• Ahsana Media: Jurnal Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman
    Vol 10 No 1 (2024)

    Ahsana Media: Jurnal Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman dengan nomer ISSN. 2354-9424 e-ISSN. 2449-7642 adalah Jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Islam Madura dengan durasi tebitan 2 kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan Februari dan bulan Juli disetiap tahunnya. Pada periode Februari tahun 2024 Vol. 10. No. 1 merupakan terbitan yang memfokuskan kepada pengembangan pendidikan Agama Islam dan beberapa pembahasan keislaman yang terjadi di tengah-tengah masyarakat, bahasan tersebut diantaranya adalah: 

    Pertama, tentang PENGARUH BIMBINGAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 PALENGAAN PAMEKASAN TAHUN PELAJARAN 2022-2023 yang ditulis oleh Dianatul Fitriyah, Ummu Kulsum. Kedua, tentang EFEKTIVITAS PENGGUNAAN STRATEGI THE POWER OF TWO DALAM MENINGKATKAN   PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM NURUL ULUM MANGAR TLANAKAN PAMEKASAN, yang ditulis oleh Faizatur Rohmaniyah, Moh. Subhan. Ketiga, tentang PENGARUH PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAQ TERHADAP AKHLAQUL KARIMAH SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-AZHAR TOKET PROPPO PAMEKASAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023 yang ditulis oleh Abdul Munib, Atnawi. Keempat, tentang STRATEGI MADRASAH RISET DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI RISET SISWA: (Studi Kasus Madrasah Aliyah Negeri 2 Kudus) yang ditulis oleh Andini Kartika Tantri, Sanusi, Khoirudin, Siema Jamalah Fuadiah, Fatikhatul Badriyah, Arina Khusna. Kelima, tentang RELEVANSI HADITS DALAM TRADISI KEHIDUPAN UMAT BERAGAMA yang ditulis oleh Ibnu Ali, Mujiburrohman. Keenam, tentang EFEKTIVITAS PENERAPAN STRATEGI INTERACTIVE INSTRUCTION DALAM MININGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DISEKOLAH MENEGAH PERTAMA NEGERI 2 PALENGAAN PAMEKASAN yang ditulis oleh Ida Safira. Ketujuh, tentang PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 2 PROPPO PAMEKASAN yang ditulis oleh Imyal al Maliki, Syamsul Rijal. Kedelapan, tentang EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE REWARD AND PUNISHMENT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAQ DI MTS NASYIATUL ULUM BAJUR WARU PAMEKASAN TAHUN PELAJARAN 2022-2023 yang ditulis oleh Ach. Kiromuddin. Kesembilan, tentang KONSEP PENDIDIKAN ANAK MENURUT ABDULLAH NASIH ULWAN DALAM KITAB TARBIYATUL AULAD FI AL-ISLAM DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM MASA KINI yang ditulis oleh Nor Hidayat, Afiful Hair. Kesepuluh, tentang PERAN ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN MORAL SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH ASH-SHIDDIQI KELURAHAN KOWEL PAMEKASAN yang ditulis oleh Robiatul Adawiyah, Supandi.

  • Ahsana Media: Jurnal Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman
    Vol 9 No 2 (2023)

