Penerapan Metode Kohonen Som Dalam Pengenalan Karakter Seseorang Melalui Bentuk Bibir

  • Dian Fitriani Universitas Islam Madura
  • Faisol Faisol Universitas Islam Madura
  • Tony Yulianto Universitas Islam Madura
Keywords: Bibir, Karakter, Kohonen SOM, PCA

Abstract

Karakter adalah kebiasaan yang dilakukan secara berulang-ulang serta bisa mencirikan seseorang. Dalam prosesnya, pengenalan karakter bisa dikenali melalui beberapa hal salah satunya dari instrumen di wajah, karena wajah bisa mengekspresikan perasaan seseorang, salah satu instrumen wajah yang bisa dikenali yaitu dilihat dari bentuk bibir, karena bibir berhubungan dengan kemampuan komunikasi. Sehingga dalam penelitian ini dikhususkan pada pengenalan karakter bentuk bibir. Pengenalan karakter dari bentuk bibir disini menggunakan jaringan syaraf tiruan dengan metode Kohonen SOM. Adapun metode Kohonen SOM tidak dapat dilakukan secara langsung karena bentuk bibir diubah dari bentuk citra diekstraksi menggunakan PCA untuk bisa dilakukan proses pengolahan menggunakan Kohonen SOM. Dari hasil penelitian ini dilakukan Pada citra 20 mahasiswa, yang sesuai dengan bibir jenis ke-1 tidak ada, jenis ke-2 ada 3 mahasiswa, jenis ke-3 ada 7 mahasiswa, jenis ke-4 ada 3 mahasiswa, jenis ke-5 ada 2 mahasiswa, dan jenis ke-6 ada 5 mahasiswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adrian, W. (2012). Analisa Dan Implementasi Metode Kohonen Newral Network Untuk Pengenalan Karakter Huruf Arab.
Dewi, K. (2015). Cara cepat membaca wajah. Jakarta: PT. Ufuk publishing house.
Fiqhi, Z. B., Isnanto, R. R., & Somantri, M. (2015). Pengenalan Tanda Tangan Menggunakan Analisis Komponen Utama(Principal Component Analysis) Dan Metode Jaringan Syaraf Tiruan Perambatan Balik. Semarang: Jurusan Teknik Elektro, Universitas Diponegoro Semarang.
Hardiansyah, B. (2015). Pengenalan Ekspresi Wajah Menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan Kohonen Self Organizing Maps. Dalam Skripsi. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.
Irawan, I. M. (2004). Exploratory Data Analysis dengan JST-Kohonen SOM Struktur Tingkat Kesejahteraan daerah Tk II se Jawa Timur. Yogyakarta: SENATI Seminar Nasional.
Juliasmi, T., Kartina, D. K., & Nugroho, E. S. (2012). Aplikasi pengenalan karakter manusia melalui bentuk bagian wajah menggunakan metode Backpropagation. Jurnal teknik informatika .
Kusumaningsih, i. (2009). Ekstraksi Ciri Warna Bentuk Dan Tekstur Untuk Temu Kembali Citra Hewan. Dalam Skripsi (hal. 1). Bogor: Depertemen Ilmu Komputer Fakultas MIPA Institut Pertanian Bogor.
Maylawati, D. s. (2010). Pengenalan karakter manusia melalui bentuk wajah dengan metode backpropagation jaringan syaraf tiruan. jurnall universitas pendidikan Indonesia .
Mu'min, A. (2015). how are you 2. jakarta: penebar swadaya grup.
Prasetyo, D. S. (2013). Membaca Wajah Orang. Jogja: Diva Press.
Pratama, Y. (2015). 1 menit bisa membaca wajah, pikiran, dan karakter orang lain. Yogyakarta: Real books.
Primanita, A., & Anggraini, D. R. (2015). Pengenalan Wajah Menggunakan Principal Component Analysis Dan Self Organizing Maps. Seminar Nasional Tekhnologi Informasi Dan Komunikasi , 465-466.
Siang, J. J. (2005). Jaringan syaraf tiruan dan pemrogramannya menggunakan Matlab. Yogyakarta: Andi.
Tickle, N. R. (2015). Cara cepat membaca wajah. jakarta: Change.

Article Metrics

Abstract view : 647 times
Published
2017-11-22
How to Cite
Fitriani, D., Faisol, F., & Yulianto, T. (2017). Penerapan Metode Kohonen Som Dalam Pengenalan Karakter Seseorang Melalui Bentuk Bibir. Zeta - Math Journal, 3(2), 52-58. https://doi.org/10.31102/zeta.2017.3.2.52-58
Section
Articles