PENGARUH APLIKASI ZOOM MEET PADA MATA PELAJARAN PAI BERBASIS E-LEARNING PADA MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 KARAWANG BARAT
Abstract
Penelitian tentang e-learnning masih sangat menarik untuk diteliti dengan berbagai fenomena yang mengitarinya terutama berkaitan dengan PAI yang diterapkan di SMP Negeri 1 Karawang Barat pada saat pandemic covid-19. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan peneliti untuk memberikan gambaran tentang pengaruh penggunaan aplikasi zoom meet yang digunakan pada mapel PAI. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment dalam bentuk pretest-posttest, control group design, dengan jumlah 79 sampel. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan statistik. hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa untuk pre test kelas eksperimen sebesar 51,1, dengan standar deviasi 29,49. Rata-rata hasil belajar siswa pree tes untuk kelas kontrol sebesar 49,91 dengan standar deviasi 25,88. Untuk post tes rata-rata hasil belajar mahasiswa kelas eksperimen sebesar 73,5 dengan standar deviasi 10,89 dan rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol sebesar 76,91 dengan standar deviasi 6,4. Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI antara kelompok yang diberi perlakuan menggunakan metode konvensional dengan kelompok siswa yang diberi perlakuan dengan menggunakan E-learning pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Karawang Barat. Hasil penelitian ini dapat berimplikasi kepada: 1) Pengembangan kurikulum, 2) Pengoptimalan penggunaan teknologi, 3) Peningkatan semangat Pendidikan.
Downloads
References
[2] D. S. Munandar, M. Syah, and M. Erihadiana, “Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) Pendidikan Islam (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Negeri 1 Ciamis Jawa Barat),” JIIP - J. Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 5, no. 1, pp. 162–171, 2022, doi: 10.54371/jiip.v5i1.394.
[3] Al-Qur’an dan Terjemah Kementerian Republik Indonesia. .
[4] N. W. Iip Saripah, Nike Kamarubiani, “Peningkatkan Hasil Belajar Keaksaraan Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Transliterasi,” J. Akrab Kemendikbud, vol. 1, no. 1, pp. 46–56, 2022, [Online]. Available: file:///C:/Users/Dr. Supandi/Downloads/111-Article Text-140-1-10-20190401.pdf.
[5] S. Mohammad Subhan, Metodologi Penelitian Kualitatif, Pertama. Malang: PT Literasi Nusantara Abadi Grup, 2023.
[6] S. Arikunto, Dasar-dasar Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 1996.
[7] Kenny David A, “A quasi-experimental approach to assessing treatment effects in the nonequivalent control group design,” Amirican Psicol. Assos., vol. 82, no. 2, pp. 345–362, 1975, [Online]. Available: https://psycnet.apa.org/record/1976-26993-001.
[8] K. Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2012.
[9] M. S. Supandi, “IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PAI BERBASIS NILAI ISLAMI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL MAHASISWA DI UNIVERSITAS ISLAM MADURA,” J. Imiyaz, vol. 8, no. 1, 2024, [Online]. Available: https://jurnal.staim-probolinggo.ac.id/Imtiyaz/article/view/1126.
[10] Effendi, “PERLINDUNGAN SUMBERDAYA ALAM DALAM ISLAM,” Kanun J. Ilmu Huk., vol. 5, no. 1, p. 1, 2011, [Online]. Available: https://www.google.com/search?q=anjuran+islam+untuk+tidak+berlebihan+dalam+ekploitasi+alam&oq=anjuran+islam+untuk+tidak+berlebihan+dalam+ekploitasi+alam&gs_lcrp=EgZjaHJvbWUyBggAEEUYOTIJCAEQIRgKGKABMgkIAhAhGAoYoAHSAQkzMzQ1NWowajSoAgCwAgA&sourceid=chrome&ie.
[11] Effendi, Pendidikan Islam Transformatif ala K.H Abdurrahman Wahid. Surabaya: Surabaya Press, 2018.
Article Metrics
Copyright (c) 2024 Evi Meida, Achmad Junaedi Sitika, Ceceng Syarief
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.