    Ahsana Media: Jurnal Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman dengan nomer ISSN. 2354-9424 e-ISSN. 2449-7642 adalah Jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Islam Madura dengan durasi tebitan 2 kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan Februari dan bulan Juli disetiap tahunnya. Pada periode Juli tahun 2023 Vol. 9. No. 2 merupakan terbitan yang memfokuskan kepada pengembangan pendidikan Agama Islam dan beberapa pembahasan keislaman yang terjadi di tengah-tengah masyarakat, bahasan tersebut diantaranya adalah: Pertama tentang ISLAMISASI ILMU PENGETAHUAN (EKSAKTA) DALAM MENGATASI TANTANGAN ERA MILENIAL yang ditulis oleh Anggi Yusriana, Nadiyah Farhah Salsabila, Rahmawati, dan Ardi. Kedua tentang MEMBANGUN MASA DEPAN PENDIDIKAN ISLAM : BELAJAR DARI SEJARAH DAN MERESPON PERUBAHAN ZAMAN DI ERA DIGITAL yang ditulis oleh Mohammad Sahlan, Mochamad Iskarim. Ketiga tentang MENGUCAPKAN SELAMAT NATAL DAN SELAMAT HARI RAYA PADA AGAMA LAIN (Studi Al-Quran Dan Hadits Multikultural) yang ditulis oleh Moh. Afiful Khair, Jamiliya Susantin, Syamsul Rijal, Moh. Soheh. Keempat tentang UPAYA PENINGKATAN APRESIASI MAHASISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI UNIVERSITAS MADURA  PAMEKASAN JAWA TIMUR yang ditulis oleh Marsum, Syaiful Anam. Kelima tentang EFEKTIVITAS METODE TAMRINUL MUSABAQOH TILAWATIL KITAB (TMTK) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR  MEMBACA KITAB KUNING DI MADRASAH ALIYAH DINIYAH PUTRA PONDOK PESANTREN MIFTAHUL ULUM BETTET PAMEKASAN yang ditulis oleh Muafi, Supandi dan Sayfrawi. Keenam tentang KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MELAKUKAN INOVASI MANAJEMEN PENDIDIKAN DI SMP AL-IRSYAD TANGGUMONG SAMPANG yang ditulis oleh Mohammad Subhan, Abd Haris. Ketujuh tentang MANAJEMEN SUPERVISI PENDIDIK DALAM MENINGKATKAN  HAFALAN PESERTA DIDIK DI KELAS 3 MI TAHFIDZ DARUL HIKMAH MENGANTI JEPARA TAHUN 2023 yang ditulis oleh Saifatillahil wahidah, Ahmad Saefudin. Kedelapan tentang PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIK TOK TERHADAP AKHLAK SISWA KELAS IX DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 PAMEKASAN TAHUN PELAJARAN 2023-2024 yang ditulis oleh Nur Laila, Atnawi, Abdul Munib. Kesembilan tentang INOVASI AKSELERASI TAHFIDZ QUR’AN DENGAN METODE QOZMU (qira’at. Ziyadah, muraja’ah) SEBAGAI PROGRAM HIDDEN CURRICULUM DI SDI AL-MUNAWWARAH PAMEKASAN yang ditulis oleh Ummu Kulsum, Abd Haris, Moh Soheh. Dan ke Kesepuluh adalah tentang ETIKA BERSOSIALISASI DENGAN AL-QUR’AN yang ditulis oleh Mujiburrohman, Ibnu Ali, Ali Tohir.

  • Ahsana Media: Jurnal Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman
    Vol 9 No 1 (2023)

    Ahsana Media: Jurnal Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman dengan nomer ISSN. 2354-9424 e-ISSN. 2449-7642 adalah Jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Islam Madura dengan durasi tebitan 2 kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan Februari dan bulan Juli disetiap tahunnya. Pada periode Juli tahun 2022 Vol. 9. No. 1 merupakan terbitan yang memfokuskan kepada pengembangan pendidikan Agama Islam dan beberapa pembahasan keislaman yang terjadi di tengah-tengah masyarakat, bahasan tersebut diantaranya adalah:

    Pertama

    Kedua

    Ketiga

    Keempat

    Kelima

    Ketujuh

    Kedelapan

    Kesembilan

    Kesepulu

  • Ahsana Media: Jurnal Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman
    Vol 9 No 2 (2023)

     

    Ahsana Media: Jurnal Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman dengan nomer ISSN. 2354-9424 e-ISSN. 2449-7642 adalah Jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Islam Madura dengan durasi tebitan 2 kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan Februari dan bulan Juli disetiap tahunnya. Pada periode Juli tahun 2022 Vol. 9. No. 1 merupakan terbitan yang memfokuskan kepada pengembangan pendidikan Agama Islam dan beberapa pembahasan keislaman yang terjadi di tengah-tengah masyarakat, bahasan tersebut diantaranya adalah:  Pertama GERAKAN KAUM PADRI DI SUMATERA BARAT DAN PENGARUHNYA TERHADAP PEMBAHARUAN PEMIKIRAN ISLAM yang ditulis oleh Ibnu Ali dan Mujiburrahman. Kedua PRO-KONTRA TERHADAP PERAYAAN MAULUD NABI DI MASYARAKAT MADURA yang ditulis oleh Atnawi dan Mafruhah. Ketiga EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ICT (Information, Communication and Technology) terhadap Peningkatan Profesionalisme Guru Al-Qur’an Hadits di MTs Nasyiatus Syubban Tobungan Galis Pamekasan yang ditulis oleh Syaiful Anam, Mohammad Fahrur Rozi, dan Idon Joni. Artikel keempat adalah ATMOSFER AKADEMIK DAN PERFORMANSI INTELEKTUAL DUNIA KAMPUS SEBAGAI EFFORT KEMAJUAN DUNIA PENDIDIKAN ISLAM yang di tulis oleh Mohammad Subhan dan Abd Haris. Artikel kelima adalah tentang PERENCANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUT THALIBIN PONTEH GALIS PAMEKASAN yang ditulis oleh Akhmad Mudarris dan Siti Munawaroh, Suwistiyonengsih Suwistiyonengsih. Artikel keenam adalah GERAKAN REVOLUSI HIJAU PESANTREN UNTUK MENCEGAH KERUSAKAN EKOLOGI yang ditulis oleh Ribut Baidi dan Ahmad serta Moh. Soheh. Artikel ketujuh adalah tentang PENDIDIKAN AGAMA DAN BUDAYA: TRADISI NGUNJENG TANDHE’ DAN NILAI MODERASI BERAGAMA (Studi di Kabupaten Sumenep Madura) yang dilutes oleh Zaitur Rahem.

