PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER: Kajian Literatur Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah
Abstract
Penelitian ini membahas peran guru PAI dalam membentuk karakter siswa di lingkungan sekolah. guru PAI mempunyai tugas yang berat dalam membentuk karakter siswa yang sesuai dengan ajaran dan norma agama Islam, kenakalan remaja dan peningkatan semangat belajar tanggung jawab dan tugas guru dalam membentuk siswa yang berkarakter, Inilah alasan peneliti mendalami dan mengadakan penelitian ini. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis analisis literatur atau kajian Pustaka yang kemudian data diperkuat dengan data wawancara dengan guru PAI yang berhasil peneliti temui di lapangan, penelitian ini mengungkapkan bagaimana guru Pendidikan Agama Islam memiliki peran sentral dalam pembentukan nilai-nilai moral, etika, dan akhlak siswa. Guru tidak hanya menyampaikan pelajaran agama, tetapi juga berfungsi sebagai teladan, pembimbing, dan penginspirasi siswa. Hasil penelitian ini menyoroti metode dan strategi yang digunakan oleh guru untuk membentuk karakter siswa, serta tantangan dan kendala yang dihadapi dalam mengembangkan pembinaan karakter. Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi para pendidik, pengambil kebijakan, dan praktisi pendidikan untuk memahami peran berharga guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk generasi muda yang memiliki karakter kokoh dan etika yang baik di masa depan. implikasi penelitian adalah: 1) Peningkatan aksesibilitas dan penggunaan perpustakaan, 2) Pengembangan koleksi yang relevan dan diversifikasi, 3) Penggunaan teknologi dalam pengembangan perpustakaan.
Downloads
References
[2] untung M. Sahibudin, Supandi, Faruq, “Madrasah Committee: Implementation of ‘Merdeka Belajar’ and The Progress of Islamic Education in Pamekasan,” Tadris, vol. 19, no. 1, pp. 1–10, 2024.
[3] S. Mohammad Subhan, Metodologi Penelitian Kualitatif, Pertama. Malang: PT Literasi Nusantara Abadi Grup, 2023.
[4] Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2014.
[5] Samani dan M Haryanto, Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2013.
[6] A. S. Irwanto, Pendidikan Karakter. Bandung: Pustaka Setia, 2013.
[7] S. Heni Listiana, “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam Moderat di Madrasah,” J. al-Ulum, vol. 7, no. 2, p. 20, 2020.
[8] Widyastuti dan Fauzan, Pengembangan Karakter Peserta Didik Melalui Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Deepublish, 2020.
[9] Komariah dan Mulyatiningsih, Pendidikan Karakter Peserta Didik melalui Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Erlangga, 2018.
[10] M. Supandi, “PRILAKU KEBERAGAMAAN KELOMPOK JAMAAH TABLIGH DI KOTA GERBANG SALAM ( Studi tentang perilaku social dan dakwah keagamaan di Kabupaten Pamekasan ),” vol. 7, no. 2, pp. 243–256, 2020.
[11] K. S, Pendidikan Karakter Berbasi Pendidikan Agama Islam. Surabaya: Rajawali Press, 2018.
[12] Suyanto dan Asmi, model pembentukan karakter peserta didik dalam perspektif guru PAI. Yogyakarta: Arruz Media, 2020.
[13] Zuhairini A, pendidikan agama Islam dan pendidikan karakter. Jakarta: PT Rajawali Press, 2019.
[14] Aziz A, strategi pendidikan karakter dalam pendidikan agama Islam. Bandung: PT Refika aditama, 2019.
[15] A. Supandi, “PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA AKHLAK BAGI SISWA MADRASAH ALIYAH NOER FADILAH SUMBER PANJALIN AKKOR PALENGAAN PAMEKASAN,” J. Educ. Partn., vol. 2, no. 2, pp. 87–98, 2023, [Online]. Available: https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=jkE146oAAAAJ&sortby=pubdate&citation_for_view=jkE146oAAAAJ:j3f4tGmQtD8C.
[16] S. Robiatul Adawiyah, “Peran Orang Tua dalam Pembentukan Moral Siswa di MTs Ash-Shiddiqi Kowel Pamekasan,” Ahsana Media, vol. 10, no. 1, pp. 104–114, 2024, [Online]. Available: https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=jkE146oAAAAJ&sortby=pubdate&citation_for_view=jkE146oAAAAJ:isC4tDSrTZIC.
[17] S. Supandi, F. Hamid, M. Musayyadah, M. Sahibudin, and M. Wardi, “Pengembangan Media Pembelajaran Smart Bag untuk Keaksaraan (Arab dan Latin) Awal pada Anak TK,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 6, no. 6, pp. 5850–5862, 2022, doi: 10.31004/obsesi.v6i6.3203.
Article Metrics
Copyright (c) 2024 Rieza Hardiyan Rahman, Ajad Rukajad, Khalid Ramdhani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.