PENGGUNAAN MEDIA POPUP BOOK UNTUK INOVASI PEMBELAJARAN DIFABEL DI SD PLUS ANNUR ASSALAFFY KEJAYAN PASURUAN

  • Nailur Rohmania Universitas Yudharta Pasuruan
  • Achmad Makruf Universitas Yudharta Pasuruan
  • Muhammada Muhammad Universitas Yudharta Pasuruan
Keywords: Media, popup book, difabel

Abstract

Pendidikan inklusif di Indonesia menghadapi berbagai tantangan termasuk keterbatasan menjadi pembelajaran yang sesuai bagi anak-anak difabel. Penelitian ini berfokus pada penggunaan media popup book sebagai inovasi pembelajaran di SD Plus Annur Assalafy untuk meningkatkan kualitas pendidikan bagi anak-anak difabel. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif yang menggunakan pengumpulan data melalui observasi, Wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penggunaan media popup book memiliki dampak yang positif dan signifikan termasuk peningkatan motivasi belajar dan keterampilan verbal serta nonverbal.  Media ini juga dapat meningkatkan partisipasi aktif dalam kelas dan menjadikan proses belajar lebih interaktif dan dinamis dan juga memberikan kontribusi dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan efektif.  Pada dasarnya penemuan ini akan memberikan rekomendasi praktis bagi lembaga pendidikan lain di seluruh Indonesia untuk memperkuat pendidikan inklusif dan juga dapat membantu anak-anak yang difabel. Penelitian mengenai penggunaan popup book sebagai inovasi pembelajaran difabel di SD Plus Annur Assalafy Kejayan Pasuruan memiliki implikasi yang luas, baik bagi dunia pendidikan, khususnya pendidikan inklusif, maupun bagi perkembangan anak berkebutuhan khusus. implikasi Penelitian ini dapat menginspirasi pendidik untuk mengembangkan inovasi pembelajaran menarik dan efektif. penelitian dapat menjadi dasar dalam pengembangan kurikulum inklusif yang lebih responsif terhadap kebutuhan belajar. Penelitian ini dapat berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan inklusif di Indonesia, khususnya dalam hal penyediaan media pembelajaran yang sesuai dan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] W. Afifah and S. Hadi, “PENGATURAN HAK PENDIDIKAN DISABILITAS (sebagai persiapan penerapan teknologi berkemanusiaan),” Prosiding SEMATEKSOS 3"Strategi Pembangunan Nasional Menghadapi Revolusi Industri 4.0", 2018.
[2] N. Fitriyah and Muhammada, “PEMBENTUKAN KARAKTER IDIOLOGI MODERAT DI PESANTREN NGALAH PURWOSARI PASURUAN,” AL MURABBI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, vol. 4, no. 2, 2019.
[3] D. S. Laksana and D. A. Saputro, “PENTINGNYA MEDIA PEMBELAJARAN BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS,” Inclusive: Journal of Special Education, vol. 2, no. 1, 2016.
[4] R. Setiyanigrum, “Media Pop-Up Book sebagai Media Pembelajaran Pascapandemi Covid-19,” k untuk Menghadapi Pembelajaran Era Pascapandemi Covid-19. P, 2019.
[5] I. Ramadhanti and I. N. Herawati, “IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF DI SEKOLAH DASAR,” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, vol. 9, no. 2, 2024.
[6] N. A. Izzah and D. Setiawan, “Penggunaan Media Pop Up Book sebagai Media Belajar yang Menyenangkan di Rumah Dalam Inovasi Pembelajaran SD Kelas Rendah ,” Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Ilmu Pendidikan, vol. 2, no. 3, 2023.
[7] P. H. Kiriwenno, J. L. Lokolo, and R. Tutupary, “Penggunaan Media Pembelajaran Visual Dalam Pembelajaran Sosiologi Pada Siswa Penyandang Disabilitas Intelektual Kelas X di SLB Negeri Kota Ambon Kecamatan Teluk Ambon Baguala,” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, vol. 8, no. 17, pp. 646–654, 2022.
[8] S. U. Kamila and Sukartono, “Penerapan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran IPAS Materi Ayo Berkenalan Dengan Bumi Kita Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar,” Jurnal Elementaria Edukasia, vol. 6, no. 4, pp. 1–4, 2023.
[9] C. Kustandi, A. Zianadezdha, M. Farhan, and et al, “PEMANFAATAN MEDIA VISUAL DALAM TERCAPAINYA TUJUAN PEMBELAJARAN,” AKADEMIKA: Jurnal Teknologi Pendidikan, 2021.
[10] A. S. Hidayat, A. R. Erwansyah, and M. Purwacaraka, “Edukasi Terapi Bermain Dengan Metode Video Pada Anak Disabilitas Intelektual Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial,” Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 8, no. 2, 2023.
[11] T. Nurrita, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA,” Misykat, vol. 3, no. 1, 2018.
[12] S. Nurfadhillah, A. D. Ningsih, R. P. Ramadhania, and N. U. Sifa, “PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SD NEGERI KOHOD III,” PENSA : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, vol. 3, no. 2, 2021.
[13] S. Hartati, N. Aiyuda, and L. Elvitaria, “Optimalisasi Pembelajaran dengan ‘Smart Learning’ Untuk Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi,” DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 7, no. 4, 2023.
[14] Chrisdina, “KOMUNIKASI NON-VERBAL PADA REMAJA BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM MENARIK PERHATIAN LAWAN JENIS,” Jurnal Makna, vol. 3, no. 2, 2018.
[15] R. Hanum, “MENGEMBANGKAN KOMUNIKASI YANG EFEKTIF PADA ANAK USIA DINI,” Jurnal UIN Ar-Raniry, vol. 3, no. 1, 2017.
[16] P. A. Wulandari, A. A. Salsabila, K. Cahyani, and et al, “Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar,” Journal on Education, vol. 5, no. 2, 2023.

Article Metrics

Abstract view : 165 times
Published
2024-09-25
How to Cite
[1]
N. Rohmania, A. Makruf, and M. Muhammad, “PENGGUNAAN MEDIA POPUP BOOK UNTUK INOVASI PEMBELAJARAN DIFABEL DI SD PLUS ANNUR ASSALAFFY KEJAYAN PASURUAN”, alulum, vol. 11, no. 4, pp. 389-396, Sep. 2024.