Peningkatan Pengetahuan terkait Pentingnya Sarapan Bagi Pelajar di SD Negeri Dewi Sartika I Kota Bogor
Abstract
Anak adalah generasi penerus bangsa dan keluarga yang berperan dalam mewujudkan kemajuan Indonesia. Pengembangan kualitas sumber daya manusia di masa yang akan datang dapat dilakukan melalui asupan zat gizi yang optimal agar kelak dapat berkontribusi secara maksimal bagi pembangunan negara. Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar 2018, sekitar 26,1% anak usia sekolah dan remaja tidak memiliki kebiasaan sarapan di pagi hari dan hasil survei di SD Negeri Dewi Sartika I menunjujkkan bahwa terdapat 45,7% siswa tidak melaksanakan sarapan secara rutin. Tujuan dari program pengabdian ini adalah meningkatkan pengetahuan terkait pentingnya sarapan bagi pelajar di SD Negeri Dewi Sartika I Kota Bogor. Kegiatan ini meliputi pemberian kuesioner pengetahuan pre-test, penyampaian materi tentang pentingnya sarapan dengan metode ceramah melalui slide power-point, dan diakhiri dengan kuesioner pengetahuan post-test. Terdapat perbedaan signifikan antara skor pengetahuan pre-test dan post-test (p-value<0.001). Skor pengetahuan post-test meningkat sebesar 32,1 poin setelah diberikan edukasi dibandingkan skor pre-test.
Downloads
References
Anggoro, S., Isnaningsih, T., & Khamid, A. (2021). Edukasi Pentingnya Sarapan untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar. Jurnal Peduli Masyarakat, 3(3), 323–330. https://doi.org/10.37287/jpm.v3i3.707
Anggraini, N. V., & Hutahaean, S. (2021). Hubungan Sarapan Dengan Prestasi Siswa SD Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 6(3), 28–33. https://doi.org/10.30651/jkm.v6i3.9010
Boschloo, A., Ouwehand, C., Dekker, S., Lee, N., de Groot, R., Krabbendam, L., & Jolles, J. (2012). The Relation Between Breakfast Skipping and School Performance in Adolescents. Mind, Brain, and Education, 6(2), 81–88. https://doi.org/10.1111/ j.1751-228X.2012.01138.x
BPOM RI. (2013). Pedoman Pangan Jajanan Anak Sekolah untuk Pencapaian Gizi Seimbang. Jakarta: Badan Pengawasan Obat dan Makanan Republik Indonesia.
Dinda, W., Gumilar, M., Mahmudah, U., & Suprihartono, A. (2022). Peningkatan Pengetahuan dan Perilaku Sarapan pada Anak Sekolah Dasar dengan Media Video Stop Motion. Jurnal Gizi Dan Dietetik, 1(1), 21–27. https://doi.org/10.34011/jgd.v1i1.948
Goni, G., Rattu, J. A. M., & Malonda, N. S. H. (2019). Pengaruh Penyuluhan Dengan Teknik Ceramah Terhadap Pengetahuan Pelajar Tentang Gizi Seimbang di Sekolah Dasar Kecamatan Tompaso (Studi Kasus SD GMIM 2 dan SD Negeri 2 Tompaso). Jurnal KESMAS, 8(7), 328–335.
Gropper, S. S., & Smith, J. L. (2021). Advanced Nutrition and Human Metabolism Eight Edition. Belmonth: Cengage Learning.
Hardinsyah, & Aries, M. (2012). Jenis Pangan Sarapan dan Perannya dalam Asupan Gizi Harian. Jurnal Gizi Dan Pangan, 7(2), 89–96. https://doi.org/10.25182/jgp.2012.7.2.89-96
Kemenkes RI. (2014). Pedoman Gizi Seimbang. In Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 41 tentang Pedoman Gizi Seimbang. Jakarta (ID): Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2
Kemenkes RI. (2017). Warta Kesmas. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Kemenkes RI. (2018). Riset Kesehatan Dasar 2018. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI Badan Penelitian dan Pengembangan.
Kemenkes RI. (2024). Transformasi kesehatan mewujudkan masyarakat Indonesia sehat dan unggul. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Khalida, E., Fadlyana, E., & Somasetia, D. H. (2016). Hubungan Kebiasaan Sarapan dengan Prestasi Belajar dan Fungsi Kognitif pada Anak Sekolah Dasar. Sari Pediatri, 17(2), 89–94. https://doi.org/10.14238/ sp17.2.2015.89-94
Khomsan, A. (2021). Teknik Pengukuran Pengetahuan Gizi. Bogor: IPB Press.
