STRATEGI MADRASAH RISET DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI RISET SISWA: (Studi Kasus Madrasah Aliyah Negeri 2 Kudus)
Abstract
Madrasah Aliyah Negeri 2 Kudus merupakan salah satu lembaga pendidikan tingkat menengah atas yang memiliki kapasitas untuk menyelenggarakan program riset. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya fasilitas, sumber daya, dan pendidik yang terlatih untuk melakukan penelitian yang mendalam dan relevan. Program riset yang menarik ini juga menjadi salah satu keunggulan tersendiri bagi MAN 2 Kudus. Diakuinya MAN 2 Kudus sebagai madrasah penyelenggara program riset direalisasikan oleh fakta di lapangan dengan banyaknya siswa berprestasi di bidang riset. Adanya siswa berprestasi tentu melibatkan peran suatu madrasah dalam strategi pendidikannya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi yang dilakukan madrasah dalam upaya meningkatkan potensi riset yang telah dimiliki siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan deskriptif kualitatif dengan instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi MAN 2 Kudus sebagai madrasah riset dalam mengembangkan potensi riset yang telah dimiliki siswa yaitu dengan: 1) memberi pengenalan riset pada siswa saat kegiatan awal masuk madrasah, 2) pemberian materi riset pada jam intrakurikuler, 3) menerapkan 5 sub divisi bidang riset dan 4) memiliki kerja sama dengan lembaga riset nasional dan Laboratorium riset ternama. Implikasi dari penelitian ini adalah: 1) Peningkatan Kesadaran akan Pentingnya Riset, 2) Pengembangan Keterampilan Riset, 3) Pengintegrasian Riset dalam Kurikulum, 4) Mendorong Kolaborasi dan Inovasi, 5) Pembentukan Masyarakat Riset.