  • Ahsana Media: Jurnal Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman
    Vol 8 No 2 (2022)

    Ahsana Media: Jurnal Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman dengan nomer ISSN. 2354-9424 e-ISSN. 2449-7642 adalah Jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Islam Madura dengan durasi tebitan 2 kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan Februari dan bulan Juli disetiap tahunnya. Pada periode Juli tahun 2022 Vol. 8. No. 2 merupakan terbitan yang memfokuskan kepada pengembangan pendidikan Agama Islam dan beberapa pembahasan keislaman yang terjadi di tengah-tengah masyarakat, bahasan tersebut diantaranya adalah: Pertama, EFEKTIVITAS PENGAJIAN KITAB TA’LIMUL MUTA’ALLIM PADA PEMBENTUKAN KARAKTER SANTRI PUTRI DI PONDOK PESANTREN AL-ABROR BLUMBUNGAN LARANGAN PAMEKASAN yang ditulis oleh Abdul Munib, Abd Haris, Nuri Lutfiani. Kedua, EFEKTIFITAS EVALUASI KINERJA GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI MADARASAH DINIYAH AWWALIYAH MIFTAHUR RAHMAH KECAMATAN PASEAN KABUPATEN PAMEKASAN yang ditulis oleh Atnawi, Syafrawi, Mafazatu Janan. Ketiga, TOTAL QUALITY MANAGEMENT SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN PESANTREN DI PONDOK PESANTREN ZIYADATUT TAQWA yang ditulis oleh Moh. Afiful Hair, Ach. Shofwan. Keempat, ISTIGHFAR SEBAGAI PEMECAH SEGALA PERMASALAHAN (Penafsiran Ayat Al-Qur’an Tentang Istighfar) yang ditulis oleh Mujiburrohman, Ibnu Ali, Jamiliya Susantin. Kelima, PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COPERATIVE READING AND COMPOSITION TERHADAP TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL QURAN HADIST MIFTAHUL ULUM II DESA TAMBAK OMBEN SAMPANG TAHUN PELAJARAN 2020-2021 yang ditulis oleh Supandi, M. Sahibudin, Misbaroh. Keenam, HUKUMAN BAGI PELAKU PENGRUSAKAN HUTAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM yang ditulis oleh Suparman, Suwardi, Akhmad Farid Mawardi Sufyan. Ketujuh, MANAJEMEN KURIKULUM PESANTREN MU’ADALAH (Studi Kasus di Dirosatul Muallimin Islamiyah Pondok Pesantren Al-Hamidy Banyuanyar Palengaan Pamekasan) yang ditulis oleh Syaiful Anam, Marsum 209-222. Kedelapan, EFEKTIFITAS PENERAPAN STRATEGI INDEX CARD MATCH (ICM) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH MIFTAHUL ULUM JAMBRINGIN yang ditulis oleh Syamsul Rijal, Anis Wayati 223-231. Kesembilan, DESAIN PEMBELAJARAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA   SEKOLAH DASAR  PADA MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM yang ditulis oleh  Ummu kulsum1, Moh Soheh. Kesepuluh CADAR DAN IDENTITAS MUSLIMAH (KAJIAN MOTIVASI PENGGUNA CADAR PADA MAHASISWI IDIA AL-AMIEN PRENDUAN) yang ditulis oleh Wahdaniah, Ahmad Zulfikar Ali.

