In House Training Metodologi Penelitian Pendidikan untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Menghasilkan Artikel Ilmiah

  • Shefa Dwijayanti Ramadani Universitas Tidar
  • Serafica Btari Christiyani Kusumaningrum Universitas Tidar
Keywords: Artikel ilmiah, guru, in house training, metodologi penelitian pendidikan

Abstract

Publikasi ilmiah menjadi sangat penting peranannya dalam pengembangan keilmuan maupun pengembangan profesionalisme dan karir guru. Sayangnya, kemampuan guru dalam merumuskan ide penelitian, menentukan desain penelitian, menetapkan dan melakukan pengambilan data, mengembangkan instrumen penelitian, serta melalukan analisis data yang sesuai dengan jenis penelitian menjadi faktor penghambat yang utama untuk menghasilkan karya ilmiah. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan metodologi penelitian pendidikan guru di SMAN 1 dan SMAN 2 Grabag, Kabupaten Magelang.  Metode pengabdian menggunakan model In House Training yang meliputi 3 fase kegiatan yaitu fase perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pemahaman peserta mengenai pentingnya memahami metodologi penelitian untuk menghasilkan karya ilmiah meningkat sebesar 39,79%. Selain itu, terdapat peningkatan sebanyak 43,81% pada aspek pemahaman peserta terhadap ragam metodologi penelitian pendidikan. Dengan demikian, kegiatan pengabdian yang dilakukan mampu memberikan ruang dan kesempatan bagi guru untuk merefresh kembali pengetahuan teoritis dan praktis dalam mengembangkan kemampuannya dalam meneliti.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, E. Y., & Takdir, M. (2021). Penyelenggaraan Program In-House Training Sebagai Upaya Membentuk Guru Profesional. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 465. https://doi.org/10.30868/im.v4i02.1783
Andiyanto, T. (2018). Konsep Pendidikan Pranatal, Postnatal, Dan Pendidikan Sepanjang Hayat. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 195. https://doi.org/10.32332/elementary.v4i2.1236
Astuti, S. … Dwikurnaningsih, Y. (2017). Peningkatan Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Penyusunan Instrumen Ranah Sikap Melalui in House Training. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 37. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i1.p37-47
Astuty, E. … Sukmawaty, E. (2021). Diskusi Online : Manajemen Referensi (Aplikasi Mendeley) Dalam Penulisan Karya Ilmiah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Khatulistiwa, 4(1), 31–35. https://doi.org/10.31932/jpmk.v4i1.866
Kemmis, S. … Nixon, R. (2013). The action research planner: Doing critical participatory action research. Springer Science & Business Media.
McCaughtry, N. … Faust, R. (2005). Teachers Mentoring Teachers: a View over Time. Journal of Teaching in Physical Education, 24, 326–343.
Souto-Manning, M. (2012). Teacher as Researcher: Teacher Action Research in Teacher Education. Childhood Education, 88(1), 54–56. https://doi.org/10.1080/00094056.2012.643726
Supriyanto, A. (2009). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Penulisan Karya Ilmiah Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. (1), 1–7.
Tanang, H., & Abu, B. (2014). Teacher Professionalism and Professional Development Practices in South Sulawesi, Indonesia. Journal of Curriculum and Teaching, 3(2), 25–42. https://doi.org/10.5430/jct.v3n2p25
Toquero, C. M. D. (2021). “Real-world:” preservice teachers’ research competence and research difficulties in action research. Journal of Applied Research in Higher Education, 13(1), 126–148. https://doi.org/10.1108/JARHE-03-2019-0060
Zulfikar, T. (2018). The Making of Indonesian Education: An overview on Empowering Indonesian Teachers. Journal of Indonesian Social Sciences and Humanities, 2, 13–39. https://doi.org/10.14203/jissh.v2i0.19

Article Metrics

Abstract view : 4 times
Published
2024-04-01
How to Cite
Ramadani, S., & Christiyani Kusumaningrum, S. (2024). In House Training Metodologi Penelitian Pendidikan untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Menghasilkan Artikel Ilmiah. Darmabakti : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(01), 39-45. https://doi.org/10.31102/darmabakti.2024.5.01.39-45