Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Digital Bagi Guru
Abstract
Tujuan pengabdian ini adalah untuk memberikan edukasi kepada guru-guru Sekolah Dasar Islam Matsaratul Huda tentang pentingnya media pembelajaran digital dan melatih mereka dalam pembuatan media pembelajaran digital menggunakan aplikasi Canva agar lebih menarik bagi siswa serta meningkatkan hasil belajar siswa. Langkah-langkah yang dilakukan mencakup penyampaian materi tentang urgensi media pembelajaran berbasis digital beserta contoh dan praktik pembuatan media pembelajaran berbasis digital. Kegiatan ini dihadiri 15 peserta, yaitu guru Sekolah Dasar Islam Matsaratul Huda, 3 fasilitator, dan 9 mahasiswa dari IAIN Madura. Berdasarkan hasil diskusi pada saat pra pengabdian diketahui bahwa guru-guru SDI Matsaratul Huda telah memiliki pengetahuan dasar tentang media pembelajaran berbasis digital, hal ini juga ditunjukkan dengan sikap antusias yang tinggi dalam bertanya dan semangat dalam praktik pembuatan media pembelajaran berbasis digital. Hasil akhir dari pengabdian ini menunjukkan bahwa guru-guru merasa puas dan sangat terbantu dengan pelatihan pembuatan media pembelajaran digital, guru mampu menghasilkan produk berupa video menggunakan aplikasi Canva yang menarik bagi siswa dalam proses belajar.
Downloads
References
Deer. Dear. (2021). Cara Mengoperasikan Aplikasi Secara Optimal. Elementa Media.
Mudia Alti. Rahmi. (2022). Media Pembelajaran. Sumatera Barat: PT Global Ekseskutif Teknologi.
Permansah. Tri Murwaningsih, Sigit. (2018). Media Pembelajaran Digital: Kajian Literatur Tentang Dampak Penggunaan Media Pembelajarann Digital di SMK. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Administrasi Perkantoran (SNAP).
Santiana. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Inovatif Berbasis Digitak Comic untuk Pembelajaran Bahasa. Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan, Vol 4 No. 1.
Sholihah Rosmana. Primanita, (2023). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Digital Pada Hasil Belajar Siswa Kelas 5 SDN 6 Nagri Kaler. Jurnal Sinektik, Vol 6 No. 1.
Estuning, H. (2023). Efektivitas Upaya Penerapan Metode Tanya Jawab dengan Variasi Media Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada MP PKN Kelas VII E MTsN Jombang. EDUCATIONAL : Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran, 3(2), 210–223. https://doi.org/10.51878/educational.v3i2.2317
Haryadi, R., & Kansaa, H. N. A. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. At- Ta’lim : Jurnal Pendidikan, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.36835/attalim.v7i1.426
Lubis, B. S., & Syahputra Siregar, E. F. (2020). Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia Flash. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 396. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.3143
Wirabumi, R. (2020). Metode Pembelajaran Ceramah. Annual Conference on Islamic Education and Thought, I(I), 105–113.