Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Kreatif Produktif Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VII SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kreatif produktif terhadap keterampilan proses sains siswa kelas VII SMP serta untuk mengidentifikasi efektivitas model pembelajaran kreatif produktif terhadap keterampilan proses sains siswa kelas VII SMP dibanding dengan model pembelajaran langsung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalag quasi experiment dengan design pretes-postest control group design. Analisis data yang digunakan adalah uji efektivitas dan uji gain Normalisasi serta uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat uji t. Berdasarkan uji efektivitas didapatkan data sebesar 2,18 dengan kategori Tinggi. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran kreatif produktif lebih efektif terhadap keterampilan proses sains dibandingkan dengan pembelajaran langsung. Berdasarkan uji N-Gain diperoleh nilai 0,89 dengan kategori Tinggi untuk kelas eksperimen sedangkan 0,57 dengan kategori sedang untuk kelas kontrol. Hal ini membuktikan bahwa peningkatan keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan pembelajaran kreatif produktif lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran langsung. Berdasarkan uji t diperoleh t-hitung 6,287 dengan signifikan 0,000<0,05; hal ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kreatif produktif terhadap Keterampilan Proses Sains siswa.
Downloads
References
Anderson, L & Krathwohl, D. A. 2001. Taxonomy for Learning, Teaching and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.
Arikunto, S. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Hake, R.R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Indiana: Indiana University
Hermawanto. 2013. Pengaruh Blended Learning terhadap Penguasaan Konsep dan Penaaran Fisika Peserts didik krlas X. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia ISSN 1693-1246.
Nurfitri, A.,dkk. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kreatif-Produktif Dalam Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma. Jurnal. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Putera, R. S. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Jogjakarta: DIVA Press
Rohmah, N. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Kreatif Produktif Pada Pokok Bahasan Ekosistem Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas X di Ma Khas Kempek Kabupaten Cirebon. Skripsi. Cirebon: IAIN Syekh Nurjati.
Schreiber, J. B. 2011. Educational Research:Interelationship of Questions, Sampling, Design, and Analysis. USA: John Wiley&Sons,INC.
Sugiyono. 2010. Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R &D. Bandung: Alfabeta.
Sulihawati., dkk. 2014. Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Kreatif Produktif. Jurnal. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Sobari, A. 2011. Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Dakon Terhadap Hasil Belajar Matematika. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidatullah Jakarta.
Tjalla, A. 2013. Potret Mutu Pendidikan Indonesia Ditinjau dari Hasil-hasil Studi Internasional. Jurnal. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
Wena, M. 2013. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual. Jakarta: Bumi Aksara.
Article Metrics
Copyright (c) 2017 Suprianto Suprianto, Aan Nurul Qomariyah, Mohammad Lutfi, Siti Nur Aizatul Qomariyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.