KINERJA PENGAWAS DALAM MELAKSANAKAN SUPERVISI PENDIDIKAN DI MADRASAH(Studi Evaluasi pendidikan Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Indramayu)
Abstract
Penelitian tentang kinerja pengawas dalam melaksanakan kegiatan supervisi pendidikan akademik di Madrasah dalam melaksanakan tugas kepengawasan serta untuk merumuskan cara pemecahan masalah kinerja pengawas. Adapun rumusan masalah yang ingin dibahas adalah 1) apakah pengawas Madrasah telah membuat rencana program kepengawasan tahunan, rencana program kepengawasan manajerial, rencana program kepengawasan akademik sesuai dengan program kerja pengawas, 2) apakah pengawas telah melaksanakan tugas kepengawasan sesuai dengan rencana, 3) apakah pengawas telah mengevaluasi dan menyusun laporan hasil kepengawasan sesuai dengan tujuan pedoman yang telah ditentukan 4) apakah pengawas dalam menindaklanjuti hasil temuannya sesuai dengan kebutuhan madrasah/ guru serta menerapkan metode yang tepat dalam setiap pemecahan masalah. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, sumber data dalam kegiatan penelitian ini adalah para pengawas yang ada dilingkungan MTsN 4 Indramayu dalam melakukan kegiatan pengawasan dan supervisi. Teknik pengumpulan datanya adalah interview atau wawancara, observasi dan analisis data dokumentasi. Hasil penelitian penujukkan bahwa kinerja pengawas madrasah dalam melaksanakan kegiatan pengawasan Pendidikan adalah secara keseluhan adalah baik. Sedangkan implikasinya adalah masyarakat dapat mengetahui secara komperhensip terhadap kinerja kepada madrasah tersebut.
Downloads
Article Metrics
Copyright (c) 2023 Fiqih Amrullah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.