Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA

  • El-Indahnia Kamariyah Universitas Islam Madura
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT, Model Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar Siswa

Abstract

  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran TGT terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran fisika sub pokok bahasan tekanan hidrostatis kelas XI IPA SMA Miftahul Ulum Al-Baidowi Pamolaan Camplong Sampang. Berdasarkan nilai rata-rata hasil belajar siswa terdapat perbedaan antara kelompok eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan kelompok kontrol dengan model pembelajaran konvensional yaitu 76,2 dan 51,6. Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai perhitungan thitung sebesar 10,25 sedangkan nilai ttabel dengan taraf signifikansi 0,01 adalah 2,660, karena nilai  thitung  >  ttabel maka hipotesis dalam penelitian ini diterima. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan model pembelajaran konvensional sebagai pembanding. Persentase hasil analisis pengamatan ranah afektif dan psikomotorik belajar siswa menyatakan bahwa rata-rata persentase afektif dan psikomotorik belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT yaitu 77,3% dan 81,1%, lebih baik dibandingkan dengan afektif dan psikomotorik belajar siswa dengan model pembelajaran konvensional yaitu 51,5% dan 49,6%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA di SMA Miftahul Ulum Al-Baidowi Pamolaan Camplong Sampang pada sub pokok bahasan tekanan hidrostatis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mulyasa. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Sebuah Panduan Praktis, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Purwati, dkk. 2013. Implementasi Teams Games Tournament Berbasis Percobaan Fisika Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif dan Hasil Belajar Peserta Didik. Universitas Negeri Semarang.
Slavin, Robert E. 2008. Cooperative Learning Teori, Riset dan Paktik. Bandung: Nusa Media.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Article Metrics

Abstract view : 130 times
Published
2016-06-30
How to Cite
Kamariyah, E.-I. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. Wacana Didaktika, 4(1), 78-83. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.4.1.78-83
Section
Articles