Peningkatan Pelayanan Administratif Melalui Penguatan Kompetensi Aplikasi Perkantoran di Kecamatan Talang

  • Ida Afriliana Politeknik Harapan Bersama
  • Arif Rakhman Politeknik Harapan Bersama
  • Nurohim Nurohim Politeknik Harapan Bersama
  • Ahmad Maulana Politeknik Harapan Bersama
Keywords: Aplikasi Perkantoran, Kecamatan Talang, Pelayanan Administratif

Abstract

Perkembangan teknologi ini telah menyeluruh di segala lapisan, tidak terkecuali di berbagai departemen pemerintahan, dari level nasional, hingga level pemerintahan terkecil. Seperti pelayanan di berbagai kantor kelurahan atau kecamatan semua telah menggunakan komputerisasi dan hmpir semua jenis pelayanan telah mengimplementasikan sistem informasi terpadu. Talang adalah sebuah kecamatan di Kabupaten TegalJawa TengahIndonesia. Kecamatan ini berjarak sekitar 8 Km dari Slawi, ibu kota Kabupaten Tegal ke utara atau 6 Km selatan Kota Tegal. Pusat pemerintahannya berada di Desa Pesayangan. Kecamatan Talang salah satu  kecmtan yng memiiki permalahan dalam hal pelayanan, seperti yang telah dipaparkan diatas. Dengan latar belakang permasalahan tersebut maka pengabdian masyarakat kali ini mengimplementasikan hasil penelitian mahasiswa yakni tentang aplikasi perkantoran yang diimplementasikan pada dunia perkantoran, dalam hal ini ini adalah pelayanan administratif di Kecamatan Talang. Dengan harapan, dengan adanya penguatan kompetensi bagi petugas kecamatan tentang apliksi perkantoran maka akan meningkatkan pelayanan kecamatan Talang, sehingga masyarakat akan terbantu dengan pelayanan yang efektif dan efisien.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Febrian,.J(2004). Kamus Komputer dan teknologi informasi, Jakarta, Penerbit Informatika.
Smaratungga (2009). [online] Available FTP: smartungga.ning.com. Tanggal akses: Maret 2018.
Tikom Group.2018:Panduan Belajar Microsoft Office 2013 Rizaldi, Pelatihan Pengolahan Data Administrasi Perkantoran Menggunakan Aplikasi Microsoft Excel pada Balai Desa Pingangripan
Kecamatan Air Batu Kabupaten Asahan, Jurdimas Royal, vol 2 no .2 hlm 107-114, 2019
Enny Dwi Lestariningsih, Penggunaan Aplikasi Perkantoran dalam Peningkatan Kinerja Guru SDN 01 Kembangarun Semarang, Jurnal Surya Masyarakat, vol 1 No 2, Mei 2019
Moh.Miftahudin Rokhman, Surya Adi Wibowo, Pelatihan Pemanfaatan Microsoft Office pada staf Pengajar di SMPLBN Kota Malang, vol 1 no.1 Februari 2018

Article Metrics

Abstract view : 661 times
Published
2020-05-13
How to Cite
Afriliana, I., Rakhman, A., Nurohim, N., & Maulana, A. (2020). Peningkatan Pelayanan Administratif Melalui Penguatan Kompetensi Aplikasi Perkantoran di Kecamatan Talang. Darmabakti : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 1-5. https://doi.org/10.31102/darmabakti.2020.1.1.1-5