Efektivitas Penerapan Model Inkuiri Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Sub Pokok Bahasan Cermin Datar

  • Suprianto Suprianto Universitas Islam Madura
  • S. Ida Kholida Universitas Islam Madura
Keywords: model pembelajaran inkuiri, prestasi belajar, model konvensional

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektivitas penerapan model pembelajaran inkuiri dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap peningkatan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran fisika. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan rancangan pre-test post-test nonequivalen control group design. Populasi penelitian di SMP Ma‟arif 09 Pamekasan kelas VIII, dan sampelnya adalah kelas VIII-1 sebagai kelas Eksperimen yang berjumlah 14 siswa menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri sedangkan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 12 siswa menggunakan Model Pembelajaran Konvensional. Berdasarkan hasil penelitian, ditinjau dari nilai rata-rata kelas nilai prestasi belajar di kelas eksperimen adalah 32.85 sedangkan di kelas kontrol adalah 28.75. Sedangkan dari perhitungan statistik menggunakan uji t, diperoleh thitung = 2.093 sedangkan ttabel = 2.064 dengan taraf signifikansi 5%. Dengan demikian thitung > ttabel, maka nilai tersebut menunjukkan adanya perbedaan signifikan terhadap skor prestasi belajar diantara keduanya. Menurut rerata g factor diperoleh 0,47 (kategori sedang) untuk kelas eksperimen dengan rentang g factor (0,08 – 0,71) sedangkan untuk kelas kontrol rerata g factor sebesar 0,34 (kategori sedang) dengan rentang g factor (0,08 – 0,71). Hal ini menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Inkuiri lebih efektif untuk meningkatkan prestasi belajar dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, Lestari Nami, dkk. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar IPA. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Jurusan Pendidikan Dasar (Volume 3 Tahun 2013)

Maharani Nur Aliyah Taj. 2014. Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Pada Konsep Gaya. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta

NRC. 1996. National Science Standards. Washington DC. National Press.

Nur Yunita Rakhmi.2002. Pengaruh penggunaan pendekatan inkuiri dalam pembelajaran biologi terhadap hasil belajar pada konsep indera peraba siswa kelas II MAN 1 Kebumen Tahun Ajaran 2002/2003. Skripsi. Yogyakarta:FMIPA UNY

Prantalo. 2012. Pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri (inquiry) terhadap hasil belajar IPA Bagi siswa kelas V semester II SDN Manggihan Kecamatan Getasan Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan. FKIP Universitas kristen Satya Wacana.

Sugiyono. 2012, Statistika Untuk Penelitian, Bandung: ALFABETA.

Suma, Ketut. 2010. Efektivitas Pembelajaran Berbasis Inkuiri Dalam Peningkatan Pengusaan Konten Dan Penalaran Ilmiah Calon Guru Fisika. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Jilid 43, Nomor 6, April 2010, hlm.47 – 55.

Article Metrics

Abstract view : 180 times
Published
2015-12-24
How to Cite
Suprianto, S., & Kholida, S. I. (2015). Efektivitas Penerapan Model Inkuiri Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Sub Pokok Bahasan Cermin Datar. Wacana Didaktika, 3(2), 151-158. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.3.2.151-158