Pelatihan Pembuatan Media Edukatif Ramah Lingkungan untuk Meningkatkan Produktifitas Perajin Kayu di Singosari Malang

  • Wiwin Puspita Hadi Universitas Trunojoyo Madura
  • Lilis Suaibah Universitas Trunojoyo Madura
Keywords: Pelatihan, Media, Edukatif, Perajin, Produktifitas

Abstract

Media pembelajaran yang berupa APE (Alat Permainan Edukatif) yang berorientasi pada pengembangan multiple intelegence menjadi kebutuhan dasar dalam mengembangkan pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu diperlukan jumlah produk APE dengan harga yang terjangkau, salah satunya adalah dengan memperbanyak produsen APE. Upaya yang dilakukan adalah bekerja sama dengan mitra yang sudah lama membuat alat edukatif dari kayu. Tujuan dari Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah memberikan alternatif pemecahan masalah mitra dalam hal produksi, pemasaran, manajemen usaha dan implementasi dalam kegiatan pembelajaran untuk membuat APE.Selama ini mitra menjalankan usaha kerajinan pembuatan truk mainan kayu sebagai produk utama dan mainan edukatif sebagai produk pelengkap. Metode pelaksanaan dalam kegiatan pengabdian ini meliputi  analisis situasi dan perumusan masalah mitra, pelatihan produksi. Hasil pengabdian adalahpeningkatan keterampilan dan pengetahuan mitra dalam hal produksi dan diversifikasi produk. Perluasan produk adalah dihasilkan media edukasi untuk siswa yang ramah lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiarti, W. (2009). Alat Permainan Edukatif Berbahan Limbah Dalam Pembelajaran Sains Di Taman Kanak-Kanak. Lembaran Ilmu Kependidikan, 38(1), 78–84.
Calik, B., & Birgili, B. (2013). Multiple Intelligence Theory for Gifted Education : Criticisms and Implications. Journal for the Education of the Young Scientist and Giftedness, 1(2), 1–12.
Chasanah. (2015). Pengembangan permainan tradisional gotri untuk pembelajaran fisik motorik kasar anak. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 2(2), 87–94.
Mutryarny, E., & Lidar, S. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Tanjung Kec Koto Kampar Hulu Kab Kampar Melalui Pembuatan Kompos Dari Ampas Kempaan Daun Gambir. DARMABAKTI, 01(April), 10–12.
Qomaro, G. W., Nasik, K., Studi, P., Bisnis, H., & Madura, U. T. (2019). Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Sektor Pangan dalam Meningkatkan Perekonomian Lokal Melalui Pendampingan Sertifikasi Halal di Kecamatan Tragah Bangkalan. Pangbdhi, 5(2), 137–142.
Suaibah, L., Rakhmawati, A. R., Studi, P., Syariah, E., Trunojoyo, U., Bangkalan, K., & Bangkalan, K. (2019). Peningkatan Nilai Tambah Kacang Tangah di Desa Dlemer Kabupaten Bangkalan Melalui Diversifikasi Produk Olahan. Pangabdhi, 5(2), 85–90.
Taib, B. (2017). Penerapan Media Balok Untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Huruf Hijaiyah Pada Kelompok B Tk Sandhy Putra Telkom Ternate Bahran Taib. Edukasi-Jurnal Pendidikan, 15(1), 707–716

Article Metrics

Abstract view : 300 times
Published
2021-05-31
How to Cite
Hadi, W., & Suaibah, L. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Edukatif Ramah Lingkungan untuk Meningkatkan Produktifitas Perajin Kayu di Singosari Malang. Darmabakti : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 33-37. https://doi.org/10.31102/darmabakti.2021.2.1.33-37