Peningkatan Keterampilan Guru SDN Sondosia Dalam Menyusun LKPD Berbasis Model Project Based Learning
Abstract
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam menyusun LKPD berbasis Project Based Learning (PjBL). Model PjBL dipilih karena dapat mendorong keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran melalui proyek nyata yang menstimulasi kreativitas, keterampilan problem solving, dan kerja sama. Sekolah yang menjadi sasaran dalam kegiatan ini yaitu SDN Sondosia dengan jumlah peserta kegiatan sebanyak 14 guru. Kegiatan ini dilaksanakan melalui pelatihan yang dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam serta teknik penyusunan LKPD yang sesuai dengan sintaks model PjBL. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan keterampilan guru dalam menyusun LKPD berbasis PjBL yang ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata kemampuan yang diperoleh guru sebelum dan sesudah pelaksanaan kegiatan dengan persentase peningkatan sebesar 62,50% pada kategori cukup. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini berhasil mencapai tujuannya dan diharapkan dapat berkontribusi pada peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah dasar.
Downloads
References
dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Kelas V Sekolah Dasar. FONDATIA: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 200 – 210.
Anggriani, R., Hakim, A. R., & Hairunisa, H. (2024). Pengembangan LKPD Berbasis Literasi Numerasi Menggunakan Model PjBL dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDN Inpres Muku. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(1), 101–110. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i1.438
Bangun, M. (2022). LITERASI DIGITAL BERBASIS PENDIDIKAN: TEORI, PRAKTEK DAN PENERAPANNYA. PT. Global Eksekuitif Teknologi: Padang, Sumatera Barat
Hadijah. (2021). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik berbasis Project
Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal of Elemary School (JOES). 4(2), 127 – 135.
Hairunisa & Hakim, A. R. (2019). Studi Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi PGSD Pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPA. Seminar Nasional Taman Siswa Bima. Hal. 142-146
Hairunisa, H., Arif Rahman Hakim, & Nurjumiati, N. (2019). Studi Pengaruh Model
Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Kreativitas Mahasiswa Program Studi PGSD Pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPA. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 9(2), 93-96.
https://doi.org/10.37630/jpm.v9i2.190
Hairunisa, A., & Hakim, A. (2024). Pelatihan Penyusunan LKPD Berbasis Literasi Numerasi Menggunakan Model PjBL Untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Di SDN Sondosia. Darmabakti : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(01), 15-21.
https://doi.org/10.31102/darmabakti.2024.5.01.15-21
Hakim, A., Hairunisa, H., & Abd. Haris, A. H. (2021). PENGARUH PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA. Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Fisika, 4(2), 10 - 13. https://doi.org/10.33627/ge.v4i2.650
Hakim, A. R., & Hairunisa, H. (2022). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Dalam Pembelajaran Tematik di SDN Inpres Lewidewa. Madaniya, 3(3), 606-613. https://doi.org/10.53696/27214834.254
Hakim, A. R., Hairunisa, H., & Zuriatin, Z. (2022). Workshop Pembuatan Media Audio Visual Berbasis Project Based Learning (Pjbl) Pada Guru-Guru SDN Inpres Lewidewa. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Masyarakat (SENIAS), 6(1), 37-41
Hakim, A. R., Hairunisa, Muh. Rijalul Akbar. (2023). Sosialisasi Penggunaan Model Project Based Learning dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di SDN Sondosia. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (SENIAS) Universitas Islam Madura, 7(1), 107-111
Hakim, A. R. (2024). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Galaxy: Jurnal pendidikan MIPA dan Teknologi, 1 (1), 1-6.
https://doi.org/10.59923/galaxy.v1i1.140
Ilham, M., Hakim, A., R. & Ahyar. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK
Melalui Model Project Based Learning. Jurnal Terapan Sains dan Teknologi, 6 (2), 164-172.
https://doi.org/10.21067/jtst.v6i2.10358
Lismidarni, Susri & Yohandri. (2020). Efektivitas Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Project Based Learning Berbantuan Aplikasi Tracker dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Kinematika Gerak. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Fisika. 6(2). 97 – 102.
Radiansyah, Jannah, F., Sari, R., Azizah, N., Puspita, P. M., & Zefri, M. (2023). Pengoptimalan kompetensi guru dalam pembuatan LKPD berbasis HOTS. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 4(2), 479–487.
https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i2.20576
Rais, M. (2020). Project Based Leraning: Inovasi Pembelajaran yang Berorientasi Soft Skills. Seminar Nasional Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Fakultas Teknik UNESA tahun 2020.
Rizkasari, E. ., Rahman, I. H. ., & Aji, P. T. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreativitas Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 14514–14520. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4726
Safaruddin, S., Ibrahim, N., Juhaeni, J., Harmilawati, H., & Qadrianti, L. (2020). The effect of project-based learning assisted by electronic media on learning motivation and science process skills. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 1(1), 22–29.
https://doi.org/10.46843/jiecr.v1i1.5
Santoso, A. M., Primandiri, P. R., Zubaidah, S., & Amin, M. (2021). The development of students’ worksheets using project based learning (PjBL) in improving higher order thinking skills (HOTs) and time management skills of students. Journal of Physics: Conference Series, 1806(1), 012173.
https://doi.org/10.1088/1742-6596/1806/1/012173
Sari, E. A., & Utami, R. W. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning
(PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN 1 Sindangrasa. Jurnal
Intisabi, 1(1), 41–49.
https://doi.org/10.61580/itsb.v1i1.5
Widiyatmoko, A & Pamelasari, S.D. (2022). Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Mengembangkan Alat Peraga IPA dengan Memanfaaatkan Bahan Bekas Pakai. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(1), 51-56
Wulandari, N., Patta, R., & Kadir, A. (2021). Analisis kreativitas guru kelas dalam menyusun Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) mata pelajaran Matematika masa pandemi Covid-19. Jurnal Perseda, IV(2), 120–127.