PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI APLIKASI ZOOM MEETING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING PADA PEMBELAJARAN PAI VIII DI SMPN 3 KARANG BAHAGIA BEKASI
Abstract
Masa pandemi covid-19 menyebabkan interaksi manusia dibatasi, sehingga berdampak pada sirkulasi Pendidikan, aktivitas kegiatan pembelajaran harus dilakukan secara daring dan berimplikasi kepada minat dan kualitas belajar siswa, oleh karena itu perlu untuk diperhatikan secara serius ketersampaian materi ajar kepada para siswa tetap terjaga secara kualitas. Dalam dunia Pendidikan, aplikasi zoom could meeting merupakan aplikasi media pembelajaran daring yang dijadikaa solusi altertanatif pada saat pembelajaran daring dilakukan. Aplikasi ini juga telah digunakan di sekolah dan Lembaga lain untuk memudahkan menyampaikan informasi, karena aplikasi ini bisa bertatap muka walaupun secara virtual, hal ini menjadi alasan ketertarikan peneliti untuk melakukan kajian tentang ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan informannya adalah orang-orang yang dianggap memiliki pengetahuan dan berhubungan dengan tema penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan aplikasi ini sudah baik. Pembelajaran disampaikan melalui aplikasi ini mendapatkan respon yang baik oleh siswa sehingga minat belajar yang diperoleh siswa juga baik karena dengan adanya pembelajaran online. Selain itu, siswa lebih mandiri dalam mencari pengetahuan dan pengalaman belajar, siswa lebih aktif dalam proses pencarian ilmu pengetahuan. implikasi dari penelitian ini adalah: 1) berimplikasi secara akademik, 2) berimplikasi kepada kurikuler, 3) berimplikasi pada upgrading metodologis, 4) berimplikasi kepada sosial dan kultural.
Downloads
References
[2] Achu, “pengembangan minat belajar dalam pembelajaran,” Iarah J. Manaj. Pendidik., vol. 1, no. 1, p. 1, 2019.
[3] Monica dkk, “efektivitas penggunaan aplikasi Zoom meeting sebagai media pembelajaran online pada mahasiswa,” J. ilmu Komun., vol. 1, no. 1, pp. 1630–1640, 2020.
[4] Al Qur’an dan Terjemah Kementerian Republik Indonesia. .
[5] A. K. Supandi, Moh. Subhan, “Adaptasi e-Learning dalam Pendidikan Islam: Membangun Pendekatan Kolaboratif-Inklusif Untuk Kemajuan Lembaga Madrasah & Pesantren di Madura,” Kariman, vol. 12, no. 1, pp. 120–138, 2024, doi: https://doi.org/10.52185/kariman.v12i1.410.
[6] dkk Supandi, “PERBANDINGAN METODE PENGAJARAN TRADISIONAL DAN MODERN DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: Studi di Lembaga Pendidikan Internasional ABFA Pamekasan,” Educ. Partn., vol. 3, no. 1, p. 1, 2024, [Online]. Available: https://journal.dewanpendidikanpamekasan.com/index.php/jep/article/view/83.
[7] Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.
[8] M. N. Purwanto, Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1999.
[9] Nyoman, model dan rancangan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
[10] Sadirman, interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007.
[11] Supandi, “Problematika Guru Dalam Memberikan Penguatan (Reinforcement) Mata Pelajaran PAI di MTs Al-Anwar Sanah Tengah Waru Pamekasan,” Al-Ulum J. Pemikir. dan Penelit. ke Islam., vol. 5, no. 2, pp. 23–32, 2018, doi: https://doi.org/https://doi.org/10.31102/alulum.5.2.2018.
[12] S. Robiatul Adawiyah, “Peran Orang Tua dalam Pembentukan Moral Siswa di MTs Ash-Shiddiqi Kowel Pamekasan,” Ahsana Media, vol. 10, no. 1, pp. 104–114, 2024, [Online]. Available: https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=jkE146oAAAAJ&sortby=pubdate&citation_for_view=jkE146oAAAAJ:isC4tDSrTZIC.
[13] Nuriansyah, “efektivitas penggunaan media online dalam meningkatkan hasil belajar pada mahasiswa pendidikan ekonomi saat awal pandemi covid-19,” J. Pendidik. Ekon. Indones., vol. 1, no. 1, p. 62, 2020.
Article Metrics
Copyright (c) 2024 Annisa Syafitri, Iwan Hermawan, Kasja Eki Waluyo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.