Penyuluhan tentang Hipertensi dan Pemeriksaan Tekanan Darah pada Kelompok Ibu-ibu di Desa Bettet, Pamekasan

  • Septiana Kurniasari Universitas Islam Madura
  • Ach. Faruk Alrosyidi Universitas Islam Madura
Keywords: Hipertensi, Tekanan Darah, Stroke, Jantung Koroner, Herbal

Abstract

Penyakit hipertensi belum menempati skala prioritas utama dalam pelayanan kesehatan, padahal diketahui dampak negatif yang akan ditimbulkannya cukup besar, seperti stroke dan jantung koroner. Beberapa penduduk di Desa Bettet, Kabupaten Pamekasan ditengarai menderita hipertensi bahkan dengan beberapa komplikasi. Dari insidensi hipertensi yang sangat tinggi dan bahaya komplikasi yang ditimbulkan, perlu dilakukan penyuluhan tentang penyakit hipertensi termasuk pemeriksaan darah. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah agar warga masyarakat di Desa Bettet dapat memantau kondisi kesehatannya. Metode yang dilakukan berupa penyuluhan tentang hipertensi dan hal-hal yang berkaitan dengan hipertensi. Sebelum penyuluhan dimulai, peserta diberi pre-test, nilai pre-test rata-rata adalah 73,85. Setelah dilakukan penyuluhan dan sesi tanya jawab, peserta diberi post-test, nilai post-test rata-rata adalah 93,7. Terjadi peningkatan pengetahuan peserta sekitar 20% tentang hipertensi. Dengan adanya penyuluhan ini, peserta menjadi lebih paham tentang hal-hal yang berkaitan dengan hipertensi dan dapat memanfaatkan tanaman herbal yang tumbuh di sekitar tempat tinggal untuk mencegah atau mengobati penyakit hipertensi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amisi, W. G., Nelwan, J. E. & Kolibu, F. K. Hubungan antara Hipertensi dengan Kejadian Penyakit Jantung Koroner pada Pasien yang Berobat di Rumah Sakit Umum Pusat Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. Jurnal Kesmas, 7(4).

Jannah, L. M. & Ernawaty. (2018). Hubungan Gaya Hidup dengan Kejadian Hipertensi di Desa Bumiayu Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Berkala Epidemiologi, 6(2), 157-165.

Kurniasih, I. & Setiawan, M. R. (2013). Analisis Faktor Risiko Kejadian Hipertensi di Puskesmas Srondol Semarang Periode Bulan September – Oktober 2011. Jurnal Kedokteran Muhammadiyah, 1(2), 54-59.

Martiningsih & Haris, A. (2019). Risiko Penyakit Kardiovaskuler pada Peserta Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) di Puskesmas Kota Bima: Korelasinya dengan Ankle Brachial Index dan Obesitas. Jurnal Keperawatan Indonesia, 22(3), 200-208.

Tarigan, A. R., Lubis, Z. & Syarifah. (2018). Pengaruh Pengetahuan, Sikap dan Dukungan Keluarga terhadap Diet Hipertensi di Desa Hulu Kecamatan Pancur Batu Tahun 2016. Jurnal Kesehatan, 11(1), 9-17.

Article Metrics

Abstract view : 8528 times
Published
2020-11-30
How to Cite
Kurniasari, S., & Alrosyidi, A. F. (2020). Penyuluhan tentang Hipertensi dan Pemeriksaan Tekanan Darah pada Kelompok Ibu-ibu di Desa Bettet, Pamekasan. Darmabakti : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 74-78. https://doi.org/10.31102/darmabakti.2020.1.2.74-78