Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Fisika SMK

  • Yenny Agustine Shovia Insany Universitas Islam Madura
Keywords: Jigsaw, Konvensional, Prestasi Belajar

Abstract

Masalah yang dihadapi siswa dalam pembelajaran fisika adalah rendahnya hasil belajar siswa, yakni hanya 3-4 orang siswa yang mampu menerima penjelasan guru dengan baik, pengajaran berpusat pada guru dan siswa cenderung pasif, tingkat rasa percaya diri siswa untuk saling mengemukakan pendapat masih sedikit, interaksi antar siswa kurang. Hal itu menyebabkan prestasi belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap prestasi belajar siswa pada pelajaran fisika kelas XI SMK/Sederajat di Pamekasan tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini akan menggunakan metode penelitian eksperimen dengan bentuk desain eksperimen pretest-posttest control group design. Sampel penelitian ini adalah kelas XI IPA A dan kelas XI IPA B, kelas XI IPA A sebagai kelompok eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, dan kelas XI IPA B sebagai kelompok kontrol yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran konvensional. Hasil observasi data penelitian dianalisis dengan uji normalitas, uji homogenitas serta uji hipotesis (uji t). Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa data terdistribusi normal dan homogen, uji hipotesis (uji t) HI diterima dan H0 ditolak. Hasil analisis pengamatan pembelajaran pada kedua kelas diperoleh rerata persentase yaitu pada kelas eksperimen 90,6% dan kelas kontrol 87,5%, proses keterlaksanaan pembelajaran pada kedua kelas berlangsung dengan baik. Sedangkan untuk aktivitas siswa pada kelas eksperimen diperoleh 73,2%, kelas kontrol sebesar 61,7%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap prestasi belajar siswa pada pelajaran fisika kelas XI SMK/Sederajat di Pamekasan tahun ajaran 2015/2016.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bektiarso, S. 2000. Pentingnya Konsepi Awal dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Saintifika. Vol.1(1). 11-20.

Deswati, N., Risdawati, R. dan Nurhadi. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Biologi.

Iru, L. dan La Ode S. 2012. Analisis Penerapan Pendekatan, Metode, Strategi, dan Model-model Pembelajaran. DIY: Multi Presindo. Halaman 1.

Isjoni. 2010. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Lie, A. 2005. Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang Kelas. Jakarta: Gramedia.

Mansur, R.M. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan SAVI pada Pelajaran Fisika terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa kelas XI TI di SMK NEGERI 2 Pamekasan. Pamekasan: Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Madura.

Rukatiningsih, B. S. 2009. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Aktivitas Belajar Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2007/2008. Tesis. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran Berorentasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Media Grup.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprihatiningrum, J. 2012. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Russ Media.

Slavin, Robert E. 2008. Cooperative Learning Teori, Riset dan Paktik. Bandung: Nusa Media.

Tastra, I.M. dan Lasmana, W. 2013. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Menulis Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Mendoyo. Jurnal Program Pasca sarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar (3): 1-12.

Article Metrics

Abstract view : 323 times
Published
2016-06-30
How to Cite
Insany, Y. A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Fisika SMK. Wacana Didaktika, 4(1), 73-77. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.4.1.73-77
Section
Articles