  • Ahsana Media: Jurnal Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman
    Vol 8 No 1 (2022)

    Ahsana Media: Jurnal Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman dengan nomer ISSN. 2354-9424 e-ISSN. 2449-7642 adalah Jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Islam Madura dengan durasi tebitan 2 kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan Februari dan bulan Juli disetiap tahunnya. Pada periode Februari tahun 2022 Vol. 8. No. 1 merupakan terbitan yang memfokuskan kepada pengembangan pendidikan Agama Islam dan beberapa pembahasan keislaman yang terjadi di tengah-tengah masyarakat, bahasan tersebut diantaranya adalah: PERAN KEPEMIMPINAN KYAI DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SHOLAT BERJAMA’AH SANTRI PUTRA DI PESANTREN SITI NUR SA’ADAH DI WONOMELATI KREMBUNG SIDOARJO yang di tulis oleh Afidah Nur Aini, Syamsul Rijal. Tulisan selanjutnya adalah tentang PARADIGMA PEMBELAJARAN HUMANISME PERSPEKTIF CARL R. ROGERS SERTA IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN PAI yang di tulis oleh Moh. Afiful Hair dan Atnawi, Tulisan selanjutnya adalah tentang HAK MANTAN ISTERI MENOLAK RUJUK MANTAN SUAMI MENURUT KOMPILASI HUKUM ISLAM yang ditulis oleh Dwi Dasa Suryantoro dan Ainur Rofiq, Tulisan selanjutnya adalah tentang RADIKALISME DARI TERMINOLOGI KE FENOMENA yang ditulis oleh Ibnu Ali dan Mujiburrohman, Tulisan selanjutnya adalah tentang MEMAHAMI MAKNA HADITS NABI MUHAMMAD SAW SECARA TEKSTUAL DAN KONTEKSTUAL yang di tulis oleh Ifa Dotus Salimah dan Abd Haris, Tulisan selanjutnya adalah tentang EFEKTIFITAS PENERAPAN METODE IQRO’ DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SANTRI DALAM MEMBACA AL-QUR’AN DI TPA BUSTANUDDIN DESA GALIS KECAMATAN GALIS PAMEKASAN yang ditulis oleh Mustho Fahurroziy dan Abd Kholiq Yadi. Tulisan selanjutnya adalah tentang PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER MANDIRI ANAK DI RA ISLAMIYAH I BUJUR TENGAH yang ditulis oleh Rasidi dan Mamluatul Jannah. Tulisan selanjutnya adalah tentang KONSEP PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF KH. AHMAD DAHLAN DAN RELEVANSINYA DENGAN ERA GLOBAL PENDIDIKAN DI INDONESIA yang ditulis oleh Roybah dan Abdul Munib. Tulisan selanjutnya adalah tentang NILAI-NILAI AKHLAK DALAM FILM “CAHAYA CINTA PESANTREN” DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM yang ditulis oleh Triana Iradatul Jannah dan Mohammad Farah Ubaidillah. Tulisan selanjutnya adalah tentang KONVERSI HUTANG PIUTANG UANG MENJADI DAGING SAPI PADA MASYARAKAT DESA BICORONG PAKONG PAMEKASAN MADURA DALAM PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI ISLAM yang di tulis oleh Wasilul Chair.

  • AHSANA MEDIA: Jurnal Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman
    Vol 7 No 02 (2021)

    Jurnal Ahsana Media: Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman pada volume 7 nomer 02 ini memfokuskan kepada isu-isu pemikiran, pendidikan dan penelitian ke-Islaman sebagaiamana yang di tulis oleh Mujiburrahman, Umar Faruq dan Ilham Wais Qurni dengan tema Reaktualialisasi Pendidikan Karakter Qur’ani (Sejarah dan Tantangan Pendidikan Islam di Era Global), kedua adalah  Atnawi, dan Mafruhah dengan tema Implikasi Dinamika Konsep Terikat Masjid dengan Memakmurkannya dijamin Surga an Manfaatnya Bagi Intelektual Menurut Konsep Sunnah, ketiga  Moh. Soheh, dan Ummu Kulsum dengan tema Implementasi Moral Triangle Lickona dalam Membentuk Karakter Yang Baik dan Akhlak Kenabian Muhammad SAW Bagi Siswa, ke empat adalah  Ahmad, Atnawi, dan Sitti Mukamilah dengan tema Efektivitas Pembelajaran Blended Learning Pada Peningkatan Menulis “Teks Exposisi” di MA. Al-Huda Sumber Nangka Pamekasan, kelima di tulis oleh Dwi Darsa Suryantoro dan Ainur Rofiq dengan tema Nikah dalam Pandangan Hukum Islam. Ke enam di tulis oleh Ummu Kulsum dengan tema Strategi Pembelajaran dengan Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Outcome Based Education. Ketujuh di tulis oleh Shidqiyah, Dedi Eko Riyadi HS, Zahratun Naemah dengan tema Kepemimpinan transformasional dan kultural,

