Peningkatan Life Skill Anak Panti Asuhan Yatim Melalui Pelatihan Komputer dan Job Preparation Pada Yayasan Pendidikan & Penyantunan Anak Yatim (YPPAY) Adinda
Abstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini ditujukan pada kegiatan peningkatan life skill anak-anak panti asuhan yatim yang lulus SMA dan tidak mempunyai kesempatan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini meliputi: (1) Peningkatanlife skill anak yatim dengan peningkatan kemampuan hard skill melalui pelatihan computer; (2) Peningkatanlife skill anak yatim dengan peningkatan kemampuan soft skill melalui pelatihan job preparation; dan (3) Pendampingan peningkatan kepercayaan diri anak yatim melalui pengenalan potensi diri. Kesimpulan dari pelaksanaan pengabdian masyarakat ini adalah: (1) Pelaksanaan pelatihan secara online telah berjalan lancar sesuai dengan jadwal pelaksanaan yang telah disusun sebelumnya; (2) Adanya respon positif dari peserta atas pelaksanaan pelatihan; (3) Adanya peningkatan pengetahuan pada sebagian besar peserta, tentang penggunaan Microsoft Excel; (4) Adanya peningkatan pengetahuan pada sebagian besar peserta, yaitu tentang pemahaman untuk mengembangkan diri menjadi lebih percaya diri; (5)Diharapkan adanya perubahan sikap positif untuk bersedia mengimplementasikan hasil dari pelatihan
Downloads
References
Harmaizar, dkk. 2006. Menggali Potensi Wirausaha. Bandung: CV. Dian Anugerah Prakasa
Kasmir. 2006. Kewirausahaan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Nurul, H. U., Almilia, Luciana., Herlina, H. 2012. Akuntansi Keuangan Menengah.., STIE Perbanas Press.
Scales, Peter C.; Benson, Peter L.; Oesterle, Sabrina; Hill, Karl G.; Hawkins, J. David; Pashak, Travis J. Applied Developmental Science. The dimensions of successful young adult development: A conceptual and measurement framework. Applied Developmental Science.Vol 20(3): 150-174. DOI: 10.1080/10888691.2015.1082429.
Zeffane, Rachid. 2013. Need For Achievement, Personality And Entrepreneurial Potential: A Study of Young Adults In The United Arab Emirates. Journal of Enterprising Culture, Vol. 21, No. 1, 75–105 DOI: 10.1142/S0218495813500040.