Penyuluhan Terkait Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Alat Promosi Bagi UMKM Masyarakat Desa Denwet, Kabupaten Maluku Tenggara

  • Nabila Cecilia Marasabessy Politeknik Perikanan Negeri Tual
  • Mirna Zena Tuarita Politeknik Perikanan Negeri Tual
Keywords: Penyuluhan, Media Sosial, Promosi

Abstract

Perkembangan era digitalisasi menuntut UMKM untuk mampu memanfaatkan teknologi yang ada dalam proses pemasaran produknya, salah satunya ialah pemanfaatan media sosial. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini dilaksanakan dalam 3 tahapan, (1) Perkenalan dengan masyarakat, sekaligus evaluasi awal terkait pemahaman masyarakat akan digital marketing; (2) Penyuluhan terkait pemanfaatan media sosial sebagai alat promosi; (3) Sesi tanya-jawab sekaligus evaluasi akhir terkait pemahaman masyarakat setelah dilakukannya penyuluhan. Hasil evaluasi awal terkait pemahaman pemanfaatan media sosial memperoleh nilai rata-rata sebesar 83,53%; sedangkan nilai rata-rata evaluasi akhir setelah diadakannya penyuluhan ialah sebesar 98,33%; ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan sebesar 14,8%. UMKM Masyarakat Desa Denwet hampir seluruhnya memberikan respon positif, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa kegiatan Pengabdian Masyarakat telah berhasil dilaksanakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chaffey, D., & Smith, P. R. (2013). eMarketing eXcellence: Planning and optimizing your digital marketing. Routledge.
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil dan menengah pada era masyarakat ekonomi ASEAN. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61-76.
Hamzah, R. E., & Putri, C. E. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing oleh Pelaku UMKM di Kuningan Barat Jakarta Selatan. Jurnal Pustaka Dianmas, 1(1), 12-20.
Harahap, H. S., Dewi, N. K., & Ningrum, E. P. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi UMKM. Jurnal Loyalitas Sosial, 3(2), 77-85.
Nuraini. (2018). Tingkat Kepuasan Peserta Terhadap Kualitas Pelayanan Widyaiswara Pada Diklat Tenis Substantif Publikasi Ilmiah Bagi Guru Mata Pelajaran Agama MTs Angkatan III. Andragogi Jurnal Diklat Teknis 6(1), 168-186.
Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1-17.
Selviyanti E., Febriyatna A., Agustin, F. (2023). Penyuluhan dan Pelatihan Digital Marketing Guna Memperluas Pangsa Pasar UMKM Akrab Jaya. 5th National Conference for Community Service, Th 2023. Politeknik Negeri Jember. ISSN 2986-1020.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R &D). Bandung: Alfabeta.
Tuarita, M.Z. Ohoiwutun, M.K., Marasabessy, N.C. (2023)a. Pemberdayaan Masyarakat Dengan Peningkatan Kualitas Usaha Abon Ikan di Desa Denwet, Kecamatan Kei Kecil, Kabupaten Maluku Tenggara. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Masyarakat (SENIAS) 2023 , 7(1): 156-160.
Tuarita, M.Z. Ohoiwutun, M.K., Nara, S.M., Serpara, S.A., Renur, N.M. (2023)b. Peningkatan Kemandirian Ekonomi Masyarakat Desa Namar Kabupaten Maluku Tenggara Melalui Diversifikasi Olahan Ikan Tongkol. Darmabakti: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 1-10.
Wardana, Aditya. (2018). Strategi Digital marketing Dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UKM Di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional: Forum Keuangan dan Bisnis IV, Th 2015. ISBN : 978-602-17225-4-1.

Article Metrics

Abstract view : 4 times
Published
2024-04-01
How to Cite
Marasabessy, N., & Tuarita, M. (2024). Penyuluhan Terkait Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Alat Promosi Bagi UMKM Masyarakat Desa Denwet, Kabupaten Maluku Tenggara. Darmabakti : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(01), 59-65. https://doi.org/10.31102/darmabakti.2024.5.01.59-65