MANAJEMEN KURIKULUM PESANTREN MU’ADALAH (Studi Kasus di Dirosatul Muallimin Islamiyah Pondok Pesantren Al-Hamidy Banyuanyar Palengaan Pamekasan

  • Syaiful Anam Universitas Madura
  • Marsum Marsum Universitas Madura, Indonesia
Keywords: Manajemen, Kurikulum, Pesantren Mu’adalah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Manajemen Kurikulum Pesantren Mu’adalah (Dirosatul Muallimin Islamiyah (DMI) Pondok Pesantren Al-Hamidy Banyuanyar Palengaan Pamekasan), Pendektan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Kualitatif dengan rancangan studi kasus, Sumber data yang diperoleh melalui wawancara dan Observasi, sedangkan informan untuk memperoleh data penelitian adalah Pengasuh, Kepala sekolah, Kepala Urusan Kurikulum dan sebagian Guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Manajemen Kurikulum Pesantren Mu’adalah (Dirosatul Muallimin Islamiyah (DMI) Pondok Pesantren Al-Hamidy Banyuanyar Palengaan Pamekasan) Meliputi Perencanaan kurikulum, Pengorganisasian Kurikulum, Pelaksanaan Kurikulum dan evaluasi kurikulum.Perencanaan kurikulum dilakukan dengan membentuk team penyusun kurikulum yang terdiri dari kepala sekolah, Majlis keluarga, wakil kepala sekolah urusan kurikulum,  Guru dan para Alumni dengan mendasarkan pada visi, misi dan tujuan dari DMI Al-Hamidy,team penyusun kurikulum ini bertugas merencanakan kurikulum melalui rapat pleno yang biasanya diagendakan pada bulan Sya’ban (Akhir Tahun).Adapun pengorganisasian kurikulum di DMI Al-Hamidy dimulai dari elemen pelaksananya yakni tenaga edukatif dan tenaga kependidikannya dan perangkat yang lain agar dapat melaksanakan fungsi berdasarkan tugasnya masing-masing setelah itu dilanjutkan dengan pengorganisasian materi-materi keagamaan dan sebagian materi umum agar dapat dikemas secara rapi dan baik dalam satu skema Pembelajaran.Sementara strategi penyampaian kurikulum disampaikan dengan metode diskusi dan tanya jawab.Sedangkan evaluasi kurikulum dilakukan dengan menyelenggarakan evaluasi melalui Ikhtibar Ad-daury (Ujian Semester) dan evaluasi harian yang dikenal dengan dengan istilah Tamrin. Dan evaluasi keseluruhan dilakukan dari segi input, proses dan output. Dan keberhasilan output dibuktikan dengan pemberian Ijazah Mu’adalah yang dapat digunakan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi

Article Metrics

Abstract view : 430 times
Published
2022-07-25
How to Cite
Anam, S., & Marsum, M. (2022). MANAJEMEN KURIKULUM PESANTREN MU’ADALAH (Studi Kasus di Dirosatul Muallimin Islamiyah Pondok Pesantren Al-Hamidy Banyuanyar Palengaan Pamekasan. AHSANA MEDIA:  Jurnal Pemikiran, Pendidikan Dan Penelitian Ke-Islaman, 8(2), 209-222. https://doi.org/10.31102/ahsanamedia.8.2.2022.209-222