Workshop Penguatan Penerapan Model Project Based Learning Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SDN Inpres Lewidewa
Abstract
Model project based learning (PjBL) merupakan salah satu model pembelajaran yang dianjurkan untuk diterapkan dalam implementasi kurikulum merdeka. Namun kenyataannya, penerapan model tersebut masih minim diterapkan oleh guru di sekolah mitra. Penyebabnya adalah minimnya keterampilan guru dalam menerapkan model PjBL dalam proses pembelajaran. Tujuan kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan guru dalam menerapkan model PjBL yang sesuai dengan sintaks pembelajaran dan prinsip-prinsip kurikulum merdeka. Sekolah yang menjadi mitra sasaran dalam kegiatan ini yaitu SDN inpres Lewidewa dengan jumlah guru yang mengikuti kegiatan sebanyak 16 guru. Metode pelaksanaan kegiatan yaitu metode workshop. Hasil kegiatan menunjukkan secara keseluruhan terdapat peningkatan keterampilan guru dalam menerapkan model PjBL sesuai tahapan sintaks pembelajaran sebesar ±75 % pada kategori “Baik”, sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini mampu meningkatkan keterampilan guru dalam menerapkan model PjBL yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah mitra.
Downloads
References
Hairunisa & Hakim, A. R. (2019). Studi Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi PGSD Pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPA. Seminar Nasional Taman Siswa Bima. Hal. 142-146
https://doi.org/10.59923/galaxy.v1i1.140
Hakim, A. R. (2024). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Galaxy: Jurnal pendidikan MIPA dan Teknologi, 1(1), 1-6.
Hakim, A. R., & Hairunisa, H. (2022). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Dalam Pembelajaran Tematik di SDN Inpres Lewidewa. Madaniya, 3(3), 606-613.
https://doi.org/10.53696/27214834.254
Hasmiati, H., Fawzani, N., & Muhlis, W. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Untuk Mengembangkan Kreativitas Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 14(2), 348-360.
https://doi.org/10.21009/jpd.v14i2.41555
I. W. Widiana, I. M. Tegeh, and I. W. Artanayasa. (2021). The project-based assessment learning model that impacts learning achievement and nationalism attitudes, Cakrawala Pendidik, 40(2), 389–401
https://doi.org/10.21831/cp.v40i2.38427
Ilham, M., Hakim, A., R. & Ahyar. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK
Melalui Model Project Based Learning. Jurnal Terapan Sains dan Teknologi, 6 (2), 164-172.
https://doi.org/10.21067/jtst.v6i2.10358
Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. 1, 80–86.
https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174
M. Epifania, H. Hero, and M. H. D. Bunga. (2020) Analisis Pemahaman Guru dalam Menerapkan Model Project Based Learning (PjBL) di SD Katolik 143 Bhaktyarsa, Jurnal Nagalalang Prima Education, 2(1), 1–7
Pratiwi, E. T., & Setyaningtyas, E. W. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Basicedu, 4(2), 379– 388.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.362
Rais, M. (2020). Project Based Leraning: Inovasi Pembelajaran yang Berorientasi Soft Skills. Seminar Nasional Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Fakultas Teknik UNESA tahun 2020.
Rizkasari, E. ., Rahman, I. H. ., & Aji, P. T. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreativitas Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 14514–14520.
https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4726
Ruslan, Fauziah, T., & Alawiyah, T. (2020). Kendala Guru dalam Menerapkan Penilaian Autentik Di SD Kabupaten Pidie. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 6(1), 147-157
Sari, E. A., & Utami, R. W. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN 1 Sindangrasa. Jurnal Intisabi, 1(1), 41–49.
https://doi.org/10.61580/itsb.v1i1.5
Setiawan, L., Wardani, N. S., & Permana, T. I. (2021). Peningkatan kreativitas siswa pada pembelajaran tematik menggunakan pendekatan project-based learning. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 8(1), 163–171.
https://doi.org/10.21831/jppfa.v8i2.40574
Sulisyowati, (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dan Permasalahannya. Jurnal Mimbar Pendidikan, 3(1), 78-85
Trisnawati, W. W., & Sari, A. K. (2019). Integrasi Keterampilan Abad 21 dalam Modul Sociolinguistics: Keterampilan 4C (Collaboration, Communication, Critical Thinking, Dan Creativity). Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 455–466.
https://doi.org/10.52060/mp.v4i2.179
Ulya, C., & Sukmawati, N. (2023). Problematika Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 8 Surakarta. Jurnal Sinestesia, 13(2), 1116–1126. https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/448
Widiyatmoko, A & Pamelasari, S.D. (2022). Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Mengembangkan Alat Peraga IPA dengan Memanfaaatkan Bahan Bekas Pakai. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(1), 51-56
Y. Yusriani, M. Arsyad, and K. Arafah. (2020). Kesulitan Guru dalam Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Pelajaran Fisika di SMA Negeri Kota Makassar. Prosiding Seminar Nasional Fisika, 2(1), 138–141
http://103.76.50.195/semnasfisika/article/view/14378