Pembelajaran Fiksi Menggunakan Media Scrapbook Pada Siswa Sekolah Dasar

  • Johana Kristantie Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang
  • Kamidjan Kamidjan Universitas Negeri Surabaya
  • Ratih Asmarani Universitas Hasyim Asy’Ari Tebuireng Jombang
Keywords: Keywords: Learning, fiction, media, scrapbook.

Abstract

The problem experienced in this study is the lack of learning resources used by teachers as a medium for learning fiction at the elementary school level. The purpose of this study is to describe the learning process, and student learning outcomes in fiction learning using scrapbook media for students in primary schools. The use of this research method is descriptive qualitative, because it is to provide a picture of actual events regarding the conditions that occur in fiction learning using scrapbook media. The learning process data were analyzed descriptively qualitatively and learning outcomes were analyzed quantitatively. Obtaining learning outcomes from pre-test scores in learning I gained an average of 67 with a percentage of 51.90%, and learning II obtained an average of 64 with a percentage of 46.20%. Meanwhile, the posttest learning outcomes in learning I gained an average of 86 with a percentage of 92.30%, and learning II obtained an average of 88 with a percentage of 92.30%. Based on research data that has been done it can be seen that, scrapbook media can be used as an appropriate source of learning in fiction learning in elementary schools.
Keywords: Fiction,Learning, media, scrapbook.
Abstrak: Permasalahan yang dialami dalam penelitian ini adalah kurangnya sumber belajar yang digunakan oleh guru sebagai media pada pembelajaran fiksi di jenjang sSekolah dDasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan proses pembelajaran, dan hasil belajar siswa pada pembelajaran fiksi menggunakan media scrapbook pada siswa di sSekolah dDasar. Penggunaan metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, karena untuk memberikan gambaran kejadian secara aktual mengenai kondisi yang terjadi pada pembelajaran fiksi menggunakan media scrapbook. Data proses pembelajaran dianalisis secara deskriptif kualitatif dan hasil belajar dianalisis secara kuantitatif. Pemerolehan hasil belajar dari nilai preetest pada pembelajaran I memperoleh rata-rata 67 dengan prosentase 51,90%, dan pembelajaran II memperoleh rata-rata 64 dengan prosentase 46,20%. Sedangkan, nilai hasil belajar posttest pada pembelajaran I memperoleh rata-rata 86 dengan prosentase 92,30%, dan pembelajaran II memperoleh rata-rata 88 dengan prosentase 92,30%. Berdasarkan data penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa, media scrapbook dapat dijadikan sumber belajar yang tepat pada pembelajaran fiksi di sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Tabany, T. I. B. (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: PT. Kharisma Putri Utama.

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Bungin, B. (2006). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.

Damayanti, M., & Zuhdi, U. (2017). Pengaruh Media Scrapbook (Buku Tempel) Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Keragaman Rumah Adat di Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar. JPGSD, 5(3), 803–812.

Dewi, T. K., & Yuliana, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Materi Karangan Deskripsi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1), 19–25. https://doi.org/10.24176/re.v9i1.2804

Fadillah, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Pada Materi Tema Pahlawanku Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. (Skripsi). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Fitriani, S. (2013). Penggunaan Media Scrapbook (Buku Tempel dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Novel Remaja (Penelitian Eksperimen terhadap Siswa Kelas VIII-6 SMPN 16 Bandung Tahun Ajaran 2012/2013. (Skripsi). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis. London: Sage Publications.

Puspitasari, N., Purnamasari, I., & Saputra, H. J. (2018). Keefektifan Media Scrapbook Melalui Model Student Teams Achievement Division Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar IPS. International Journal of Elementary Education, 2(4), 373–379.

Sam’s, R. H. (2010). Model Penelitian Tindakan Kelas: Teknik Bermain Kontruktif Untuk Peningkatan Hasil Belajar Matematika. Yogyakarta: Teras.

Sari, L. P. (2017). Pengembangan Media Scrapbook dalam Pembelajaran Fisika pada Materi Tata Surya (skripsi). Bandar Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan.

Shoimin, A. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Trianto. (2010). Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Article Metrics

Abstract view : 296 times
Published
2019-06-30
How to Cite
Kristantie, J., Kamidjan, K., & Asmarani, R. (2019). Pembelajaran Fiksi Menggunakan Media Scrapbook Pada Siswa Sekolah Dasar. Wacana Didaktika, 7(01), 58-71. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.7.01.58-71
Section
Articles