KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MELAKSANAKAN TUGAS PENGAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19

  • Lala Miediyana Uluwiyah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Slamet Sholeh Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: PAI teacher creativity, teaching, covid-19 pandemic

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui lebih jelas mengenai kreativitas para guru Pendidikan Agama Islam dalam mengajar di masa pandemic covid-19, hal ini menjadi salah satu alasan peneliti untuk melakukan kajian dan penelitian secara mendalam terkait dengan kreativitas guru PAI dalam melaksanak tugas pengajaran pada masa covid-19 tersebut. Adapun metode yang digunakan dalam kegiatan penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologis. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, obervasi dan analisis data dokumentasi, sementara sumber data dalam hal ini adalah para guru PAI yang berhasil peneliti temui di lapangan saat peneliti melakukan penelitian. Dan hasil penelitian penunjukkan bahwa guru PAI mempunyai berbagai kreativitas untuk menciptakan proses mengajar yaitu dengan mengirimkan cerita-cerita pendek dan bergambar, dengan bantuan internet, laptop, instragram, whatsApp, aplikasi zoom meeting dan lain sebagainya, dan guru PAI pun menggunakan berbagai metode agar peserta didik tidak merasa jenuh yaitu metode projectsbased learning sangat penting karena efektif diterapkan untuk para pelajar dengan membentuk kelompok belajar kecil. Metode daring adalah pembelajaran yang satu ini dilakukan secara tatap muka dengan memperhatikan zonasi dan protocol kesehatan metode ini siswa akan diajar secara bergiliran (shift model). Implikasi dari penelitian ini adalah: 1) kreativitas guru PAI semakin meningkat, 2) guru semakin giat untuk suksesnya kegiatan pembelajaran, 3) siswa ditunutu untuk lebih terampil dalam mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode yang baru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] dkk Supandi, “PERBANDINGAN METODE PENGAJARAN TRADISIONAL DAN MODERN DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: Studi di Lembaga Pendidikan Internasional ABFA Pamekasan,” Educ. Partn., vol. 3, no. 1, p. 1, 2024, [Online]. Available: https://journal.dewanpendidikanpamekasan.com/index.php/jep/article/view/83.
[2] dkk Suryadi, Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakrta: Deepublish, 2018.
[3] dkk Ais, komunikasi efektif di masa pandemi covid-19. Jakarta: Makood Publishing, 2002.
[4] K. A. RI, Al-Qur’an dan Terjemah. Jakarta: Kementerian Agama RI, 2000.
[5] dkk Supandi, “IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PAI BERBASIS NILAI ISLAMI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL MAHASISWA DI UNIVERSITAS ISLAM MADURA,” IMTIYAZ, vol. 8, no. 1, p. 1, 2024, [Online]. Available: https://jurnal.staim-probolinggo.ac.id/Imtiyaz/article/view/1126.
[6] S. Mohammad Subhan, Metodologi Penelitian Kualitatif, Pertama. Malang: PT Literasi Nusantara Abadi Grup, 2023.
[7] Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2014.
[8] Norman K. Denzin dan Yvonna S. Lincoln, Handbook Of Qualitative Research, diterjemahkan oleh Dariyatno dkk. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.
[9] D. S. Munandar, M. Syah, and M. Erihadiana, “Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) Pendidikan Islam (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Negeri 1 Ciamis Jawa Barat),” JIIP - J. Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 5, no. 1, pp. 162–171, 2022, doi: 10.54371/jiip.v5i1.394.
[10] dkk Riyanti, kreativitas dan inovasi di tempat kerja. Jakarta: UKIPress, 2019.
[11] HAR Tilaar, Multikulturalisme:tantangan-tantangan Global Masa Depan dalam Tranformasi Pendidikan nasional. Jakarta: Grasindo, 2004.
[12] dkk Supandi, “Enhancing the Welfare of Non-Permanent Teachers in the Sumenep Islands: The Imperative for Regional Regulations,” AL-ISHLAH J. Pendidik., vol. 16, no. 2, p. 1, 2024, [Online]. Available: https://www.journal.staihubbulwathan.id/index.php/alishlah/article/view/5182.
[13] dkk Supandi, “REVITALISASI NILAI RELIGIUSITAS MAHASISWA MELALUI PEMBELAJARAN AL ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN DI STAI MUHAMMADIYAH PROBOLINGGO,” al Ulum, vol. 11, no. 2, p. 1, 2024, [Online]. Available: https://journal.uim.ac.id/index.php/alulum/article/view/2471.
[14] dkk Supandi, “Adaptasi e-Learning dalam Pendidikan Islam:: Membangun Pendekatan Kolaboratif-Inklusif Untuk Kemajuan Lembaga Madrasah & Pesantren di Madura,” Kariman, vol. 12, no. 1, p. 1, 2024, [Online]. Available: https://www.jurnal.inkadha.ac.id/index.php/kariman/article/view/410.
[15] Sutiah, pengembangan kurikulum PAI: teori dan aplikasi. Sidoarjo: Nizamia Learnning, 2017.
[16] dkk Supandi, “Pemberdayaan Komite Sekolah dan Madrasah Untuk Kemajuan Lembaga Pendidikan Melalui Sharing Program Dewan Pendidikan di Pamekasan,” J. Masy. Merdeka, vol. 5, no. 2, p. 1, 2024.
[17] P. Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa, 2010.

Article Metrics

Abstract view : 33 times
Published
2024-07-24
How to Cite
[1]
L. Uluwiyah and S. Sholeh, “KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MELAKSANAKAN TUGAS PENGAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19”, alulum, vol. 11, no. 3, pp. 294-308, Jul. 2024.