Efisiensi Teknis Usahatani Padi (Oryza Sativa L) Dengan Sistem Tanam Jajar Legowo di Desa Dasok Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan

  • Mohammad Shoimus Sholeh Universitas Islam Madura
Keywords: Faktor Produksi, Jajar Legowo, Efisiensi

Abstract

Program sistem tanam jajarlegowo yang memodifikasi sistem pola tanam diharapkan dapat meningkatkan produktivitas padi sehingga pendapatan petani juga meningkat. Penerapan penanaman padi dengan sistem jajar legowo harus efisien secara teknik agar mendapatkan prouksi padi maksimal dengan tingkat pengguaan faktor-faktor produksi tertentu. Dalam pembangunan pertanian, teknologi penggunaan faktor-faktor produksi memegang peranan penting karena kurang tepatnya jumlah dan kombinasi faktor produksi mengakibatkan rendahnya produksi yang dihasilkan atau tingginya biaya produksi. Maka dari itu Untuk meningkatkan produksi, penggunaan faktor-faktor produksi harus efisien dan efektif. Efisien secara teknik apabila produksi padi actual mendekati produksi potensial. Tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi produksi usahatani padi dan tingkat efisiensi teknis penerapan sistem tanam jajar legowo. Analisis yang digunakan yaitu stochastic frontier untuk menganalisis tingkat efisiensi teknis. Dari hasil analisis diperoleh faktor-faktor produksi yang berpengaruh nyata terhadap produksi usahatani padi adalah pupuk organik, pupuk kimia dan tenaga kerja. Rata-rata tingkat efisiensi teknis sebesar 0,92, berarti petani sudah mencapai produksi 92% dari potensial produksi padi dan masih terdapat 8% untuk meningkatkan produksi padi. Dengan tingkat efisiensi sebesar 0,92 diperoleh pendapatan usahatani padi sebesar Rp. 4.725.522,- dengan luasan lahan 0,367 ha dalam satu musim tanam. Hal ini menunjukkan bahwa petani masih dapat meningkatkan pendapatan usahatani padi dengan meningkatkan efisiensi teknis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azri. 2015. Fertilizing Influence Towards Growth And Fruit Crops Of Cocoa. Journal Agros 17 (2): 222-227.

Azwir, Ridwan. 2009. Peningkatan Produktivitas Padi Sawah dengan Perbaikan Teknologi Budidaya. Akta Agrosia, Vol 12(2): 212-218.

Coelli, T.J., D.S. Prasada. Rao, and G.E. Battese. 1998. An Introduction to Efficiency and Productivity Analysis. Kluwer Academic Publishers. London

Darwanto. 2010. Analisis Efisiensi Usahatani Padi di Jawa Tengah (Penerapan Analisis Frontier). Jurnal Organisasi dan Manajemen 6(1): 46-57.

Indroyono. 2011. Analisis Efisiensi Alokatif Input Usahatani Jagung (Zea mays). Skripsi Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Universitas Brawijaya. Malang.

Khairati Rusda. 2014. Perbandingan Pertumbuhan Produksi Pangan Dan Pertumbuhan Penduduk Pada Wilayah Kabupaten Di Provinsi Sumatera Barat. Jurnal KBP, Vol. 2 (1): 136-144.

Nurhidayati. Istirochah, P. Anis, S. Djuhari. Basit, A. 2008. Pertanian Organik Suatu Kajian Sistem Pertanian Terpadu dan Berkelanjutan. Universitas Islam Malang. Malang.

Nurul, Diyah, S. 2011. Analisis Pendapatan dan Efisiensi Penggunaan Faktor-Faktor Produksi yang Mempengaruhi Usahatani Padi. Ringkasan Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya. Malang.

Rahayu, Wiwit. Wida, Erlyna, R. 2010. Analisis Efisiensi Ekonomi Penggunaan Faktor-Faktor Produksi Pada Usahatani Kedelai Di Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Caraka Tani 25(1): 119-125.

Soekartawi. 2002. Analisis Usaha tani. Universitas Indonesia. Jakarta.

Yousuf, Ahmad, Kurniawan. 2012. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Efisiensi Teknis pada Usahatani Padi Lahan Pasang Surut di Kecamatan Anjir Muara Kabupaten Barito Kuala Kalimantan Selatan. Jurnal Agribisnis Perdesaan 2(1): 35-52

Article Metrics

Abstract view : 214 times
Published
2016-06-30
How to Cite
Sholeh, M. (2016). Efisiensi Teknis Usahatani Padi (Oryza Sativa L) Dengan Sistem Tanam Jajar Legowo di Desa Dasok Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan. Wacana Didaktika, 4(1), 55-64. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.4.1.55-64
Section
Articles