Pendampingan Implementasi Kurikulum Merdeka dan Penyusunan Asesmen bagi Guru Bahasa Inggris Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Malang

  • Maslihatul Bisriyah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Wahyu Indah Mala Rohmana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Ganis Chandra Puspitadewi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: implementasi kurikulum merdeka, asesmen kurikulum merdeka, penilaian, Guru Bahasa Inggris, Madrasah Tsanawiyah

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pendampingan bagi guru Bahasa Inggris Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Malang dalam Implementasi Kurikulum Merdeka dan penyusunan asesmen dengan menggunakan metode Partisipatory Action Research (PAR). Tahap perencanaan meliputi observasi dan wawancara dengan guru Bahasa Inggris, dimana hasil observasi mengindikasikan kebutuhan mendesak dalam pendampingan implementasi kurikulum merdeka dan penyusunan asesmen. Tahap pelaksanaan yaitu memberikan pelatihan dengan mengundang narasumber yang ahli di bidang kurikulum dan asesmen, dilanjutkan dengan diskusi interaktif dan praktik penyusunan asesmen. Tahap evaluasi melibatkan refleksi dan angket yang dibagikan kepada peserta. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa pendampingan ini berhasil meningkatkan pemahaman guru terhadap Kurikulum Merdeka dan pembuatan asesmen. Namun, ditemukan beberapa kendala dalam penyusunan asesmen diantaranya pemilihan soal dan penentuan rubrik yang sesuai dengan kemampuan siswa yang beragam. Implikasi dari kegiatan ini adalah perlunya pelatihan lanjutan untuk mendukung penerapan Kurikulum Merdeka, khususnya dalam menyusun asesmen yang relevan dan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dirjen Pendis. (2022). Keputusan direktur jendral mengenai implementasi kurikulum merdeka di madrasah, Pub. L. No. B- 1775/DJ.I/Dt.I.I/PP.00/07/2022.
Kemdikburistek. (2022). Pembelajaran dan asesmen pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan menengah.
Kurniati, L., & Kusumawati, R. (2023). Analisis kesiapan guru smp di Demak dalam penerapan kurikulum merdeka. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(6), 2683-2692. https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v2i6.5031
Nasution, S. W. (2022). Asesment kurikulum merdeka belajar di sekolah dasar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 135-142. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.181
Nelson, D. (2017). Participatory action research: A literature review. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.30944.17927/1
Nurlaelina, N. (2018). Pengembangan tes diagnostik dan pembentuk pembelajaran remedial pada materi sistem imun kelas XI IPA SMA Negeri 1 Watangpone. Universitas Negeri Makasar.
Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). Model participation action research dalam pemberdayaan masyarakat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6, 62. https://doi.org/10.37905/aksara.6.1.62-71.2020
Sayekti, P. S. (2022). Systematic Literature Review: Pengembangan Asesmen Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar Tingkat Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 22–28. https://doi.org/10.25134/prosidingsemnaspgsd.v2i1.21
Supriyadi, S., Lia, R. M., Rusilowati, A., Isnaeni, W., Susilaningsih, E., & Suraji, S. (2022). Penyusunan instrumen asesmen diagnostik untuk persiapan kurikulum merdeka. Journal of Community Empowerment, 2(2), 63-69. https://doi.org/10.15294/jce.v2i2.61886
Suryadi, A., & Husna, S. (2022). Asesmen diagnostik makro persiapan penerapan kurikulum merdeka MTsN 28 Jakarta. JENTRE, 3(2), 74–89. https://doi.org/10.38075/jen.v3i2.273
Velasco, X. C. (2019). Participatory action research (PAR) for sustainable community development. Retrieved July 6, 2022, from https://medium.com/postgrowth/participatory-action-research-par-for-sustainable-community-development-25971b43b8c4
Zhu, X., & Liu, J. (2020). Education in and after Covid-19: Immediate responses and long-term visions. Postdigital Science and Education, 2(3), 695–699. https://doi.org/10.1007/s42438-020-00126-3

Article Metrics

Abstract view : 32 times
Published
2025-03-22
How to Cite
Bisriyah, M., Rohmana, W., & Puspitadewi, G. (2025). Pendampingan Implementasi Kurikulum Merdeka dan Penyusunan Asesmen bagi Guru Bahasa Inggris Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Malang. Darmabakti : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 6(01), 78-86. https://doi.org/10.31102/darmabakti.2025.6.01.78-86