REVITALISASI NILAI RELIGIUSITAS MAHASISWA MELALUI PEMBELAJARAN AL ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN DI STAI MUHAMMADIYAH PROBOLINGGO

  • Muhammad Jadid Khadavi Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo
  • Akhmad Syahri Universitas Islam Negeri Mataram
  • Nuryami Nuryami Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo
  • Supandi Supandi Universitas Islam Madura
Keywords: Revitalization, Religious Values, Islamic Character, Muhammadiyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, keterlibatan, dan implementasi ajaran agama Islam di lingkungan STAI Muhammadiyah Probolinggo. Penelitian ini fokus pada upaya penguatan kembali nilai-nilai keagamaan bagi mahasiswa dan mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat revitalisasi nilai religiusitas. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, dengan pengumpulan data melalui wawancara dan observasi untuk memahami secara mendalam konteks, tantangan, dan strategi yang digunakan dalam revitalisasi nilai religiusitas mahasiswa. Temuan penelitian mencerminkan adanya tiga dimensi religiusitas, yaitu Aqidah, Ibadah, dan Muamalah, dengan strategi penerapan Uswah Hasanah dan Pembinaan Karakter Islami yang berkelanjutan. Dalam proses pembelajaran al-Islam dan Kemuhammadiyahan, dibangun sikap inklusif (Wasathiyah), toleran, dan progresif, yang berkontribusi pada peningkatan dimensi spiritual mahasiswa. Hasil penelitian ini memberikan pemahaman tentang urgensi integritas agama dalam pembentukan karakter Islami mahasiswa dalam membangun masyarakat yang berkeadaban. Selain itu, implikasi dari penelitian ini dapat menjadi panduan bagi lembaga pendidikan, terutama perguruan tinggi keagamaan Islam dalam merancang program-program yang mendukung proses revitalisasi nilai religiusitas mahasiswa secara efektif. Implikasi penelitian ini adalah: 1) Kurikulum berkembang dengan baik, 2) Melakukan pelatihan para dosen, 3) Pengembangan program kegiatan mahasiswa, 4) Pelatihan lanjutan tentang dampak religious, 5) Jalinan kolaborasi dengan lembaga kemuhammadiyahan, 6) Pengembangan materi pembelajaran berbasis teknologi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] S. Kurratul Aini, “PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN: Kajian Tematik Pendidikan Anak,” J. Educ. Partn., vol. 2, no. 1, p. 2023, 2023, [Online]. Available: https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=jkE146oAAAAJ&sortby=pubdate&citation_for_view=jkE146oAAAAJ:r0BpntZqJG4C.
[2] Y. Hidayat and N. J. Purwanto, “Implementasi Pendidikan Karakter pada Mata Kuliah Al-Islam Kemuhammadiyahan (AIK) pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Pendidikan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta,” Alhamra J. Stud. Islam, vol. 3, no. 2, p. 103, 2022, doi: 10.30595/ajsi.v3i2.12284.
[3] J. Songidan, H. Cahyono, and L. Fadhilah, “Religiusitas University: Strategi Internalisasi Nilai-Nilai AIK Dalam Membangun Kultur Religius Universitas Muhammadiyah Metro,” At-Tajdid J. Pendidik. dan Pemikir. Islam, vol. 5, no. 01, p. 50, 2021, doi: 10.24127/att.v5i01.1523.
[4] F. Akhmad, “Implementasi Pendidikan Karakter dalam Konsep Pendidikan Muhammadiyah,” Al-Misbah (Jurnal Islam. Stud., vol. 8, no. 2, pp. 79–85, 2020, doi: 10.26555/almisbah.v8i2.1991.
[5] I. Safi’i and W. Tarmini, “The Impact of Al Islam and Muhammadiyah Development on Integrity, Obedience, and Involvement in Muhammadiyah Organizations,” Suhuf, vol. 35, no. 1, pp. 1–11, 2023, doi: 10.23917/suhuf.v35i1.21741.