  • Jurnal Ahsana Media: Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman
    Vol 7 No 1 (2021)

    Jurnal Ahsana Media: Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman pada volume 7 nomer 1 ini memfokuskan kepada isu-isu pemikiran, pendidikan dan penelitian ke-Islaman sebagaiamana yang di tulis oleh Mohammad Farah Ubaidillah, Misnawi, Suwantoro dengan tema Implementasi nilai-nilai pendidikan profetik pada anak usia (Golden age), kedua adalah  Ummu Kulsum dengan tema perspektif muhadditsin tentang kedudukan thabaqah dan rawi hadits, ketiga  Moh. Afiful Hair dengan tema pendidikan berwawasan metafisika dalam perspektif Islam, ke empat adalah  Andi Muhammad Fuad, abdurrahman adi saputra, jamilia susantin, Moh. Luthfi Djauhari dengan analisis metode pegawai syarak di kecamatan suwawa kabupaten bene Bulango dalam menentukan arah kiblat perspektif Syar'ie dan astronomi, kelima di tulis oleh Durhan dengan tema Integrasi nilai-nilai nasinalisme dalam pendidikan Agama Islam dengan pendekatan Interdisipliner. Ke enam di tulis oleh Syaiful Anam Iskandar Zulkarnaien dengan tema tradisi berkopyah dalam etika santri (studi kasus di Pondok pesantren Matlabul Ulum Ulum Desa Jddung parenduwan Sumenep). Artikel ke tujuh di tulis oleh saudara Mujibuurahman dan Umar Faruq dengan tema Kajian Al-Qur'an tentang Tajhizul Janazah Era Pandemi Covid-19 di Masyarakat.

  • Jurnal Ahsana Media: Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman
    Vol 6 No 2 (2020)

    Jurnal Ahsana Median pada terbitan ini memuat beberapa tulisan yang merupakan kontribusi para author yang bertemakan tentang “Gagasan Nasikhul Mansukh Dalam Lingkaran Pemikiran Munawir Sjadzali Tentang Reaktualisasi Ajaran Hukum Islam” yang di tulis oleh Abdurrahman, Adi Saputra, kemudian yang kedua adalah tentang “Persepsi Dan Respon Pesantren Terhadap Kesadaran Hukum Masyarakat” yang di tulis oleh Masykurotus Sayrifah, Rusdi, Wildanul Khoir. Sedangkan tulisan yang ke empat adalah tentang “Penegakan Amar Ma’ruf Nahi Munkar Dalam Pelaksanaan Ritual Rokat Tase’ Di Kabupaten Pamekasan” yang ditulis oleh Abdurrahman Abbas. Tulisan selanjutnya adalah tentang “Emotional Quotion (EQ) Dalam Perspektif Al-Qur’an” karya saudara Moh. Afiful Khair.  Tulisan selanjutnya adalah tentang “SISTEM Ekonomi Syariah Sebagai Sebuah Solusi Dalam Mengembangkan Ekonomi Ummat Di Era Revolusi Industri 4.0” yang ditulis oleh saudara Suhaimi, kemudian tulisan yang ke tujuh adalah tentang “Tela’ah Ayat Tentang Kawin Lintas Agama” yang di tulis oleh saudara Syukron Mahbub. Selanjutnya tulisan tentang “Pendidikan Tasawuf Ekspetasi Imam Al-Ghazali Pada Masa Nizam Al-Mulk” yang ditulis oleh Ummu Kulsum dan yang terakhir adalah tentang “Analisa Konsep Shaha” hasil karya saudara Misnawi, Muhammad Faradillah. “Kepemimpinan Karismatik” hasil karya saudara Shidqiyah , Zahratun Naemah, Dedi Eko Riyadi HS.

