PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM MODERAT DI MADRASAH

Kurikulum PAI dan Madrasah

  • Heny Fitriyana Institut Agama Islam Negeri Madura, Indonesia
  • Supandi Supandi Universitas Islam Madura, Indonesia
Keywords: Pengembangan, Kurikulum, PAI Moderat, Madrasah

Abstract

Pendidikan Islam moderat menjadi salah satu jalan dalam membentengi siswa terhadap berbagai paham radikal.Pendidikan dan pengajaran tentang Islam moderat menjadi penting diberikan pada anak-anak yang belajar di bangku Madrasah Tsanawiyah sebagai bekal membangun pemahaman Islam yang penuh dengan toleransi dan kedamaian.Penelitian ini berusaha mengungkap bagaimana MTs Imam Syafi’i dan MTs. Nyai Hj. Ashfiyah mengembangakan kurikulum pendidikan Islam moderat di Lembaga masing-masing serta bagaimana penerapannya. Menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi diperoleh data sebagai berikut :Pertama, pengembangan kurikulum pendidikan Islam moderat di kedua madrasah tersebut adalah dengan berpegang pada asas awal pendirian lembaga pendidikan yaitu berhaluan ahlussunnah wal jama’ah dengan berpegang pada organisasi nahdlatul ulama’.Sementara penerapan kurikulum pendidikan Islam moderatnya dengan pengajaran dan pembiasaan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Metrics

Abstract view : 898 times
Published
2020-07-25
How to Cite
[1]
H. Fitriyana and S. Supandi, “PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM MODERAT DI MADRASAH”, alulum, vol. 7, no. 2, pp. 165-179, Jul. 2020.