Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA SMP Berbasis Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Pada Materi Pemanasan Global
Abstract
This research is a development research whit the aim of developing a cooperative learning device based on the STAD (Student Teams Achievement Division) type. In this learning device, what was developed was the Learning Implementation Plan (RPP) which was equipped whit a student worksheet (LKPD). In the development of this device using the ADDIE development model. This development stage consists of analysis (analysis), design (design), development (development), implementation (implementation) and evaluation (evaluation). However, at the implementation stage, the research was not carried out due to the Covid-19 situation. The result of the development research show that the validity of the STAD cooperative-based junior high school science learning tool on global warming material gets validation results in the “very valid” category with an average score of 4,5 out of a maximum is a complete lesson plan. Whit this LKPD is already feasible to use.
Key words : Learning tools, STAD type cooperative, ADDIE, and science learning
Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan denga tujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis kooperati tipe STAD (Student Teams Achievement Division). Pada perangkat pembelajaran ini, yang kembangkan yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dilengkapi dengan lembar kerja peserta didik (LKPD). Dalam pengembangan perangkat ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Tahap pengembangan ini terdiri dari analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Akan tetapi pada tahap implementation meneliti tidak dilakukan karena terkendala keadaan covid 19. Hasil dari penelitian pengembangan menunjukkan bahwa kevalidan perangkat pembelajaran IPA SMP berbasis kooperatif tipe STAD pada materi pemanasan global mendapatkan hasil validasi dalam kategori “sangat valid” dengan skor rata-rata 4,5 dari skor maksimal 5. Sehingga perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa RPP yang lengkapi dengan LKPD ini sudah layak digunakan.
Downloads
References
Ainurrahman. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Ara, Ricky, David, Refika, & Kevin. (2021). Implementasi Model Pembelajaran KOoperatif Tipe STAD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Bunyi. 12:1. 63-70
Ariani, T. dan Duwi, A. (2018). Model Pembelajaran Student Team Achievement iviision (STAD) dan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT): Dampak Terhadap Hasil Belajar Fisika. SPEJ (Science and Physics Education Journal). 1:2. E-ISSN:2598-2567
Aziz, H.(2019). Pengembangan Bahan Ajar Siswa
Dalyono. (2015). Psikologi Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta
Danggus, G. (2020). Penerapan Pembelajaran Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajaran Materi Kesetimbangan Kimia Kelas XI MIPA. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains. 9(1). 28-36
Hamzah, A. & Muhlisrarini. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Pt Rja Grafindo Persada.
Handayani, Suci. (2019). Buku Model Pembelajaran Speaking Tipe STAD yang Interaktif Fun Game Berbasis Karakter. Ponorogo. Uwais Inspirasi Indonesia
Hendriyadi, dkk. (2014). Penerapan Pembelajaran IPA Terpadu Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Menggunakan Media Poster Pada Tema Pemanasan Global di SMP Negeri 2 Menganti Kabupaten Gersik. Jurnal Pendidikan Sains. 02:01. 117-122
http://ditsmp.kemdikbud.go.id/ipa-modul-9-pemanasan-global/
https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:ADDIE_Model_of_Design.jpg
Isjoni. (2013). Cooperative Learning Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok. Bandung: Alfabeta
Kaharuddin, A. & Liasambu, L. (2019). Penerapan Model STAD dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. 04:01.
Kunandar. (2011). Guru Profesional (Implementasi Kurikulum tingkat Satuan Pendidikan dan Sukses dalam Sertifikasi Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada
Neolaka, A. & Amialia, G, A. (2017). Landasan Pendidikan. Depok. Kencana
Priansa, D. J. (2017). Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran . Bandung: Pustaka set
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengeruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran d sekolah Dasar. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama
Tegeh, I. M., & I Made Kirna. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan Dengan Addie Model. Ejounal. Undiksa. Ac.Id, 16
Wahyudi, I. (2014). Penguatan Prose
Pembelajaran. (http://50203347.siap-sekolah.com/2014/03/27/penguatan-proses-pembelajaran/#.YwQyP-hBzIU)
Wahyuni, Sri, & Ibrahim, Abd S. (2012). Perencanaan Pembelajaran Bahasa Berkarakter. Malang: Refika Aditama
Wibowo, Rahmad, Wahyudi, & Ngatman. (2016). Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD dalam Peningkatan Pembelajaran Bangun Datar pada Siswa Kelas V SD. Kalam Cendikia PGSD Kebumen, (Online), 4(1): 1 – 7. (http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/2058)
Widoyo, Eko P. (212. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Wijaya, dkk. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Media Sosial. Jurnal Jaffray. 16:2. 175-196
Yunita Erma (2016). Pengembangan Perangkat pembelajaran Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing Topik Klasifikasi makhluk Hidup di SMP. JINOP (Jurnal Inovasi Pembelajaran). 2:1 E-ISSN 2460-0873
Article Metrics
Copyright (c) 2022 noer layli isro'iyah, Nindha Ayu Berlianti, Nur Kuswanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.