[6] R. Kurniawati Br. Pinem, “Metode Pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara,” Intiqad J. Agama dan Pendidik. Islam, vol. 11, no. 2, pp. 373–395, 2019, doi: 10.30596/intiqad.v11i2.3753.
[7] I. Setiawan, “Pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan yang Menggembirakan (Dengan Pendekatan Integrasi-Interkoneksi),” Semin. Nas. Al-Islam dan Kemuhammadiyahan, pp. 123–135, 2001.
[8] Zulfarno, Mursal, and R. Saputra, “Aktualisasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran al-Islam dan Kemuhammadiyahan di SMA Muhammadiyah Kota Padang,” Ruhama, vol. 1, no. 2, pp. 117–131, 2019.
[9] M. Susanty and N. Mahyuddin, “Video Pembelajaran al-Islam Kemuhammadiyahan untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dan Karakter Anak Usia Dini,” vol. 6, no. 5, pp. 4493–4506, 2022, doi: 10.31004/obsesi.v6i5.2622.
[10] B. Tamam, R. Al-Adawiyah, and A. Muadin, “Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Kemuhammadiyahan di Sekolah Menengah Atas,” vol. 9, no. 1, pp. 67–82.
[11] I. Sabililhaq, S. Dina, M. Khatami, and C. Suryanudin, “Kepemimpinan Kepala Madrasah Era Disrupsi : Revitalisasi Nilai Religius- Interdisipliner Siswa,” vol. 5, no. 2023, pp. 11–25, 2024.
[12] M. Djakfar, “Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-nilai Religiusitas untuk Mewujudkan Ekonomi Wasathiyah yang Berkeadaban,” resented 6th Int. Conf. Islam. Econ. Business, 22 Sept. 2018, Univ. Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, pp. 1–17, 2018.
[13] K. Ilmamuna, A. Mu’ammar, and F. Hadi, “Revitalisasi Madrasah Tsanawiyah Berbasis Pesantren sebagai Penguatan Religiusitas Siswa,” vol. 10, no. 3, pp. 279–291, 2023.
[14] M. Tamrin, “Internalisasi Nilai-Nilai Islam Rahmatan lil Aalamin pada Pembelajaran al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK/ISMUBA) di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah Daerah Minoritas,” vol. 3, no. 1, pp. 22–38, 2020.
[15] S. Mohammad Subhan, Metodologi Penelitian Kualitatif, Pertama. Malang: PT Literasi Nusantara Abadi Grup, 2023.
[16] A. Sutono, “Revitalisasi Prospektif Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara,” Civis, vol. X, no. 1, pp. 1–16, 2021.
[17] M. Y. Hadi, R. K. Meirani, and Minatullah, “Revitalisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Melalui Kesenian Ojhung Dan Singo Ulung Dalam Membentuk Karakter Profil Pelajar Pancasila,” | Semin. Nas. Manaj. Strateg. Pengemb. Profil Pelajar Pancasila Pada Pendidik. Anak Usia Dini dan Pendidik. Dasar, pp. 1–12, 2022.
[18] R. P. Putro, M. Rohmadi, and A. Rakhmawati, “Islamic Religiusity In Serat Wedhatama Pupuh Gambuh,” IBDA` J. Kaji. Islam dan Budaya, vol. 19, no. 2, pp. 335–350, 2021, doi: 10.24090/ibda.v19i2.4520.
[19] Al-Qur’an dan Terjemah Kementerian Republik Indonesia. .
[20] M. J. Khadavi, “Spiritual Mental Development Concept and the Implications for Students,” Halaqa Islam. Educ. J., vol. 7, no. 1, 2023, doi: 10.21070/halaqa.v7i1.1624.
[21] T. Katili, “Revitalisasi Nilai-Nilai Karakter Dalam Didik Pada Mata Pelajaran Al- Qur ’ an Hadits,” TADBIR J. Manaj. Pendidik. Islam, vol. 6, no. 2, pp. 81–101, 2018.

Article Metrics

Abstract view : 703 times
Published
2024-05-24
How to Cite
[1]
M. Khadavi, A. Syahri, N. Nuryami, and S. Supandi, “REVITALISASI NILAI RELIGIUSITAS MAHASISWA MELALUI PEMBELAJARAN AL ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN DI STAI MUHAMMADIYAH PROBOLINGGO”, alulum, vol. 11, no. 2, pp. 192-205, May 2024.