Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Video Dengan Videoscribe Untuk Mengoptimalisasi Pembelajaran Berbasis 4.0

  • Muh. Rijalul Akbar STKIP Taman Siswa Bima
  • Arif Rahman Hakim STKIP TAMAN SISWA BIMA
  • Abd. Haris STKIP Taman Siswa Bima
Keywords: Media Pembelajaran, Media Video, Videoscribe

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk mengatasi masalah kurangnya motivasi anak pada pembelajaran yang dialami oleh SDN 14 Kota Bima. Belum meratanya pengetahuan dan keterampilan guru dalam bidang teknologi pembelajaran. Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran menarik berbasis video menggunakan Videoscribe. Videoscribe dipilih karena mudah dipelajari dan digunakan. Kegiatan pelatihan ini menggunakan beberapa metode, meliputi: ceramah, demonstrasi, latihan/praktik, pendampingan, dan tanya jawab. Materi dalam pelatihan ini, meliputi: Pembelajaran 4.0, media video, manfaat media video, videoscribe, demonstrasi dan praktik cara membuat media video dengan videoscibe.Hasil kegiatan ini terdiri dari: (1) Peningkatan pengetahuan dan kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran berbasis video; (2) Produk media pembelajaran berbasis video dengan menggunakan videoscribe; (3) Pubilkasi kegiatan pada media masa; dan (4) Video kegiatan. Secara keseluruhan kegiatan ini sangat diperlukan oleh guru. Hal tersebut untuk mengimbangi kemampuan guru dengan indsutri 4.0. Produk pelatihan ini diunggah pada media sosial (facebook atau instagram) atau pada Youtube.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, Azhar. 2015. Media Pembelajaran. Revisi. Jakarta: Rajawali Pers.

Rizaldi, Odhi. 2019. “10 Media sosial ini paling banyak digunakan oleh orang Indonesia.” https://www.brilio.net/creator/10-media-sosial-ini-paling-banyak-digunakan-oleh-orang-indonesia-e5e00f.html# (November 22, 2019).

Yahya, Muhammad. 2018. Era Industri 4.0: Tantangan dan Peluang Perkembangan Pendidikan Kejuruan Indonesia. Makassar. http://eprints.unm.ac.id/6456/1/ERA INDUSTRI 4.0- TANTANGAN DAN PELUANG PERKEMBANGAN PENDIDIKAN KEJURUAN INDONESIA .pdf.

Article Metrics

Abstract view : 616 times
Published
2020-11-30
How to Cite
Akbar, M., Hakim, A., & Haris, A. (2020). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Video Dengan Videoscribe Untuk Mengoptimalisasi Pembelajaran Berbasis 4.0. Darmabakti : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 51-57. https://doi.org/10.31102/darmabakti.2020.1.2.51-57