PENGEMBANGAN E-BOOK “NADA BUKHU” (Nabi Adam Dan Buah Khuldi) Berbasis Web Pada Pembelajaran PAI Kelas 1 SD di SDN Karapyak I Sumedang

  • Nita Kamelia UPI Kampus Sumedang
  • Lina Novebrianty UPI Kampus Sumedang
  • Oktavia Ramadani UPI Kampus Sumedang
  • Ani Nur Aeni UPI Kampus Sumedang
Keywords: Prophet Adam, Elementary School, PAI, E-book, Education.

Abstract

Pada era kemajuan teknologi ini, tentu dalam penggunaannya tidak bisa dihindari baik dalam kegiatan sehari-hari maupun kegiatan pembelajaran. Dengan adanya pengembangan media pembelajaran e-book “ NADA BUKHU” (Nabi Adam dan Buah Khuldi) berbasis web dapat digunakan sebagai preferensi dalam kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan hasil penelitian pada siswa kelas 1 SD Negeri Karapyak 1, Sumedang. Didapatkan hasil bahwa kemampuan siswa dalam memahami materi dapat meningkat, serta membuat siswa terpusatkan perhatiannya pada materi dikarenakan adanya desain maupun gambar yang menarik. Tujuan dari pembuatan dan pengembangan media pembelajaran e-book “NADA BUKHU” adalah membantu guru dan siswa untuk mengefektifkan kegiatan pembelajaran dan membuat suasana kelas menjadi kondusif serta interaktif. Metode yang digunakan dalam mengembangkan media tersebut adalah Design and Development (D&D) dan hasil penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) siswa terbantu dalam memahami materi, 2) latihan soal dalam e-book yang interaktif, 3) penampilan e-book yang menarik bagi siswa, 4) siswa ikut aktif ketika penggunaan media pembelajaran di kelas. Adapun implikasi dari kegiatan penelitian ini diantaranya adalah: 1) meningkatkan aksebilitas materi pembelajaran, 2) memanfaatkan teknologi dalam kegiatan pembelajaran, 3) Berikan dukungan terhadap pengajaran tematik di sekolah dasar. 4) memb pengembangan literasi digital dan kompetensi teknologi. 5) melakukan kegiatan evaluasi terhadap peningkatan konten belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] A Nur Aeni dkk, “PENGGUNAAN KODAS (KOMIK DIGITAL ANAK SHOLEH) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PAI SD PADA MATERI DAKWAH,” J. Ilm. Pendidik. Madrasah Ibtidaiyah, vol. 7, no. 3, p. 1, 2023, doi: 10.35931/am.v7i2.2121.
[2] A. Hamzah, Metode Penelitian Kepustakaan Library Risearch. Malang: Literasi Nusantara, 2020.
[3] A. D. Devi and S. Andrean, “Implementasi Pendekatan Teologis Normatif Dalam Pluralisme Beragama Di Indonesia,” TA’LIM J. Stud. Pendidik. Islam, vol. 4, no. 1, pp. 60–73, 2021, doi: 10.52166/talim.v4i1.2193.
[4] dkk Supandi, “PERBANDINGAN METODE PENGAJARAN TRADISIONAL DAN MODERN DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: Studi di Lembaga Pendidikan Internasional ABFA Pamekasan,” Educ. Partn., vol. 3, no. 1, p. 1, 2024, [Online]. Available: https://journal.dewanpendidikanpamekasan.com/index.php/jep/article/view/83.
[5] dkk Supandi, “Adaptasi e-Learning dalam Pendidikan Islam:: Membangun Pendekatan Kolaboratif-Inklusif Untuk Kemajuan Lembaga Madrasah & Pesantren di Madura,” Kariman, vol. 12, no. 1, p. 1, 2024, [Online]. Available: https://www.jurnal.inkadha.ac.id/index.php/kariman/article/view/410.
[6] S. Mohammad Subhan, Metodologi Penelitian Kualitatif, Pertama. Malang: PT Literasi Nusantara Abadi Grup, 2023.
[7] E. J. Merriam, S.B. & Tisdell, Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation. San Francisco: Jossey-Bass, 2016.
[8] A. Adrian, A. D. Oktrifa, Z. R. Jannah, and A. N. Aeni, “Pengaplikasian E-Book dalam Memperkenalkan Nabi Ulul Azmi kepada Siswa Sekolah Dasar,” Al Qalam J. Ilm. Keagamaan dan Kemasyarakatan, vol. 16, no. 5, pp. 1674–1688, 2022.
[9] NA. Aeni MR dkk, “Pengembangan E-Book KITANA (Kisah Keteladanan Nabi) untuk Meningkatkan Sikap Keteladanan Peserta Didik Sekolah Dasar,” J. Inov. Pendidik. dan pembelajaran Sekol. dasar, vol. 7, no. 1, p. 1, 2023, doi: 10.24036/jippsd.v7i1.
[10] F. Rahmali, “Pengembangan E-Book Interaktif ‘Walson’ Sebagai Media Mengenalkan Kebudayaan Islam Kepada Siswa Kelas 4 SD,” etal, 2023. .
[11] SR Juniati, “Pengembangan E-Book SAREHAT (Sabar Rendah Hati) sebagai Media Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar Tentang Keteladanan Nabi Muhammad SAW,” website, 2023. .
[12] Hanikah, “Penggunaan Media Interaktif Berbasis Ebook di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 6, no. 4, p. 1, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i4.3503.
[13] A. Malombasi dkk, “Efektivitas Penerapan Buku Sekolah Elektronik dalam Meningkatkan Prestasi Belajar PAI SD Inpres Belaka Kabupaten Gowa,” J. Ilm. multidisiplin, vol. 2, no. 4, p. 1, 2023.

Article Metrics

Abstract view : 42 times
Published
2024-07-24
How to Cite
[1]
N. Kamelia, L. Novebrianty, O. Ramadani, and A. Aeni, “PENGEMBANGAN E-BOOK ‘NADA BUKHU’ (Nabi Adam Dan Buah Khuldi) Berbasis Web Pada Pembelajaran PAI Kelas 1 SD di SDN Karapyak I Sumedang”, alulum, vol. 11, no. 3, pp. 321-334, Jul. 2024.