ANALISA KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP FASILITAS E-LEARNING DENGAN METODE SERVQUAL DAN METODE FUZZY
Abstract
Berdasarkan objek penelitian di Jurusan Teknik Informatika Universitas Nurul Jadid. Objek penelitian adalah E-Learning yang dikembangkan menggunakan aplikasi open source Moodle untuk mahasiswa S1 aktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas sistem, kualitas informasi dan kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna. Serta kepuasan pengguna dengan dampak individu. Data yang digunakan sebanyak 200 responden. Untuk itu pengukuran kualitas layanan dapat menggunakan metode Servqual dan metode Fuzzy yang digunakan untuk mengetahui variabel kebutuhan pelanggan yang tidak terpenuhi dengan menghitung gap antara layanan yang diberikan dengan harapan pelanggan sebagai voice of customer. Kriteria yang menjadi prioritas utama untuk perbaikan dan peningkatan kualitas pelayanan adalah dimensi Tangibles.
Kata Kunci : e-learning, metode servqual, metode fuzzy, open source, moodle, gap