DESAIN PEMBELAJARAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

  • Ummu Kulsum universitas islam madura
  • Moh Soheh universitas islam madura
Keywords: Desain Pembelajaran literasi GLS, Minat Baca, Pendidikan Agama Islam (PAI)

Abstract

Desain pembelajaran merupakan suatu rancangan yang perlu dipersiapkan sebagai langkah dengan menggunakan pendekatan rancangan yang dibuat unruk mengajar di kelas. Dalam hal ini dengan desain gerasan literasi sekolah sebagai proses untuk meningkatkan literasi siswa terutama literasi membaca dan menulis. Disamping itu dibuatkan rancangan tentang pelaksanaan dari literasi GLS di kelas. Rumusan dalam desain pembelajaran GLS ini adalah : (1). Bagaimana desain literasi  GLS untuk meningkatkan minat baca bagi siswa  SD pada mapel PAI? (2). Bagaimana pelaksanaan dari  literasi GLS untuk meningkatkan minat baca pada mata pelajaran PAI?. Metode yang digunakan dalam artikel ini dengan studi literatur untuk memaparkan tentang desain dan pelaksanaan dari desain pembelajaran GLS ini di Sekolah Dasar. Desain pembelajaran GLS ini terdapat tiga rancangan dan proses pelaksanaan dari desain pembelajaran GLS ada beberapa tahapan, dan dari tahapan tersebut diharapkan dapat meningkatkan minat membaca siswa sekolah dasar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Article Metrics

Abstract view : 1865 times
Published
2022-07-25
How to Cite
Kulsum, U., & Soheh, M. (2022). DESAIN PEMBELAJARAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. AHSANA MEDIA:  Jurnal Pemikiran, Pendidikan Dan Penelitian Ke-Islaman, 8(2), 232-241. https://doi.org/10.31102/ahsanamedia.8.2.2022.232-241