Penerapan Model Kooperatif Dengan Metode Peta Konsep Pada Pokok Bahasan Gerak Melingkar Untuk Menuntaskan Hasil Belajar Siswa di MA Sabilul Muttaqien

  • S. Ida Kholida Universitas Islam Madura
  • Suprianto Suprianto Universitas Islam Madura
Keywords: Kooperatif, Peta Konsep, Ketuntasan Hasil Belajar

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa khususnya kelas XI MA Sabilul Muttaqien pada mata pelajaran fisika disebabkan oleh kesulitan siswa dalam memahami konsep fisika, selain itu metode pembelajaran yang digunakan juga kurang tepat, serta sistem belajar siswa masih individual. Upaya untuk menuntaskan hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan model kooperatif dan metode peta konsep. Penelitian ini bertujuan: (1). Untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa di kelas XI MA Sabilulmuttaqien dengan diterapkannya model kooperatif dengan metode peta konsep. (2). Untuk mengetahui aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan tiga siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, evaluasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI MA Sabilul Muttaqien tahun pelajaran 2014/2015. Analisis data yang digunakan adalah teknik statistik deskriptif. Dari hasil analis didapatkan bahwa hasil belajar siswa dari Siklus I sampai Siklus III sudah mencapai kriteria ketuntasan dengan persentase yaitu, Siklus I (55%), Siklus II (80%), Siklus III (90%) dan aktivitas siswa sangat antusias di mana dapat dilihat di lampiran aktivitas siswa. Hasil evaluasi pretespostes yaitu dari 10,00% (tidak tuntas) menjadi 95,00%(tuntas). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif dengan metode peta konsep dapat menuntaskan hasil belajar fisika dan aktivitas siswa MA Sabilul Muttaqien pada pokok bahasan Gerak Melingkar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ibrahim, M, dkk, 2000. Pembelajaran kooperatif. Surabaya: UNESA Press.

Isjoni. 2009. Pembelajaran kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isjoni. 2010. Cooperative Learning. Bandung: CV. ALFABETA.

Nur, M. 2008. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Pusat Sains & Matematika Sekolah UNESA.

Nurhayati, N. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Realistik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kebaturan Bawang Batang. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Putra Akbar, A. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif metode Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Komunikasi (Studi pada Siswa Jurusan Administrasi Perkantoran Kelas X SMK Negeri 1 Tanggul Kabupaten Jember).Malang: Universitas Negeri Malang.

Riyadi, S. 2007. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Struktural sebagai Upaya untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Rangkaian Listrik Arus Searah di SMA Negeri I Torjun Sampang. Surabaya: UNESA.

Sanjaya, W. 2009. Strategi Pembelajarn Berorentasi Standar Proses Pendidkan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Susilo, H., dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Bayumedia Publishing.

Wahyudi. D, dkk 2007. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wena, M. 2009. Strategi pembelajaran Inovatif kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

www.fisika prastiprabandari.blogspot.com [ 30 Oktober 2011].

www.mulyono-website.blogspot.com [ 30 Oktober 2011].

www.muslimahkeadilan.blogspot.com [ 2 Nopember 2011].

Article Metrics

Abstract view : 112 times
Published
2015-12-24
How to Cite
Kholida, S. I., & Suprianto, S. (2015). Penerapan Model Kooperatif Dengan Metode Peta Konsep Pada Pokok Bahasan Gerak Melingkar Untuk Menuntaskan Hasil Belajar Siswa di MA Sabilul Muttaqien. Wacana Didaktika, 3(2), 170-185. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.3.2.170-185