Pengaruh Model Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa KelaS X Putri MA Miftahul Ulum Bettet Pamekasan

  • Moch. Haikal Universitas Islam Madura
  • Badriyatul Khoiriyah Universitas Islam Madura
  • Lukluk Ibana Universitas Islam Madura
  • Akhmad Fathir Universitas Islam Madura
Keywords: Activity, Cognitive learning outcomes, Problem-Based Learning

Abstract

This study aims to determine the significant effect of the Problem Based Learning learning model on the activeness and cognitive learning outcomes of students of class X MA Putri Miftahul Ulum Bettet Pamekasan. This research is a quantitative research that uses a quasi-experimental research design with a non-equivalent pretest-posttest control group design. The sample of this research is class X IPS H as control class and X IPS G as experimental class. The mean control class activity score is M=45.7 and SD=6.36. The mean experimental class activity score is M=46.3 and SD=7.89. The results of the Kruskal-Wallis test showed that different learning models did not have a significant effect on student activity (χ²(1)=0.00836, p<0.001). The mean of control class learning outcomes is M=94.1 and SD=2.72. The mean of experimental class learning outcomes M=93.2 and SD=3.00. The results of the Linear Mixed Effects test showed that different learning methods did not have a significant effect on critical thinking skills (LRT(2)=4.86; p=0.088). The results of this study indicate that 1) there is no significant effect of the PBL learning model on the learning outcomes of class X students at MA Miftahul Ulum Bettet Pamekasan; 2) there is no significant effect of the PBL learning model on the activity of class X students at MA Miftahul Ulum Bettet.

Keywords: Activity, Cognitive learning outcomes, Problem-Based Learning

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mngidentifikasi adanya pengaruh signifikan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap keaktifan dan hasil belajar kognitif siswa kelas X MA Putri Miftahul Ulum Bettet Pamekasan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan design penelitian quasi eksperimen dengan rancangan non-equivalent pretest-posttest control group design. Sampel penelitian ini adalah kelas X IPS H sebagai kelas kontrol dan X IPS G sebagai kelas eksperimen. Rerata skor keaktifan kelas Kontrol M=45,7 dan SD=6,36. Rerata skor keaktifan kelas Eksperimen M=46,3 dan SD=7,89. Hasil uji Kruskal-Wallis menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran yang berbeda tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keaktifan siswa (χ²(1)=0,00836, nilai p<0,001). Rerata hasil belajar kelas Kontrol M=94,1 dan SD=2,72. Rerata hasil belajar kelas Eksperimen M=93,2 dan SD=3,00. Hasil uji Linear Mixed Effects menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran yang berbeda tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis (LRT(2)=4,86; p=0,088). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) tidak ada pengaruh signifikan model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar siswa kelas X di MA Miftahul Ulum Bettet Pamekasan; 2) tidak ada pengaruh signifikan model pembelajaran PBL terhadap keaktifan siswa kelas X di MA Miftahul Ulum Bettet.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y. (2016). Revitalisasi Penilaian Pembelajaran Dalam Konteks Pendidikan Multiliterasi Abad Ke-21. Bandung: Refika Aditama

Destalia, L., Suratno, & Sulifah, A. H. (2017). Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Melalui Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dengan Metode Esperimen Pada Materi Pencemaran Lingkungan, FKIP Universitas Jember, Jurnal Pancaran, 3(4), 213-224.

Dewi, S., Sumarmi, S., & Amirudin, A. (2016). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan keaktifan dan keterampilan social siswakelas X SMA Negeri 4 Palu X IPA 5. JurnalPendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(3), 281–288.

Fauzan, Maarut, Abdul Gami, Muhammad Syukri. (2017). Penerapan model Problem Based Learning pada pembelajaaran materi tata surya untuk mengkatkan hasil belajar siswa. Volume 05. No 1.Diakses dari jurnal Fauzan .Volume 5.

Fitri. (2016). Penerapan Model PBL Pada Pelajaran Biologi Untuk Meningkatkan Kompetensi Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Kerangka Berpikir SMA Negeri 19 Bandung tahun pelajaran 2014/2015.Diakses dari jurnal Fitri.Volume 1.No 1. Diakses dari jurnal Fitri. Volume 1.

Maula, M.M., Prihatin, J., Fikri, K. 2017. Pengaruh Model PjBL (Project- Based- Learning) Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif dan Hasil Belajar Pada Materi Pengelolaan Lingkungan .Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember (UNEJ).

Oktadifani, L. S. (2016). Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran pendidikan. 5(2). (http://id. portalgaruda.org/? ref=browse&mod= viewarticle&article=478750, diakses 25 Juni 2018).

Pratama, A. T. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Menggunakan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Biologi Di Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Biolokus, 1(2), 71-76. http://dx.doi.org/10.30821/biolokus.v1i2.372

Rerung, N., Iriwi, L. S., Sri, W. W. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Pada Materi Usaha Dan Energi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Al-Biruni, 6(1), 47 55.https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v6i1.59

Supiandi,M.I. (2018) Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Biologi SMA. Jurnal Pendidikan Sains Vol. 4 No. 2, Juni 2016, Hal 60–64

Tanjung I. F. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dan Strategi Pembelajaran GroupInvestigation (GI) Terhadap Hasil Belajar siswa Pada Materi Respirasi Tumbuhan Biologi UIN Sumatera Utara, Jurnal Biolokus Vol:2 No.1. 167-168.

Wulan, P., Hasruddin, & Tumiur, G. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Investigasi Kelompok Terhadap Kemampuan Berpikit Kritis Materi Keanekaragaman Hayati Siswa SA Budisatrya Medan, Jurnal Tabularasa PPs UNIMED, 14(3),217-224.

Yusri, A.Y.(2018) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terahadap Kemampuan Memecahkan Masalah siswa kelas X di SMA Negri Pangkajene. Jurnal Mosharafa,7(1),51-62.

Article Metrics

Abstract view : 176 times
Published
2022-06-30
How to Cite
Haikal, M., Khoiriyah, B., Ibana, L., & Fathir, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa KelaS X Putri MA Miftahul Ulum Bettet Pamekasan. Wacana Didaktika, 10(01), 1-8. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.10.1.1-8
Section
Articles