Intervensi Mindfulness Attention Awareness untuk Mencegah Kecanduan Gadget pada Remaja Setingkat SMA

  • Dina Zakiyyatul Fuadah STIKES Karya Husada Kediri
Keywords: Mindfulness Attention Awareness, Kecanduan Gadget, Remaja

Abstract

Kalangan remaja saat ini mendominasi penggunaan internet sehingga mereka rentan kecanduan gadget. World Health Association (WHO) telah mengeluarkan International Classification of Disease (ICD) edisi ke-11 yang menyebutkan kecanduan main game sebagai gangguan kesehatan jiwa, yang masuk sebagai gangguan permainan atau gaming disorder. Tujuan Pengabdian ini adalah untuk menurunkan kecanduan gadget pada remaja. Metode pelaksanaan dengan memberikan intervensi berupa Mindfulness Attention Awareness yang dilakukan pada pada 10 sekolah setingkat SMA melalui metode daring dengan aplikasi zoom meeting. Hasil pelaksanaan pengabdian masyarakat menunjukkan hampir seluruh dari responden (81%) mengalami kecanduan gadget berdasarkan kuesioner Smartphone Addiction Scale-Short Version (SAS-SV). Sedangkan untuk tingkat midfulness diukur menggunakan Mindful Attention Awareness Scale (MAAS), sebagian besar responden (52%) memiliki midfulness kategori sedang, dan setelah intervensi didapatkan hampir seluruh dari responden (85,71%) memiliki midfulness kategori tinggi. Kegiatan pengabdian ini akan dilaksanakan secara berkesinambungan kepada masyarakat terutama kalangan remaja sebagai upaya menurunkan angka kecanduan gadget terutama di era pandemi Covid-19.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arpaci, I., Baloglu, M., & Kesici, S. (2017). A multi-group analysis of the effects of individual differences in mindfulness on nomophobia. Information Development, 1-9.
Best JR, Miller PH. A Developmental Perspective On Executive Function. Child Development. 2010;81:1641–1660.
Brown, K. W., & Ryan, R. M. (2003). The benefits of being present: Mindfulness and its role in psychological well-being. Journal of Personality and Social Psychology. 84 (4), 822-848.
Crone, E.A. (2009). Executive Functions In Adolescence: Inferences From Brain and Behaviour. Developmental Science Vol.12 Issue 6 https://doi.org/10.1111/j.14677687.2009.00918.x
Dahl R, Gunnar M. Heightened stress responsiveness and emotional reactivity during pubertal maturation: Implications for psychopathology. Development and Psychopathology. 2009; 21(1):1-6.[PubMed:19144219]
Kominfo. 2014. Riset Kominfo dan UNICEF Mengenai Perilaku Anak dan Remaja Dalam Menggunakan Internet. https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3834/Siaran+Pers+No.+17-PIH-KOMINFO2-.

Sativa, R. L. (2017). Berapa Lama Waktu Ideal Gunakan Gadget? https://inet.detik.com/cyberlife/d-3398914/berapa-lama-waktu-ideal-gunakan- gadget. detik.com.

Savitri, W. C., & Listiyandini, R. A. 2017. Mindfulness dan Kesejahteraan Psikologis pada Remaja. Psikohumaniora: Jurnal Penelitian Psikologi, 2(1), 43–59. https://doi.org/10.21580/ pjpp.v2i1.1323.

Sriwilai, K., & Charoensukmongkol, P. (2015). Face it, don’t Facebook it: Impacts of Social Media Addiction on Mindfulness, Coping Strategies and the Consequence on Emotional Exhaustion.
WHO. 2019. Kecanduan Main Game Jadi ‘Kelainan Mental (http:www.cnnindonesia.com)

WHO. 2019. GamingDisorder. https://www.who.int/features/qa/gamingdisorder/n/

Woodlief, D. T. (2017). Smartphone Use and Mindfulness: Empirical Tests of a Hypothesized Connection. University of South Carolina Scholar Commons.

Article Metrics

Abstract view : 3372 times
Published
2021-05-31
How to Cite
Fuadah, D. (2021). Intervensi Mindfulness Attention Awareness untuk Mencegah Kecanduan Gadget pada Remaja Setingkat SMA. Darmabakti : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 38-45. https://doi.org/10.31102/darmabakti.2021.2.1.38-45