Peramalan HIV Menggunakan Interpolasi Lagrange

  • Tony Yulianto Universitas Islam Madura
  • Nur Ita Ulfaniyah Universitas Islam Madura
  • Rica Amalia Universitas Islam Madura
Keywords: HIV, Interpolasi Lagrange, Metode Numerik, Peramalan

Abstract

HIV atau human immunodeficiency virus adalah sejenis virus yang menyerang sel darah putih yang menyebabkan turunnya kekebalan tubuh manusia. Atau HIV merupakan retrovirus yang menjangkiti sel-sel sistem kekebalan tubuh manusia (terutama CD4 positive T-sel dan macrophages– komponen-komponen utama sistem kekebalan sel), dan menghancurkan atau mengganggu fungsinya. Infeksi virus ini mengakibatkan terjadinya penurunan sistem kekebalan yang terus-menerus, yang akan mengakibatkan defisiensi kekebalan tubuh, sehingga diperlukan penanganan untuk mengatasi permasalahan HIV yang muncul. Dalam penelitian ini lebih difokuskan pada peramalan jumlah penderita HIV tiap tahunnya, sehingga apabila terjadi peningkatan akan bisa segera ditangani. Dalam penelitian ini menggunakan metode interpolasi lagrange dalam meramalkan jumlah penderita HIV. Dari penelitian ini, setelah diperoleh model peramalan HIV, maka diramalkan penderita HIV setelah tahun 2014 mengalami peningkatan. Pada tahun 2016 diprediksi jumlah penderita HIV sebanyak 14.601.962 jiwa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Krisnawati. (2007). Implementasi Interpolasi Lagrange Untuk Prediksi Nilai Data Berpasangan Dengan Menggunakan Matlab. Seminar Nasional Teknologi 2007 (SNT 2007) (pp. 1-7). Yogyakarta: STMIK AMIKOM Yogyakarta.
Munir, R. (2003). Metode Numerik Edisi Kedua. Bandung: Informatika Bandung.
Nurachmah, E., & Mustikasari. (2009, Desember). Faktor Pencegahan HIV/AIDS Akibat Perilaku Berisiko Tertular Pada Siswa SLTP. Makara Kesehatan , 63-68.
Purnomo, K. I., Murti, B., & Suriyasa, P. (2013). Perbandingan Pengaruh Metode Pendidikan Sebaya Dan Metode Ceramah Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Pengendalian HIV/AIDS Pada Mahasiswa Fakultas Olahraga Dan Kesehatan Universitas Pendidikan Ganesha. Magister Kedokteran Keluarga , 49-56.
Pusat Data Dan Informasi Kementrian Kesehatan RI. (2014). Situasi dan Analisis HIV AIDS. Jakarta Selatan: Kementrian Kesehatan RI.
UNICEF Indonesia. (2012, Oktober). Ringkasan Kajian Respon Terhadap HIV Dan AIDS. pp. 1-6.

Article Metrics

Abstract view : 1576 times
Published
2016-05-13
How to Cite
Yulianto, T., Ulfaniyah, N., & Amalia, R. (2016). Peramalan HIV Menggunakan Interpolasi Lagrange. Zeta - Math Journal, 2(1), 18-21. https://doi.org/10.31102/zeta.2016.2.1.18-21
Section
Articles