Peranan Media Kartu Arisan Fisika (KARSANFIS) Dalam Pembelajaran STAD Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa

  • S. Ida Kholida Universitas Islam Madura
  • Suprianto Suprianto Universitas Islam Madura https://orcid.org/0000-0003-0344-6844
  • Rica Amalia Universitas Islam Madura
Keywords: Model Pembelajaran kooperatif tipe STAD, Hasil Belajar, Game edukasi, Media Arisan Fisika

Abstract

The monotonous physics learning process causes students to lose interest in physics learning material. The aim of this study is to identify differences in the achievement of physics learning outcomes between students who utilize the physics social gathering card (KARSANFIS) media in the STAD learning context and those who do not utilize the media and to evaluate the significant impact of using the KARSANFIS media in STAD learning on learning outcomes. physics students. This study applied a quasi-experimental method carried out at MA Nurul Istiqlal, Pamekasan Regency, involving 40 students as research samples, consisting of two classes, namely classes X-1 and X-2. Data analysis involves normality tests, homogeneity tests, and t tests. The descriptive results of this study show that the posttest scores in the control group and the experimental group are 67.50 and 78.25. The t test results indicated that the posttest p-value was 0.014 (p-value < α= 0.05), while the anova test results for the difference between posttest and pretest scores had a p-value of 0.001 (p-value < α= 0.05). From these findings it can be concluded that the role of KARSANFIS media in STAD learning provides a significant difference in students' physics learning outcomes compared to those who do not use the media, and the use of KARSANFIS media in STAD learning is able to significantly influence the achievement of student learning outcomes.

Keywords: STAD type cooperative learning, learning outcomes, physics arisan card media

Abstrak: Proses pembelajaran Fisika yang monoton mengakibatkan siswa kehilangan minat dalam materi pembelajaran fisika. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengidentifikasi perbedaan dalam pencapaian hasil belajar fisika antara siswa yang memanfaatkan media kartu arisan fisika (KARSANFIS) dalam konteks pembelajaran STAD dengan mereka yang tidak memanfaatkan media serta untuk mengevaluasi dampak yang signifikan dari pemanfaatan media KARSANFIS dalam pembelajaran STAD terhadap hasil belajar fisika siswa. Studi ini menerapkan metode eksperimen semu yang dilakukan di MA Nurul Istiqlal Kabupaten Pamekasan dengan melibatkan 40 siswa sebagai sampel penelitian, yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X-1 dan X-2. Analisis data melibatkan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Hasil deskriptif dari penelitian ini menunjukkan bahwa skor posttest pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen adalah 67.50 dan 78.25. Hasil uji t mengindikasikan bahwa p-value posttest sebesar 0.014 (p-value < α= 0.05), sedangkan hasil uji anova untuk selisih nilai posttest dan pretest memilki p-value sebesar 0.001 (p-value < α= 0.05). Simpulan dalam studi ini adalah peranan media KARSANFIS memiliki dampak pada hasil belajar siswa yang berbeda secara signifikan dibandingkan dengan mereka yang tidak memanfaatkan media, serta pemanfaatan media KARSANFIS dalam pembelajaran STAD mampu mempengaruhi secara signifikan pencapaian hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amir,H. (2016). Korelasi Pengaruh Faktor Efikasi Diri Dan Manajemen Diri Terhadap Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa Pendidikan Kimia Universitas Bengkulu, Manajer Pendidikan, 10(4), 336-342.

Anugraheni, B.N. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran Pailkem Dengan Menggunakan Media Kartu Arisan Terhadap Kemampuan Menulis Huruf Hiragana (あーん) Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 14 Surabaya. Hikari, 03(02), 29-36

Hanafy, M.S. (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran, Lentera Pendidikan, 17(1), 66-79.

I Wayan Sucipta. (2021). Penerapan Model Pembelajaran STAD dengan Menggunakan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XII MIPA 8 SMA Negeri 7 Denpasar Tahun Pelajaran 2020/2021. Widyadari, 22 (1), 102 – 114.

Masloman, H. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Menggunakan Model Cooperatif Learning Type STAD (Student Teams Achievement Division) dengan Media Kartu Arisan. Jurnal Pendidikan, XI(03), 273-284.

Masluroh, H. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Fisika Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe STAD dengan Gerakan Brain Gym di SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan. Vol 1 (2).141-149.

Medianty, S.U., Amrul, B., & Elvinawati. (2018). Penerapan Model Discovery Learning Dengan Menggunakan Media Video Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA 1 SMAN 1 Kota Bengkulu , Alotrop, 2(1), 58-65

Meilan, W., Salastri, R., Hermansyah, A. (2017). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Call Card Dan Truth And Dare , Alotrop,1(1), 39-43.

Oktaviani, N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (RTE) dengan Menggunakan Media Pembelajaran Kartu Arisan Pada Kompetensi Dasar Sambungan Kayu Siswa Kelas X Keterampilan Kayu SMK Negeri 2 Surabaya. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 2(2), 197-204

Sari, S.K., Piliani, M., & Alit, D.M. (2019). Implementasi Model Pembelajaran PBL Dengan Media Karsan (Kartu Arisan) Untuk Meningkat-kan Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X-IPA 4 SMA Negeri 8 Denpasar Tahun Pelajaran 2018/2019. Social Studies, 7(02), 1-9

Sari, Y. A., Bahar, A., & Rohiat, S. (2017). Studi Perbandingan Pembelajaran Kooperatif Menggunakan Media Kartu Pintar dan Kartu Kemudi Pintar. Alotrop, 1(1). https://doi.org/10.33369/atp.v1i1.2716

Slavin, R.E. 2008. Cooperative Learning Teori Reset dan Praktik.Terjemahan Lita. Bandumg: Nusa Media.

Sudjana, N. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosda Karya.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung Alfabeta

Sumiati, D., Bahar, A., & Handayani, D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Auditory, Intellectualy Dan Repetition (AIR) Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Kartu Arisan Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIA 1 SMAN 8 Kota Bengkulu. Alotrop, 3(2). https://doi.org/10.33369/atp.v3i2.9873

Suryabrata, S. (2008). Metodologi Penelitian. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di SMK Negeri 1 Saptosari. Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education (ELINVO), 1(2), 128-139.

Article Metrics

Abstract view : 27 times
Published
2023-06-30
How to Cite
Kholida, S. I., Suprianto, S., & Amalia, R. (2023). Peranan Media Kartu Arisan Fisika (KARSANFIS) Dalam Pembelajaran STAD Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Wacana Didaktika, 11(1), 13-22. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.11.1.13-22
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>