Hubungan Motivasi Belajar IPA, Pengetahuan Awal IPA, Dan Hasil Belajar IPA, Serta Identifikasi Perbedaan Hubungan Berdasar Perspektif Pesisir

(Studi Kasus Di SMPN 2 Saronggi)

  • Siti Aisiyah Universitas Wiraraja
  • Anik Anekawati Universitas Wiraraja
  • Nisfil Maghfiroh Meita Universitas Wiraraja
Keywords: Hasil belajar IPA, motivasi belajar, pengetahuan awal IPA, SEM

Abstract

Students of Junior High School 2 Saronggi come from coastal and non-coastal areas. The differences in the living environment will bring out a different experiences, which in turn form a diverse prior knowledge because there is a correlation between the students' experience and prior knowledge. Prior knowledge of students shows readiness to receive lessons. A student who is ready to accept learning will influence learning achievement positively. Good learning readiness results in a high of self-confidence and will focus on learning which is a characteristic of high learning motivation, therefore, it will achieve good learning achievement. The purpose of this study is to determine the relationship among learning motivation, prior knowledge, and learning achievement, and identify differences in the relationship among three variables between coastal and non-coastal students. The method in this study using experimental design One-Short Case Study, while the method of data analysis using the analysis of structural equation modeling (SEM). The results showed that there were significant correlations between the prior knowledge and learning achievement, between the prior knowledge and learning motivation, between learning motivation and learning achievement, and there was the significant difference in the relationship among learning motivation, prior knowledge and learning achievement between coastal and non-coastal students.  

Keywords: Science learning outcomes, learning motivation, science knowledge, SEM

Abstrak

Siswa SMPN 2 Saronggi berasal dari daerah pesisir dan bukan pesisir. Perbedaan lingkungan tempat tinggal akan menumbuhkan pengalaman yang berbeda, yang selanjutnya membentuk pengetahuan awal yang beragam, karena terdapat keterkaitan antara pengalaman dan pengetahuan awal siswa. Pengetahuan awal siswa menggambarkan kesiapan untuk menerima pelajaran. Siswa yang siap untuk menerima pembelajaran akan mempengaruhi hasil belajar secara positif. Kesiapan belajar yang baik memunculkan rasa percaya diri yang tinggi dan akan fokus untuk belajar yang merupakan ciri motivasi belajar tinggi, sehingga akan mencapai hasil belajar yang baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan motivasi belajar IPA, pengetahuan awal IPA, dan hasil belajar IPA, serta mengidentifikasi perbedaan hubungan ketiga variabel tersebut antara siswa pesisir dan bukan pesisir. Metode pada penelitian ini menggunakan eksperimen dengan desain One-Short Case Stud, sedangkan metode analisis data menggunakan  analisis structural equation modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara pengetahuan awal IPA dan hasil belajar IPA, antara pengetahuan awal IPA dan motivasi belajar IPA, antara motivasi belajar IPA dan hasil belajar IPA, dan terdapat perbedaan yang signifikan hubungan motivasi belajar IPA, pengetahuan awal IPA dan hasil belajar IPA antara siswa pesisir dan bukan peisisir.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Nisfil Maghfiroh Meita, Universitas Wiraraja

PGSD

References

Anekawati, A. (2012). Analisis Structural Equation Modelling Second Order dalam Mengidentifikasi Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Intelektual terhadap Prestasi Belajar”. Jurnal Statistika, 4.
Anekawati, A., Otok, B. W., & dan Sutikno, P. (2017a). “Structural Equation Modelling with Three Schemes Estimation of Score Factors on Partial Least Square (Case Study: The Quality Of Education Level SMA/MA in Sumenep Regency). Journal of Physics: Conference Series, 855(1), 012006.
Anekawati, A., Otok, B. W., & dan Sutikno, P. (2017b). Modelling of the education quality of a high schools in Sumenep Regency using spatial structural equation modelling. Journal of Physics: Conference Series, 890(1), 012094.
Handayani, V. T. (2015). Pengaruh Pengetahuan Awal, Kedisiplinan Belajar, dan Iklim Komonikasi Kelas Terhadap Hasil Belajar Produktif Akutansi Siswa Kelas XI Jurusan Akutansi SMK Negeri 3 Bangkalan. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 3(1), 91–102.
Payung, L. M., Ramadhan, A., & dan Budiarsa, I. M. (2016). Pengaruh Pengetahuan Awal, Kecerdasan Emosional, dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Parigi. E-Jurnal Mitra Sains, 4(3), 59–67.
Prianto, E. (2005). Fenomena Aktual Tema Doktoral Arsitektur dan Perkotaan. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Rahmatan, & Liliasari. (2012). “Pengetahuan Awal Calon Guru Biologi Tentang Konsep Katabolisme Karbohidrat (Respirasi Seluler). Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 91–97.
Rufaida, S., & Sujiono, E. H. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran dan Pengetahuan Awal terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA MAN 2 Model Makassar. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(2), 161–168.
Shihusa, H., & Keraro, F. N. (2009). Using Advance Organizers to Enhance Students’ Motivation in Learning Biology. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 5(4), 413–420.
Suprajaka, Poniman, A., & Hartono. (2005). “Konsep dan Model Penyusunan Tipologi Pesisir Indonesia Menggunakan Teknologi Sistem Informasi Geografi. Geografia Online TM Malaysian Journal of Society and Space, 1(1), 76–84.
Tasiwan, S. E., Nugroho, & Hartono. (2014). Analisis Tingkat Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran IPA Model Advance Organizer Berbasis Proyek. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 43–50.
Tella, A. (2007). The Impact of Motivation on Student’s Academic Achievement and Learning Outcomes in Mathematics among Secondary School Students in Nigeria. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 3(2), 149–156.
Thompson, R. A., & Zamboanga, B. L. (2004). Academic Aptitude and Prior Knowledge as Predictors of Student Achievement in Introduction to Psychology. Journal of Educational Psychology,Vol, 96(4), 778–784.

Article Metrics

Abstract view : 617 times
Published
2018-12-28
How to Cite
Aisiyah, S., Anekawati, A., & Meita, N. (2018). Hubungan Motivasi Belajar IPA, Pengetahuan Awal IPA, Dan Hasil Belajar IPA, Serta Identifikasi Perbedaan Hubungan Berdasar Perspektif Pesisir. Wacana Didaktika, 6(02), 127-139. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.6.02.127-139