  • Jurnal Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman
    Vol 5 No 1 (2019)

    Jurnal AHSANA MEDIA dengan nomer ISSN. 2354-9424 e-ISSN. 2549-7642 adalah Jurnal Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman yang diterbitkan oleh Universitas Islam Madura dengan durasi tebitan 2 kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan februari dan bulan juli. Pada periode Februari tahun 2019 Vol. 5. No.1 merupakan terbitan pertama yang memfokuskan kepada pemikiran keislaman sebagaimana yang ditulis oleh Dewi Pusparini, Rizal Muhammad Farasyi, Norma Gupita, Musayyah dengan tema Menanamkan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di Masa Golden AGE sesuai Q.S Lukman: 13-19, kemudian tulisan Yanto dengan tema tulisannya adalah Pendidikan Nilai dan Spiritual (PNS) dalam Layanan bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 1 Bantul Yogyakarta, tulisan yang ketiga adalah tulisan Lailatul Qadariyah dan Moh. Subhan dengan tema tulisannya adalah Integrasi Keilmuan Pesantren (Studi Korelasi Antara Ilmu Agama dan Ilmu Umum di Institut Ilmu Keislaman Annuqayah). Tulisan selanjutnya adalah tulisan Rabi’ah  dengan tema Urgensi Pendidikan Karakter Bagi Bangsa Indonesia. Tulisan yang kelima adalah Syamsul Rijal  dengan tema Problematika Epistemologis Tentang Visi, Misi, dan Tujuan Pendidikan Islam, dan selanjutnya adalah Ali Wafa dengan tema tulisannya adalah Peningkatan Kompetensi siswa Melalui Pembinaan Bengkel Shalat dan laboratorium Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Negeri (MAN)2 Pamekasan, selanjutnya Durhan  dengan tulisan Internalisasi Konsep Demokrasi Dalam Pendidikan Islam (Belajar dari Praktik Demokrasi dalam Pendidikan Islam di Pakistan, Mesir dan Turki), tulisan yang ke delapan adalah Siti Qani’ah dengan judul tulisan Pengembangan Kecerdasan Spiritual pada Peserta Didik Melalui Aktivitas Keagamaan, dilanjutkan pada tulisan yang selanjutnya adalah Ummu Kulsum dengan tema penelitiannya adalah Pemikiran Seyyed Hessein Nasr: Nilai Pendidikan Islam Tradisional Ditengah-tengah Kemodernan. Tulisan yang lainnya adalah Abd Ghoffar dengan tema Agama dan Politik dalam Bingkai Historis Perkembangan Pemikiran Islam.

  • Jurnal Pendidikan, Penelitian dan pemikiran ke Islaman
    Vol 4 No 2 (2018)

    Jurnal  AHSANA MEDIA  dengan nomer ISSN. 2354-9424  e-ISSN.  2549-7642  adalah Jurnal pendidikan, penelitian dan pemikiran keislaman yang diterbitkan oleh Universitas Islam Madura dengan durasi tebitan 2 kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan februari dan bulan juli. Pada periode Juli tahun 2018 Vol. 4. No.2 merupakan terbitan pertama yang memfokuskan kepada pemikiran keislaman sebagaimana yang ditulis oleh Syamsul Rijal dengan tema Islamisasi Ilmu Pengetahuan Perspektif Ismail Raji Al-Faruqi Dan Implikasinya Dalam Pendidikan, kemudian tulisan Moh. Afiful Hair, Moh. Subhan dengan tema tulisannya adalah Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Dan Masyarakat, tulisan yang ketiga adalah tulisan Ahmad Fawaid dengan tema tulisannya adalah Rekontruksi Peran Guru Melalui Nilai-Nilai Al-Qur’an Di Era Modern. Tulisan selanjutnya adalah tulisan Mafruhah dengan tema Profesionalisme Nabi Muhammad Saw Sebagai Perintis Pertama Lembaga PAI Dan Kelayakannya Sebagai Guru Besar Pertama. Tulisan yang kelima adalah Moh. Soheh dengan tema Karakteristik Pendidikan Tasawuf Menurut Louis Masignon, dan selanjutnya adalah Farah Ubaidillh dengan tema tulisannya adalah Sifat Dan Kepribadian Guru Perspektif Al-Qur’an Surat Al-Nudassir Ayat 1-7. Dan selanjutnya adalah Akhamad Farid Mawardi Sufyan dengan tema tulisannya adalah Rancang Bangun Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (Apbd) Pamekasan Berbasis Maqashid Syariah. Kemuadian diakhiri oleh Sitti Mukamilah dengan tulisannnya adalah Penerapan Metode Survey, Question, Read, Recite, Recite And Review (SQ3R)Dalammeningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Membaca Text Bahasa Inggris.