Kral, T. V. E., Bannon, A. L., Chittams, J., & Moore, R. H. (2016). Comparison of the satiating properties of egg- versus cereal grain-based breakfasts for appetite and energy intake control in children. Eating Behaviors, 20, 43–44. https://doi.org/10.1016/j.eatbeh.2015.11.004
Kurnia, P. D., Munir, M., & Suhartono. (2023). Analisis Statistik dengan SPSS. Tuban: CV. Eureka Media Aksara.
Kustiyah, L., & Kusprasetia, M. T. (2018). Children with Better Breakfast Habit and Family Socioeconomic Status Tended to Have Better Academic Achievement. EPH - International Journal of Medical and Health Science, 1(3), 1–13. https://doi.org/10. 53555/eijmhs.v4i3.37
Ling Ling Wei Sitohang, A., & Sirait, J. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 095198 Silomaria Tanah Jawa. Journal on Education, 6(1), 3345–3357. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3402
Liu, J., Hwang, W. T., Dickerman, B., & Compher, C. (2013). Regular breakfast consumption is associated with increased IQ in kindergarten children. Early Human Development, 89(4), 257–262. https://doi. org/10.1016/j.earlhumdev.2013.01.006
Ma’arif, M. Z., Duwairoh, A. M., & Firdauz, A. S. (2021). Hubungan antara Sarapan Pagi dengan Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Nahdlatul Ulama Tuban, 3(1), 52–57. https://doi.org/10.47710/jp.v3i1. 98
Mahoney, C. R., Taylor, H. A., Kanarek, R. B., & Samuel, P. (2005). Effect of breakfast composition on cognitive processes in elementary school children. Physiology and Behavior, 85(5), 81–88. https://doi.org/10. 1016/j.physbeh.2005.06.023
Mansouri, M., Sharifi, F., Shokri, A., Varmaghani, M., Yaghubi, H., Moghadas-Tabrizi, Y., & Sadeghi, O. (2021). Breakfast consumption is inversely associated with primary headaches in university students: The MEPHASOUS study. Complementary Therapies in Medicine, 57, 1–6. https://doi.org/10.1016/j.ctim.2021.102663
Masrikhiyah, R., & Octora, M. iqbal. (2020). Pengaruh Kebiasaan Sarapan Dan Status Gizi Remaja Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Ilmiah Gizi Dan Kesehatan, 2(1), 23–27. https://doi.org/10.46772/jigk.v2i01.256
Mawarni, E. E. (2017). Edukasi Gizi ”Pentingnya Sarapan Sehat Bagi Anak Sekolah”. Warta Pengabdian, 11(4), 97–107.
Mawarni, E. E. (2021). Hubungan Sarapan Pagi dengan Konsentrasi Siswa. Jurnal Kesehatan Tambusai, 2(4), 159–167.
Mbata, S. M. U., Tumenggung, I., & Talibo, S. D. (2019). Gambaran Kebiasaan Sarapan Pagi dan Status Gizi Anak Sekolah Dasar. Journal Health and Nutritions, 5(2), 46–50.
Natalina, S. L., & Hanum, F. N. (2024). Kampanye Sarapan Bergizi Seimbang Melalui Media Instagram dalam Rangka Pekan Sarapan Nasional 2023 di TK Tri Insani Permata Kota Pekanbaru. Madaniya, 5(3), 984–991.
Nugroho, K. A., Septriana, S., & Yuliati, E. (2023). Peningkatan Pengetahuan Anak Sekolah Dasar Mengenai Sarapan dengan Permainan Kartu Kuartet. Medika Respati : Jurnal Ilmiah Kesehatan, 18(2), 135–142. https://doi.org/10.35842/mr.v18i2.674
Nurlinawati, Oktarina, Y., & Yuliana. (2019). Promosi Kesehatan Tentang Pentingnya Sarapan Pagi Bernutrisi bagi Agregate Anak Sekolah Di Sdn 205 Kota Jambi. Medic, 2(1), 17–20.
Putri, S. K. (2023). Hubungan Kebiasaan Sarapan Pagi dengan Konsentrasi Belajar pada Anak Sekolah Dasar : Literature Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia, 6(8), 1538–1544. https://doi. org/10.56338/mppki.v6i8.3738
Rajikan, R., & Esmail, S. (2020). Nutrition Education to Improve Nutrition Knowledge, Attitude and Practice among Yemeni School Children. Trends in Applied Sciences Research, 15(3), 207–213. https://doi.org/10.3923/tasr.2020.207.213
Ravi, B. A., & Mahmudiono, T. (2024). Pengaruh Edukasi Gizi dengan Media Kartu Kuartet terhadap Pengetahuan dan Asupan Zat Gizi Makro Sarapan Siswa Kelas IV SD SAIM Surabaya. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(5), 207–216.
Saragi, L., Hasanah, O., & Huda, N. (2015). Hubungan Sarapan Pagi Dengan Aspek Biologis Anak Usia Sekolah. JOM, 2(2), 1205–1211.
