Penerapan Media Card Dance dalam Pembelajaran Seni Tari Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang

  • Ratih Asmarani Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
  • Emy Yunita Rahma Pratiwi Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
Keywords: card dance, media pembelajaran, penerapan, mahasiswa

Abstract

This study examines card dance as one of the alternative media for learning dance to be applied to the level of higher education in Indonesia, especially in the Primary School Teacher Education study program as the main user. The purpose of this study was to explain the process of implementing media card dance in learning dance in PGSD 5th semester students. This study used descriptive qualitative research methods, because this research describes the process of applying media card dance in dance learning. Data was collected by using participatory observation methods and field trials that were used to determine the usefulness of the product. The results of data from observations and interviews were analyzed descriptively qualitatively and from student questionnaires were analyzed quantitatively. The results, total score of first  trial was 1297 by average and percentage 81.8%. The second trial was 1430 by average 79.4 and percentage 90.2%.  It can be concluded that the second trial data shows a high / significant result rather than the results on the first trial, after repairs or revisions were made. Based on the previous research, it can be concluded that the media is appropriate to help students in the process of cultural introduction that would be applied in the process of learning art in elementary schools.

Keywords: card dance, learning media, application, students

Abstrak: Penelitian ini mengkaji tentang card dance sebagai salah satu alternatif media pembelajaran seni tari  untuk diterapkan pada jenjang pendidikan tinggi di Indonesia terutama pada prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar sebagai pengguna utama. Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan proses implementasi media card dance dalam pembelajaran seni tari pada mahasiswa prodi PGSD semester 5. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskritif kualitatif, karena penelitian ini mendeskripsikan proses penerapan media card dance dalam pembelajaran seni tari. Untuk pemerolehan data penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode observasi partisipasif dan uji coba lapangan yang digunakan untuk mengetahui kebermanfaatan dari produk. Hasil data dari observasi dan wawancara dianalisis secara deskriptif kualitatif dan hasil data dari angket mahasiswa dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Total skor perolehan pada uji coba I sebesar 1297 dengan rata-rata 72 dan prosentase 81.8% sedangkan uji coba II sebesar 1430 dengan rata-rata 79.4 dan prosentase 90.2%. Dapat disimpulkan bahwa data uji coba kedua ini menunjukkan hasil yang tinggi/ signifikan dari pada hasil di uji coba pertama, setelah dilakukan perbaikan atau revisi. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, maka dapat disimpulkan jika media ini tepat untuk membantu mahasiswa dalam proses pengenalan budaya untuk nantinya dijadikan bekal dan diterapkan dalam proses pembelajaran seni di Sekolah Dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andartika, S. D. (2017). Pengembangan Kartu Bergambar Sebagai Media Pembelajaran Ornamen Nusantara Bagi Kelas VII SMPN 2 Muntilan. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Aprinurani, W. F. (2013). Peningkatan Hasil Pembelajaran Seni Tari Melalui Media Gambar Dan Video Dalam Metode Examples Non Examples Pada Siswa Kelas VIII B di SMP Negeri 1 Manisrenggo Klaten. Skripsi Tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Ariyani, D. (2015). Pembelajaran Seni Budaya Pada Materi Apresiasi Seni Tari Dengan Menggunakan Media Gambar di Kelas VIII SMPN 11 Banda Aceh. Skripsi Dionlinekan. Univerrsitas Syiah Kuala.

Arnita, A. (2017). Inovasi Metode dan Media dalam Pembelajaran Seni Di Sekolah. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(1), 44–51. https://doi.org/10.29210/114800

Cresswell, J. W. (2010). Research Design : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dahar, R. W. (1991). Teori-teori Belajar. Bandung: Erlangga.

Sadiman, A. (2009). Media Pendidi-kan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.

Article Metrics

Abstract view : 456 times
Published
2018-12-28
How to Cite
Asmarani, R., & Pratiwi, E. Y. (2018). Penerapan Media Card Dance dalam Pembelajaran Seni Tari Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang. Wacana Didaktika, 6(02), 207-215. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.6.02.207-215