Implementasi Mikrobiologi Sederhana melalui Kitchen Microbiology sebagai Upaya Meningkatkan Ketertarikan Siswa SMA pada Sains
Abstract
Menurunnya minat siswa SMA terhadap sains menjadi tantangan tersendiri dalam mempersiapkan generasi muda yang memiliki pemahaman mendalam dan kemampuan aplikatif di bidang sains. Fenomena ini ada karena persepsi siswa tentang sains merupakan ilmu yang sulit dan kurang menarik. Oleh karena itu pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan ketertarikan siswa SMA terhadap sains terkhusus pada materi mikrobiologi serta mengembangkan keterampilan praktis melalui kitchen microbiology. Kegiatan pengabdian ini memiliki tiga tahapan utama yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil dari kegiatan pengabdian ini menunjukkan peningkatan pemahaman siswa dalam kategori baik sebesar 79%. Serta ketertarikan siswa terhadap sains meningkat dengan rincian 81,8% tertarik dan 9,1% sangat tertarik. Hal ini menyimpulkan jika implementasi mikrobiologi sederhana melalui kitchen microbiology dapat meningkatkan ketertarikan siswa SMA terhadap sains pada umumnya dan mikrobiologi secara khusus.
Downloads
References
Annemie Struyf, J. B. P., & Petegem, P. Van. (2017). ‘Hard science’: a career option for socially and societally interested students? Grade 12 students’ vocational interest gap explored. International Journal of Science Education, 39(17), 2304–2320. https://doi.org/10.1080/09500693.2017.1376259
Bedford, S. (2017). Growth mindset and motivation: a study into secondary school science learning. Research Papers in Education, 32(4), 424–443. https://doi.org/10.1080/02671522.2017.1318809
Fakhriyah, F., Masfuah, S., Roysa, M., Rusilowati, A., & Rahayu, E. S. (2017). Student’s science literacy in the aspect of content science? Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(1), 81–87. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i1.7245
Fibriana, F., & Amalia, A. V. (2016). Potensi Kitchen Microbiology Untuk Meningkatkan Keterampilan Teknik Hands-on Dalam Pembelajaran Mikrobiologi. USEJ - Unnes Science Education Journal, 5(2), 1210–1216.
Funke, J. (2021). It Requires More Than Intelligence to Solve Consequential World Problems. Journal of Intelligence, 9(3). https://doi.org/10.3390/jintelligence9030038
Gumilar, E. B. (2023). Problematika Pembelajaran Ipa Pada Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 2(1), 129.
Hayati, N., Istyadji, M., & Putri, R. F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline pada Materi Kalor dan Perpindahannya untuk SMP/MTs Kelas VII. Indonesian Journal of Science Education and Applied Science, 2(2), 43. https://doi.org/10.20527/i.v2i2.7394
Jayawardena, P. R., van Kraayenoord, C. E., & Carroll, A. (2020). Factors that influence senior secondary school students’ science learning. International Journal of Educational Research, 100, 101523. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ijer.2019.101523
Kusnadi, K., Rustaman, N. Y., Redjeki, S., & Aryantha, I. N. P. (2017). Enhancing Scientific Inquiry Literacy of Prospective Biology Teachers through Inquiry Lab Project in Microbiology. Journal of Physics: Conference Series, 895(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012136
Madigan, M., Martinko, J., & Parker, J. (2006). Brock Biology of Microorganisms. Pearson Prentice Hall.
Motta, M. (2019). Explaining science funding attitudes in the United States: The case for science interest. Public Understanding of Science, 28(2), 161–176. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/096366251879539
Nada, N. Q., & Erita, S. (2023). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII pada Materi Bentuk Aljabar. JEID: Journal of Educational Integration and Development, 3(2), 132–148. https://doi.org/10.55868/jeid.v3i2.303
Pugu, M. R., Riyanto, S., & Haryadi, R. N. (2024). Metodologi Penelitian; Konsep, Strategi, dan Aplikasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Sebastián, M., & Gasol, J. M. (2019). Visualization is crucial for understanding microbial processes in the ocean. Philosophical Transactions of the Royal Society B: Biological Sciences, 374(1786), 1–7. https://doi.org/10.1098/rstb.2019.0083
Srinivas, T., & Vedavathi, T. (2024). Effective Science Education: A Better Approach for Sustainable Development in India. Qeios, 1–8.
Susanti, N. K. E., Asrin, & Khair, B. N. (2021). Analisis Tingkat Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SDN Gugus V Kecamatan Cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 686–690. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i4.317
Suyidno, Haryandi, S., & Sunarti, T. (2021). Pembelajaran kreatif berbasis otonomi (Issue March). Lambung Mangkurat University Press.
Wantu, H. M. (2020). Pendidikan Karakter Untuk Membentuk Moralitas Anak Bangsa. Irfani, 16(1), 1–8.
Wardani, K. A., Sakati, S. N., Sulami, N., Syahrir, M., & Kanan, M. (2022). Teori Mikrobiologi. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Wilcoxson, C., Shand, S. M., & Shand, R. F. (1999). Kitchen Microbiology (It’s Easier than You Think!). The American Biology Teacher, 61(1), 34–38. https://doi.org/10.2307/4450606