Pengaruh Model Pembelajaran GI Dengan Scaffolding Terhadap Penguasaan Konsep Fisika

  • Herman Jufri Andi Universitas Islam Madura
  • Susriyana Mery Handayani Universitas Islam Madura
Keywords: Model Pembelajaran GI, Scaffolding, Penguasaan Konsep, Hukum Hooke

Abstract

Penguasaan konsep fisika siswa masih belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal, hal ini terjadi karena kurangnya pengembangan pola pikir siswa. Siswa distimulasi untuk melakukan praktikum tetapi tidak mampu memahami materi secara mendalam. Prosedur penyelesaian diberikan secara rinci dan tidak ada proses investigasi dalam menemukan konsep fisika. Penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran GI dengan scaffolding terhadap penguasaan konsep fisika dengan menggunakan Quasi Experimental Design. Intrumen perlakuan berupa Lembar Kerja Siswa yang didalamnya terdapat scaffolding dan instrumen pengukuran berupa tes penguasaan konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan dari model pembelajaran GI dengan scaffolding terhadap penguasaan konsep fisika siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adeoye, F. A. 2010. Effect of Problem Solving and Coopertaive Learning Strategies on Sen ior Secondary School Student’s Achievement in Physics, Journal of Theory and Practice in Education. (Online), 6 (1): 235-266.

Akcay, A. N. & Doymus, K. 2012. The Effects of Group Investigation and Cooperative Learning Techniques Applied in Teaching Force and Motion Subjects on Student’s Academik Achievements. Journal of Educational Sciences Research. International E Journal, 2(1): 109-123.

Anghileri, J. 2006. Scaffolding Practices that Enhance Mathematics Learning. Journal of Mathematics Teacher Education (9): 33-52.

Anderson, L & Krathwohl, D. A. 2001. Taxonomy for Learning, Teaching and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.

Arends. 2008. Learning To Teach: Belajar untuk Mengajar Edisi Ketujuh/Buku Dua. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bean, T. W. Dan Patel Stevens, L. 2002. Scaffolding Reflection for Preservice and Inservice Teachers. Reflective Practice, 3 (2), 205 – 218.

Bransford, J., BroWn, A., & Cocking, R. 2000. How People Learn:Brain, Mind, and Experience & School. Washington, DC: National Academy Press.

Feidakis, M. (2011). Emotional Scaffolding with respect to Time Factor in networkin Collaborative Learning Environments. Research Paper Series, 3, 26 – 36

Fitriana, L. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Group Investigation(GI) dan STAD Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Siswa. PROSIDING Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Matematika dan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. P(29).

Girodano, G. 1996. Literacy Programs for Adults with Developmental Disabilities. San Diego, CA: Singular Publishing Group, Inc.

Hudojo, H. 2005. Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.

Jbeili, I. 2012. The Effect of Cooperative Learning with Metacognitive Scaffolding on Mathematics Conceptual Understanding and Procedural Fluency. International Journal for Reasearch in Education. 32, 45-71.

Jensen, E. 2011. Pembelajaran Berbasis Otak Paradigma Pengajaran Baru terjemahan Benyamin Molan. Jakarta: Indeks

Kauffman, D. F. 2004. Self-regulated Learning in Web-based Environments: Instructional Tools Designed to Facilatate Cognitive Strategy Use, Metakognitive Processing, and Motivational Beliefs. Journal of Educational Computing Research, 30, 139-161.

Mamin, R. 2008. Penerapan Metode Pembelajaran scaffolding Pada Pokok Bahasan Sistem Priodik Unsur. Jurnal Chemica, Vol. 10 (2):(55-60)

Martinez, M. R. P. 2011. Clil and Coopertave Learning. Encuentro 20, pp.:109-118

Mevarech, Z., & Fridkin, S. 2006. The Effects of Improve on Mathematical Knowledge, Mathematical Reasoning and metacognition. Metacognition and Learning, I(1), 85-98.

Mitchell, S., Reilly, R., Bramwell, G., Solosky, A., & Lilly, F. (2004). Friendship and choosing group-mates: Preferences for teacher-selected vs. student-selected grouping in high school science class. Journal of Instructional Psychology Mobile, 31 (1), 20-32.

Murwani, S. 2001. Statistika Terapan. Jakarta: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Jakarta

Ogunleye, A.O. 2009. Teachers and Students Perceptions of Student’s Problem Solving Dificulties in Physics: Implications for Remidiation. Journal of College Teaching and Learning, 6(7): 85-90.

Pratiwi P. H. 2011. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Partisipasi Mahasiswa Pada Perkuliahan Struktur dan Proses Sosial. Laporan Penelitian DIPA Universitas Yogyakarta.

Raymond, E. 2000. Cognitive Characteristics. Learner with Mild Disabilities (pp.169-201). Needham Heights, MA: Allyn &Bacon, A Pearson Education Company.

Sabani. 2008. Model Pengajaran Problem Solving pada konsep Bunyi Sebagai Gelombang. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sain, 3(1); 14-16.

Schreiber, J. B. 2011. Educational Research:Interelationship of Questions, Sampling, Design, and Analysis. USA: John Wiley&Sons,INC.

Slavin, R.. E. 1995. Cooperative Learning Theory, Research, and Practice. 2nd Ed. Boston: Allyn and Bacon.

Smagorinski, P. 1995. The Social Construction of Data: Methodological Problems of Investigation Learning in TheZone of Proximal Development. Review of Educational Reasearch, 65(3), 1991-212.

Subrata, N. 2007. Pengembangan Model Pembelajran Kooperatif dan Strategi Pemecahan Maslah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII C SMP Negeri Sukadana. Jurnal Penelitian dan Pengembangan, 1(2): 135-147.

Sugiarto, B. & Fachrucah, R. E. 2012. Pengembangan Lembar Kerja Siswa pada Pembelajaran Kimia SMA Kelas XI Pokok Bahasan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi Melalui Pendekatan Scaffolding. Unesa Journal of Chemical Education. 1(1): 92-96

Sugiono. 2007. Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta

Soewarsono (1998). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif. Diakses dari http://www.m-edukasi.web.id/2012/05/05Metodologi-Penelitian. dengan. html pada tanggal 28 November 2014, Jam 10.00 WIB.

Tiantong, M., & Teemuangsai, S. 2013. The Four Scaffolding Modules for Collaborative Problem-Based Learning trough the Computer N etwork on Modle LMS for the Computer Programming Course. International Education Studies, 6(5): 47-55.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Surabaya: Prestasi Pustaka.

Vygotsky, L.S. 1978. Mind ini Society: The Development of Higher. Psychological Processes. Cambridge, MA: Harvard University Press.

Article Metrics

Abstract view : 121 times
Published
2015-12-24
How to Cite
Andi, H., & Handayani, S. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran GI Dengan Scaffolding Terhadap Penguasaan Konsep Fisika. Wacana Didaktika, 3(2), 159-169. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.3.2.159-169