PSIKOLOGI PENDIDIKAN MENGGUNAKAN TEORI KOGNITIF DI MADRASAH IBTIDAIYAH TARBIYATUSSIBYAN KABUPATEN KARAWANG JAWA BARAT

  • Mia Musyarrofah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Iwan Hermawan Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Kasja Eki Waluyo Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: Educational Psychology, cognitive theory

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat studi kasus psikologi pendidikan yang menggunakan teori kognitif di MI Tarbiyatussibyan Kabupaten Karawang Jawa Barat. Guru dan siswa di MI Tarbiyatussibyan menjadi subjek penelitian ini. Wawancara, dokumentasi, dan observasi digunakan sebagai alat penelitian dengan pendekatan kualitatif yang didokumentasikan secara deskriptif. Penelitian ini dilakukan berdasarkan temuan penelitian. Hal ini menunjukkan bahwa hampir semua guru di MI Tarbiyatussibyan telah menerapkan teori kognitif sejak awal berdirinya sekolah tersebut. Seperti halnya instruktur yang menjelaskan di depan kelas dan menulis abjad dan angka di papan tulis, ketika proses pembelajaran dimulai, siswa menulis di buku masing-masing di bawah instruksi dan model guru. Para siswa menyerahkan buku catatan mereka kepada guru. Penerapan teori kognitif ini pada Madrasah Ibtidaiyah sangat tepat dan efektif dalam pembelajaran, menurut penulis. Saat proses pembelajaran dimulai, siswa yang mengikuti pembelajaran cukup bersemangat dan aktif di dalam kelas. Kata kunci: Teori Kognitif; Studi Kasus Psikologi Pendidikan pada Penerapan Teori Kognitif. implikasi dari penelitian ini adalah: 1) Peningkatan metode pengajaran, 2) Penyusunan kurikulum menjadi relevan, 3) Peningkatan kualitas guru sesuai kompetensi, 4) Melakukan pengembangan materi akan lebih variatif dan menarik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] UUSPN, Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional.
[2] A. A. Musyaffa, A. Khalik, S. Asiah, and I. Idris, Kapita Selekta Pendidikan (Dari Makna Sampai Analisis). .
[3] M. S. Supandi, “IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PAI BERBASIS NILAI ISLAMI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL MAHASISWA DI UNIVERSITAS ISLAM MADURA,” J. Imiyaz, vol. 8, no. 1, 2024, [Online]. Available: https://jurnal.staim-probolinggo.ac.id/Imtiyaz/article/view/1126.
[4] S. S. Muafi Muafi, Supandi Supandi, “EFEKTIVITAS METODE TAMRINUL MUSABAQOH TILAWATIL KITAB (TMTK) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR MEMBACA KITAB KUNING DI MADRASAH ALIYAH DINIYAH PUTRA PONDOK PESANTREN MIFTAHUL ULUM BETTET PAMEKASAN,” AHSANA MEDIA J. Pemikiran, Pendidik. dan Penelit. Ke-Islaman, vol. 9, no. 2, pp. 125–134, 2023, [Online]. Available: https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=jkE146oAAAAJ&sortby=pubdate&citation_for_view=jkE146oAAAAJ:4JMBOYKVnBMC.
[5] L. Belakang, “Belajar adalah (,” pp. 1–11, 2012.
[6] S. Mohammad Subhan, Metodologi Penelitian Kualitatif, Pertama. Malang: PT Literasi Nusantara Abadi Grup, 2023.
[7] L. J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2018.
[8] Susilo Pradoko, Paradigma Metode Peneltian Kualitatif. Yogyakarta: PT Permata Pustaka, 2017.
[9] Sahir, Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. 2022.
[10] Ahmadi dan Supriyono, Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.
[11] N. Ulwiyah, “Landasan Psikologi Dan Aktualisasinya Dalam Pendidikan Islam,” J. Stud. Islam, vol. 6, no. April, pp. 1–24, 2015.
[12] WS Wingkkel, Psikologi Pendidikan. Jakarta: Gramedia, 1996.
[13] Sutatro, “Teori Kognatif 5,” Islam. Couns., vol. 1, no. 02, pp. 1–26, 2017.

Article Metrics

Abstract view : 348 times
Published
2024-05-24
How to Cite
[1]
M. Musyarrofah, I. Hermawan, and K. Waluyo, “PSIKOLOGI PENDIDIKAN MENGGUNAKAN TEORI KOGNITIF DI MADRASAH IBTIDAIYAH TARBIYATUSSIBYAN KABUPATEN KARAWANG JAWA BARAT”, alulum, vol. 11, no. 2, pp. 173-181, May 2024.