Pelatihan Pembuatan Animasi Pada Media Pembelajaran Berbasis Blended Learning Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di SMAN 11 Kota Jambi
Abstract
Salah satu jenis media pembelajaran yang dapat dibuat oleh guru adalah media
animasi dalam bahan ajar yang nantinya bisa ditampilkan di e-learning pada saat
proses belajar mengajar atau bisa dimasukkan kedalam PowerPoint. Pelatihan ini
bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam membuat media
pembelajaran yang berbasis blended learning, kegiatan ini dilaksanakan di SMA
N 11 Kota Jambi dengan peserta guru-guru yang ada di sekolah tersebut. Aplikasi
yang digunakan pada kegiatan ini adalah Adobe Animate. Aplikasi tersebut
mempunyai beberapa keunggulan yang dapat digunakan untuk membuat bahan
tayang pembelajaran seperti video animasi, gambar dan suara. Tahapan
pelaksanaan kegiatan berjalan sesuai dengan yang telah direncanakan. Hasil dari
kegiatan pengabdian ini guru memiliki kemampuan dalam membuat animasi
yang nanti kemampuan atau skill ini dapat digunakan untuk pelaksanaan blended
learning. Pelaksanaan workshop ini dilaksanakan 5 kali pertemuan (5 minggu)
dimana setiap pertemuan selama 3 jam. Luaran yang diharapkan dari kegiatan ini
adalah meningkatnya kompetensi guru dalam pembuatan animasi sebagai bahan
ajar yang menarik. Partisipasi aktif saat pelatihan dapat menjadi dasar adanya
kerjasama yang berkelanjutan antara Universitas Jambi dengan SMA N 11 Kota
Jambi.
Downloads
References
Chaeruman UA. 2011. Implementing Blended learning: A Case Based Sharing Experience. Departmen of Educational Technology, the State University: Jakarta.
Cheung WS dan Hew KF. 2011. Design and Evaluation of Two Blended learning Approaches: Lesson Learned. Australasian Journal of Educational Technology. 27(8): 1319-1337.
Khaerunnisa F, Sunarjan Y dan Atmaja HT. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Power Point terhadap Minat Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bumiay. Indonesian Journal of History Education. 6(1): 31-41.
Mulyaningtyas, A, Wahyudi, AE dan Wardana, IC. 2020. Edukasi Pembuatan Kertas PH Sebagai Media Pembelajaran di SMAN 1 Wonosari Klaten. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat. 4(2): 299-303.
Ningsih, S, Yamanto, I, Arief, Q dan Joko, K. 2021. Pelatihan Blended Learning Berbasis Edmodo untuk Meningkatkan Kompetensi Guru. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. 1(2): 102-111
Putri LA, Wiraningtyas A, Perkasa M, Ruslan. 2020. Ekstraksi Zat Warna dari Daun Jati Muda dan Aplikasinya Sebagai Kertas Indikator Asam Basa. Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia. 3(1): 32-37.
Rahmawati G dan Rismiati R. 2012. E-learning Pembelajaran Jarak Jauh untuk SMA. Bandung: Yrama Widya.
Raihan, S. 2020. Implementasi Workshop Blended Learning Menggunakan E-Book Lesson Plan Berbasis Hypercontent Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Jurnal Publikasi Pendidikan. 11(1): 57-62
Wartini, Sugianto dan Idjudin R. 2015. Media Pembelajaran Powerpoint untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. 1-15.
Yulianti, U, J.Julia dan Melly ,F. 2022. Analisis Kompetensi Pedagogik Guru pada Pelaksanaan Blended Learning. Jurnal Basicedu. 6(2): 1570-1583