Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Kreatif Produktif Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VII SMP

  • Suprianto Suprianto
  • Aan Nurul Qomariyah Universitas Islam Madura
  • Mohammad Lutfi Universitas Islam Madura
  • Siti Nur Aizatul Qomariyah Universitas Islam Madura
Keywords: Pembelajaran kreatif produktif, KPS, Kreativitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kreatif produktif terhadap keterampilan proses sains siswa  kelas VII SMP serta untuk mengidentifikasi efektivitas model pembelajaran kreatif produktif terhadap keterampilan proses sains siswa  kelas VII SMP dibanding dengan model pembelajaran langsung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalag quasi experiment dengan design pretes-postest control group design. Analisis data yang digunakan adalah uji efektivitas dan uji gain Normalisasi serta uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat uji t. Berdasarkan uji efektivitas didapatkan data sebesar 2,18 dengan kategori Tinggi. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran kreatif produktif lebih efektif terhadap keterampilan proses sains dibandingkan dengan pembelajaran langsung. Berdasarkan uji N-Gain diperoleh nilai 0,89 dengan kategori Tinggi untuk kelas eksperimen sedangkan 0,57 dengan kategori sedang untuk kelas kontrol. Hal ini membuktikan bahwa peningkatan keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan pembelajaran kreatif produktif lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran langsung. Berdasarkan uji t diperoleh t-hitung 6,287 dengan signifikan 0,000<0,05; hal ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kreatif produktif terhadap Keterampilan Proses Sains siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, R. 2012. Pengaruh Penggunaan Alat Peraga (AEM) Algebraic Experience MaterialsTerhadap Hasil Belajar. Skripsi. Cirebon: IAIN Syekh Nurjati.

Anderson, L & Krathwohl, D. A. 2001. Taxonomy for Learning, Teaching and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.

Arikunto, S. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Hake, R.R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Indiana: Indiana University

Hermawanto. 2013. Pengaruh Blended Learning terhadap Penguasaan Konsep dan Penaaran Fisika Peserts didik krlas X. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia ISSN 1693-1246.

Nurfitri, A.,dkk. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kreatif-Produktif Dalam Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma. Jurnal. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Putera, R. S. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Jogjakarta: DIVA Press

Rohmah, N. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Kreatif Produktif Pada Pokok Bahasan Ekosistem Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas X di Ma Khas Kempek Kabupaten Cirebon. Skripsi. Cirebon: IAIN Syekh Nurjati.

Schreiber, J. B. 2011. Educational Research:Interelationship of Questions, Sampling, Design, and Analysis. USA: John Wiley&Sons,INC.

Sugiyono. 2010. Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R &D. Bandung: Alfabeta.

Sulihawati., dkk. 2014. Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Kreatif Produktif. Jurnal. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Sobari, A. 2011. Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Dakon Terhadap Hasil Belajar Matematika. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidatullah Jakarta.

Tjalla, A. 2013. Potret Mutu Pendidikan Indonesia Ditinjau dari Hasil-hasil Studi Internasional. Jurnal. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Wena, M. 2013. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual. Jakarta: Bumi Aksara.

Article Metrics

Abstract view : 186 times
Published
2017-06-30
How to Cite
Suprianto, S., Qomariyah, A., Lutfi, M., & Qomariyah, S. N. (2017). Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Kreatif Produktif Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VII SMP. Wacana Didaktika, 5(01), 65-75. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.5.01.67-75
Section
Articles