Implementasi Metode SAW Dalam Penentuan Calon Pelamar Berdasarkan Kesesuaian Kemampuan dan Minat Pelamar Dengan Kriteria Perusahaan

  • Cempaka Ananggadipa Swastyastu Universitas Dr. Soetomo
  • Ratna Nur Tiara Shanty Universitas Dr. Soetomo
  • Diana Agustina
Keywords: Rekrutmen, Keahlian, Minat, Metode SAW, Sistem Pendukung Keputusan

Abstract

Pekerjaan yang sesuai dengan minat kerja karyawan menjadi salah satu faktor dalam produktivitas atau kinerja karyawan. Selain itu, pekerjaan juga harus sesuai dengan keahlian karyawan, sehingga minat dan keahlian merupakan dua parameter penting dalam pencarian pekerjaan. Dengan dua parameter tersebut, maka diperlukan suatu metode yang dapat mempermudah proses pencarian pekerjaan dan pencarian karyawan berdasarkan nilai persentase kesesuaian keahlian dan minat calon karyawan dengan kriteria calon karyawan. Proses perhitungan untuk pencarian calon karyawan yang paling sesuai dilakukan dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) dimana metode ini mencari penjumlah terbobot dari rating kinerja pada setiap alternatif dari semua kriteria. Metode SAW sendiri merupakan salah satu metode Sistem Pendukung Keputusan (SPK) yang mencari penjumlah terbobot dari rating kinerja pada setiap alternatif dari semua kriteria. Dengan proses ini nilai kesesuaian akan didapatkan yang akan menghasilkan nilai kesesuaian. Dari hasil perhitungan untuk PT Parasawita, didapatkan hasil kesesuaian dengan terkecil 23.022 untuk pelamar dengan nama Ari Setyorini, dan skor terbesar 35.0889 untuk pelamar dengan nama Anggi Ariffanty.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Telvisia, I., & Suyasa, P. T. (2008). Kesesuaian Minat terhadap Pekerjaan: Pegawai Produktif (Studi pada Agen Asuransi Jiwa di Jakarta). Phronesis: Jurnal Ilmiah Psikologi Industri dan Organisasi, 76-95.
Kuswiratmo, B. A. (2016). Memulai Usaha Itu Gampang! Langkah-Langkah Hukum Mendirikan Badan Usaha Hingga Mengelolanya. Jakarta: VisiMedia.
Maggie G.V. Bambulu, d. (2018). Pengaruh rekrutmen dan seleksi, pengembangan karir, dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pt.bank sulutgo pusat. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi.
Cahyo, W. (2022). Implementasi Multi Criteria Decision Making (Mcdm) Untuk Erekrutmen Karyawan Multi Perusahaan.
Indrawan, D., Vitianingsih, A., & Shanty, R. N. (2017). Implementasi Metode Simple Additive Weighting pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pemasok Bahan Baku di PT. Abadi Kimia. Inform : Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Sarwandi dkk. (2023). Sistem Pendukung Keputusan. Deli Serdang: Graha Mitra Edukasi.
Hasibuan. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Olson, D. L. (2004). Comparison of Weights in TOPSIS Models. Mathematical and Computer Modelling, 721-727.
Rakhmat Dedi Gunawan, F. A. (2023). Implementasi Metode SAW Dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Plano Kertas. Journal of Artificial Intelligence and Technology Information (JAITI), 1(1), 29-38.
Yanti Yusman, S. N. (2022). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI PENERIMAAN KARYAWAN PADA PT PELINDO I MENGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW). JURNAL DIGIT, 12(1), 12-22.
Nurqamar, I. F., Ulfa, S., Hafizhah, I., Fadhillah, N., & Rahmi, N. (2022). The intention of generation Z to apply for a Job. JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Informatika), 18(3), 218–247. doi:https://doi.org/10.26487/jbmi.v18i3.16493

Article Metrics

Abstract view : 153 times
Published
2023-08-15
How to Cite
Swastyastu, C. A., Shanty, R. N. T., & Agustina, D. (2023). Implementasi Metode SAW Dalam Penentuan Calon Pelamar Berdasarkan Kesesuaian Kemampuan dan Minat Pelamar Dengan Kriteria Perusahaan. Zeta - Math Journal, 8(2), 79-85. https://doi.org/10.31102/zeta.2023.8.2.79-85