Pelatihan Penyusunan LKPD Berbasis Literasi Numerasi Menggunakan Model PjBL Untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Di SDN Sondosia

  • Anis Hairunisa STKIP Taman Siswa Bima
  • Arif Rahman Hakim STKIP Taman Siswa Bima
Keywords: LKPD Literasi Numerasi Model PjBL Profil Pelajar Pancasila

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini berawal dari permasalahan yang dialami oleh sekolah mitra berupa pengembangan dan penggunaan bahan ajar khususnya LKPD yang masih belum maksimal dan penerapan model pembelajaran efektif dan inovatif yang masih minim sehingga berpengaruh pada kualitas proses pembelajaran di sekolah tersebut. Tujuan dari kegiatan pelatihan ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan guru dalam menyusun bahan ajar berupa LKPD berbasis literasi numerasi yang terintegrasi dengan model pembelajaran efektif yakni PjBL. Kegiatan ini dilaksanakan dengan menggunakan metode pelatihan dan pendampingan pada 12 orang guru di SDN Sondosia sebagai peserta kegiatan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan guru-guru dalam menyusun LKPD berbasis literasi numerasi dengan menggunakan model PjBL dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 2,67 dengan persentase 66,75 % pada kategori cukup baik. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan pelatihan ini dapat meningkatkan keterampilan guru dari sebelumnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdi, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas 5 SD. Kalam Cendekia, 6 (4), 6-15
Hairunisa, H., Arif Rahman Hakim, & Nurjumiati, N. (2019). Studi Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Kreativitas Mahasiswa Program Studi PGSD Pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPA. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 9 (2), 93-96.
Hakim, A., Hairunisa, H., & Abd. Haris, A. H. 2021. PENGARUH PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA. Gravity Edu: Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Fisika, 4 (2), 10 – 13
Hakim, A. R., & Hairunisa, H. (2022). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Dalam Pembelajaran Tematik di SDN Inpres Lewidewa. Madaniya, 3 (3), 606-613.
Istianah, A., Mazid, S., & Susanti, R. (2021). Integrasi Nilai-nilai Pancasila untuk Membangun Karakter Pelajar Pancasila di Lingkungan Kampus. Jurnal Gatranusantara, 19(1), 62–70
Nugraha, D., & Octavianah, D. (2020). Diskursus literasi abad 21 di indonesia. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1), 107-126
Pangesti, F. T. P. (2018). Menumbuhkembangkan literasi numerasi pada pembelajaran matematika dengan soal HOTS. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 5(9), 566-575.
Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625.
Sari, D.N., Sutikno., Masturi. 2015. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kreativitas Siswa Melalui Elektroskop Sederhana. Prosiding Seminar Nasional Fisika.
Zaidah, A. (2021). Analisa Kemampuan Literasi Numerasi dan Self-Efficacy Siswa Madrasah dalam Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(7), 300-310.

Article Metrics

Abstract view : 90 times
Published
2024-04-01
How to Cite
Hairunisa, A., & Hakim, A. (2024). Pelatihan Penyusunan LKPD Berbasis Literasi Numerasi Menggunakan Model PjBL Untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Di SDN Sondosia. Darmabakti : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(01), 15-21. https://doi.org/10.31102/darmabakti.2024.5.01.15-21