Setyoadi, Sandy, F. M., Rini, I. S., & Ismail, D. D. S. L. (2024). Obesitas tidak hanya ditentukan oleh perilaku melawatkan sarapan (skipping breakfast) pada anak. The Journal of Indonesian Community Nutrition, 13(2), 100–107.
Shivaraju, P. T., Manu, G., Vinaya, M., & Savkar, M. K. (2017). Evaluating the effectiveness of pre- and post-test model of learning in a medical school. National Journal of Physiology, Pharmacy and Pharmacology, 7(9), 947–951. https://doi.org/10.5455/ njppp.2017.7.0412802052017
Sievert, K., Hussain, S. M., Page, M. J., Wang, Y., Hughes, H. J., Malek, M., & Cicuttini, F. M. (2019). Effect of breakfast on weight and energy intake: Systematic review and meta-analysis of randomised controlled trials. BMJ, 364, 15–17. https://doi.org/10.1136/bmj.l42
Sofar, S. M., & Hafeez, N. A. A. A. El. (2019). Relations between Skipping Breakfast, Academic Performance and Body Mass Index among Undergraduate University Nursing Students. IOSR Journal of Nursing and Health Science, 8(4), 32–42. https://doi.org/0.9790/1959-080405324 2
Sukesi, T. W., Maurizka, I. R., Pratiwi, R. D., Kahar, M. V., Sari, D. A. P., Indriani, N. S., & Santi, S. (2020). Peningkatan Pengetahuan Rumah Sehat dengan Metode Ceramah dan Leaflet di Dusun Modalan. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 183–190. https://doi.org/10.12928/jp.v4i2.1961
Suleman, M. A., & Idayanti, Z. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Pembelajaran Berbasis Teknologi. Jurnal Basicedu, 7(6), 3359–3570. https://doi.org/10.31004/basicedu. v7i6.6368
Suleman, M. A., & Idayanti, Z. (2024). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Proses Pembelajaran diSD/MI. Mentari: Journal of Islamic Primary School, 2(3), 221–230.
Suraya, S., Apriyani, S. S., Larasaty, D., Indraswari, D., Lusiana, E., & Anna, G. T. (2019). Sarapan Yuks” Pentingnya Sarapan Pagi Bagi Anak-Anak. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(1), 201–207. https://doi.org/10.24912/jbmi.v2i1.4350
Syaiful, Y., & Fatmawati, L. (2024). Peningkatan Pengetahuan dan Sikap tentang Sarapan Sehat dan Jajanan Aman pada Ibu Balita di Desa Pulopancikan Gresik. Jurnal Abdimas Pamenang, 2(2), 134–141.
Taha, Z., & Rashed, A. S. (2017). The Effect of Breakfast on Academic Performance among High School Students in Abu Dhabi. Arab Journal of Nutrition and Exercise, 2(1), 40–48. https://doi.org/10.18502/ajne.v2i1.1243
Utama, L. J., Sembiring, A. C., & Sine, J. G. L. (2018). Perilaku sarapan pagi kaitannya dengan status gizi dan anemia pada anak sekolah dasar. Jurnal Gizi Indonesia, 7(1), 63–68. https://doi.org/10.14710/jgi.7.1.63-68
Valentin, V., & Mahmudiono, T. (2024). Pengaruh Edukasi Gizi terhadap Pengetahuan Sarapan Bergizi Seimbang pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(2), 5676–5681.
Van Kleef, E., Vingerhoeds, M. H., Vrijhof, M., & van Trijp, H. C. M. (2016). Breakfast barriers and opportunities for children living in a Dutch disadvantaged neighbourhood. Appetite, 107, 372–382. https://doi.org/10.1016/j.appet.2016.08.109
Verdiana, L., & Muniroh, L. (2018). Kebiasaan Sarapan Berhubungan dengan Konsentrasi Belajar pada Siswa SDN Sukoharjo I Malang. Media Gizi Indonesia, 12(1), 14–20. https://doi.org/10.20473/mgi.v12i1.14-20
Wulandari, E. (2022). Pemanfaatan Powerpoint Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Dalam Hybrid Learning. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 26–32. https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss2.34
You, Y., Zhang, F., Han, J., Liu, R., Li, B., Ding, Z., … Zhang, Q. (2021). Breakfast preferences and consumption location among children at a median age of 7 in Shenzhen: Implications for managing overweight and obesity. Appetite, 156, 1–11. https://doi.org/10.1016/j.appet.2020.104851
Zogara, A. U. (2021). Edukasi gizi meningkatkan pengetahuan dan sikap siswa sekolah dasar tentang sarapan sehat. CHMK Health Journal, 5(2), 290–296.