RANCANG BANGUN VENDING MACHINE BERBASIS MIKROKONTROLLER ARDUINO UNO

  • Nurul Chafid Universitas Satya Negara Indonesia
  • Abdul Halim Universitas Bina Bangsa
  • Mohamad Hendriawan
Keywords: Vending Machine, Microcontroller, Arduino Uno, Coin Acceptor

Abstract

Air merupakan kebutuhan utama bagi tubuh manusia, dengan persentase kebutuhan yang berbeda sesuai usia: 80% pada bayi, 60% pada orang dewasa, dan 50% pada usia lanjut di atas 65 tahun. Air memiliki peran penting sebagai nutrisi esensial yang berfungsi sebagai pelarut, katalis, pelumas, pengatur suhu tubuh, serta penyedia mineral dan elektrolit. Meskipun vital, konsumsi minuman sering diabaikan terutama di lokasi padat seperti Rumah Sakit, Stasiun, dan Kampus. Mesin penjual otomatis (Vending Machine) hadir sebagai solusi untuk mempermudah akses terhadap minuman, memberikan manfaat kepada masyarakat, dan memberikan peluang pengembangan kepada mahasiswa di lingkungan kampus. Vending machine adalah mesin otomatis yang mengeluarkan produk jual seperti makanan ringan, minuman, undian tiket, dan lain-lain. Sangat penting untuk menghemat waktu dan mengurangi energi manusia. Vending machine juga dapat didefinisikan sebagai mesin perangkat elektronik yang digunakan untuk mendistribusikan produk ke konsumen setelah sejumlah uang tertentu dimasukan ke dalam mesin. Penelitian ini menggunakan mikrokontroler Arduino Uno dan akseptor koin sebagai input utama pada vending machine. Sebagai pengendali utama sistem, Arduino Uno menyesuaikan motor servo MG996R untuk menerima dan mengirimkan produk sesuai dengan sinyal akseptor koin. Pengguna membayar dengan koin dan akseptor koin mendeteksi koin 500 dan 1.000 rupiah.

Hasil penelitian ini menggambarkan kesuksesan penerapan teknologi Vending machine menggunakan mikrokontroler Arduino Uno. Sistem tersebut dapat melakukan transaksi secara efisien dan tepat, menghadirkan pengalaman yang nyaman dan memudahkan pengguna untuk mendapatkan produk yang dibeli.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arduino, 2014. Ethernet Sheild, Arduino Integrated Development Environment(IDE).
Abdul Kadir (2017). Pemprograman Arduino dan Prossesing, PT.Elex Media Komputindo,Jakarta
Dian Artanto, (2017). Interface Sensor dan Aktutor Menggunakan Proteus,Arduino dan Lab View, Deepublish, Yogyakarta
J. S. Wakur, Alat Penyiram Tanaman Otomatis Mengunakan Arduino Uno. 2015.
Maulana, A.S., (2019) Implementasi Finite State Automata (FSA) dengan Simulasi Vending Machine pada Aplikasi Android. Jurnal Edukasi Elektro, 3(2).
Sibanda, V., Munetsi, L., Mpofu, K., Murena, E. and Trimble, J. (2020). Design of a hightech vending machine. Procedia CIRP, 91, pp.678-683.
Welman Simatupang, Joni. Prasetyo, Bayu. Galina, Mia. Suhartomo, Antonius. 2022. Referensi Abstrak dan Wiring Diagram. PROTOTIPE MESIN PENJUAL AIR MINERAL OTOMATIS BERBASIS ARDUINO MEGA 2560 DAN RFID-RC522.
Wahyudi, W., Rahman, A., & Nawawi, M. (2018). Perbandingan Nilai Ukur Sensor Load Cell pada Alat Penyortir Buah Otomatis terhadap Timbangan Manual. ELKOMIKA: Jurnal Teknik Energi Elektrik, Teknik Telekomunikasi, & Teknik Elektronika, 5(2), 207.

Article Metrics

Abstract view : 115 times
Published
2024-04-30
How to Cite
Chafid, N., Halim, A., & Hendriawan, M. (2024). RANCANG BANGUN VENDING MACHINE BERBASIS MIKROKONTROLLER ARDUINO UNO. Jurnal Aplikasi Teknologi Informasi Dan Manajemen (JATIM), 5(1), 14 - 21. https://doi.org/10.31102/jatim.v5i1.2618