ke Sembilan adalah tentang ANALYSIS OF THE MATERIALS OF ISLAMIC RELIGION EDUCATION THROUGH THEOLOGICAL APPROACHES: STUDY OF THE ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION AND CHARACTER TEXTBOOK FOR GRADE 1 OF ELEMENTARY SCHOOL yang ditulis oleh Muji Agus Sofiyandi, Tobroni, Faridi. Sedangkan tulisan yang ke sepuluh adalah tentang PERKAWINAN BEDA AGAMA PASCA SEMA NO.2 TAHUN 2023 (Analisa Yuridis Sosiologis Perkawinan Beda Agama di Indonesia) yang ditulis oleh Siti Ropiah.

Published: 2024-05-25

Articles

View All Issues

Indexing: